Berenang Efektif Untuk Menciptakan Keseimbangan Internal Oleh dr.Udayana Gendo

0

SETIAP ORANG MENDAMBAKAN HIDUP SEHAT, NAMUN TIDAK SEDIKIT ORANG YANG TAK TAHU BAGAIMANA CARA MENJAGA KESEHATAN. PADAHAL, KESEHATAN ITU LEBIH PENTING DARI APAPUN DI DUNIA INI. ADALAH DR.MED. UDAYANA GENDO, SEORANG DOKTER SPESIALIS BARAT DAN TIMUR, AKAN BERBAGI TIPS SEHAT.

Penyakit terjadi dikarena dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah lebih kearah emosi negatif yang berlebihan, misalnya panas hati, pola pikir negatif serta perasaan negatif lainnya. Sementara fa

dr.Udayana Gendo

dr.Udayana Gendo

dr. med. Udayana Gendo
Pakar pengobatan Kedokteran Tradisional China (TMC),  memadukan dua konsep pengobatan modern dan  tradisional China, teruji ampuh berdasarkan pengalaman dan pengetahuan yang diwarisi secara turun temurun selama 5000 tahun lalu.

ktor luar, lebih kearah bakteri, virus dan sebagainya” ujar Dr. med Udayana Gendo ini. Menurut Gendo, setiap orang memiliki kesempatan hidup lebih lama, jika mereka mau menjaga kesehatannya dengan serius. Dan itu tidak memerlukan biaya yang mahal, karena sehat itu bersumber pada keseimbangan hidup.

“Fungsi semua organ tubuh berhubungan erat satu dengan yang lain. Mereka saling terkait dan tak bisa dipisahkan. Pada tubuh yang sehat, kondisi Ying Yang tubuh seimbang hingga tubuh akan mengalami kesehatan yang sempurna” ujar pakar Kedokteran Tradisional China (TCM) ini. Menurutnya, dengan terciptanya keseimbangan dalam tubuh, antara jiwa dan raga serta alam semesta, maka tubuh akan merasakan keharmonisan hingga menimbulkan kesehatan yang berkualitas. Sistim saraf psikosomatik, psikovegetatif, simpatikus serta parasimpatikus, semuanya berjalan dengan normal dan bagus.

“Ada banyak pendekatan pengobatan, baik cara barat dan cara Timur. Saya mempelajari keduanya. Jika pengobatan barat lebih memfokuskan pada organ tubuh dan alat kesehatan, namun Pengobatan Timur lebih kearah mengelola pikiran agar harmoni  dengan alam” papar dokter spesialis herbal china dan kedokteran  modern jebolan Jerman ini. Bicara kesehatan tentu tak lepas dari gaya hidup (life style). Menurut Dr. Gendo, olahraga renang adalah olahraga yang sangat dianjurkan untuk membangun.

kesehatan yang  Dr. med. Udayana Gendo Pakar pengobatan kedokteran tradisonal China (TMC) sempurna. “Renang memiliki  banyak keistimewaan yang tak dimiliki olahraga lain. Dalam posisi diatas air, tubuh kita dapat rileks tanpa tekanan hingga semua organ tubuh dapat beristirahat dengan sempurna” ujarnya yang pernah praktek kedokteran bidang internis di Jerman ini sejak 1974 sampai 1991.

Bukan hanya itu, renang juga sangat bagus untuk merangsang pertumbuhan tubuh. Terutama untuk anak yang masih dalam pertumbuhan, akan membuat tubuh  menjadi tinggi, berotot, pernafasan menjadi jauh lebih baik   serta organ jantung menjadi sangat sehat. Bahkan renang itu sendiri dipercaya banyak dokter sebagai olahraga panjang umur, karena membuat tubuh bugar setiap saat.

“Saya termasuk dokter yang paling rajin renang. Setiap hari saya renang. Kadang pagi hari atau sore. Renang membuat tubuh saya selalu bugar dan sehat, bahkan diusia seperti ini” ujar Dr. Gendo, kelahiran tahun 1940. Menurut Dr. Gendo, membiasakan diri untuk renang setiap hari, adalah langkah yang paling tepat agar tubuh selalu sehat setiap  saat. Berbagai penyakit kronis, mulai dari diabetes, jantung,  stroke, asma hingga kolesterol, bisa disembuhkan dengan renang yang teratur.

“Jika penyakit sudah datang, perlu diterapi dulu agar tubuh memperoleh kembali keseimbangannya. Bisa dicoba pengobatan TCM, perpaduan pengobatan barat dan timur yang sudah dipercaya lebih dari 5000 tahun” ujar Dr. Gendo lagi. Usai penyakit sembuh, maka mulailah menjaga kesehatan, dengan cara istirahat yang cukup, membiasakan diri berpikir positif, yoga, makan makanan yang bergizi, minum air putih yang cukup 8 gelas sehari serta beraktivitas renang secara rutin.

“Dengan membiasakan diri hidup sehat serta aktivitas olahraga yang cukup, seperti renang, maka tubuh akan mendapatkan keseimbangan yang sempurna, hingga selalu sehat dan bugar setiap saat” ujar dokter yang pernah mengenyam pendidikan di Fujian College of TMC, China ini.

Apa hubungan antara renang dengan kesehatan tubuh? Dr. Gendo menjelaskan bahwa renang bisa menjadi sarana olahraga terbaik dan sempurna agar setiap kita merasakan keharmonisan dengan air.  Juga, renang efektif untuk membakar kalori dalam tubuh, karena olahraga renang itu menggerakkan semua otot tubuh.

“Dengan membiasakan diri melakukan renang maka tubuh kita akan semakin bugar. Nafas pun makin panjang dan ini berarti nutrisi dalam darah akan lebih tersebar ke seluruh tubuh dengan sempurna. Jantung juga makin kuat daya pompanya hingga makin kuat dan kuat setiap saat. Belum lagi paru-paru, otot serta organ tubuh lainnya, semua menjadi lebih optimal bekerja” papar dokter yang pernah megikuti pendidikan kedokteran dan internis di Jerman ini tahun 1959-1973 lalu.

1,210 total views, 6 views today

Do you like this post?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Share.

About Author

Keyakinan adalah salah satu prinsip dan misi hidup Ku. Ikhtiar dan Berdo'a Semoga kesuksesan selalu ada didepan kita.