BLOG Inovasi

DETEKSI KEBOCORAN KOLAM RENANG TEKNOLOGI INFRARED, GARANSI 100% SUKSES

PERUSAHAAN YANG SATU INI PALING JAGO DI BIDANG WATERPROOFING, KHUSUSNYA KOLAM RENANG. SEBENARNYA PERUSAHAAN INI MEMILIKI BIDANG LAINNYA, SEPERTI PERBAIKAN BETON SERTA KEBOCORAN PADA DINDING BETON BANGUNAN

Namun dalam hal ini, Ir, Bernadus L,A Nugroho dan Ir, Rico Eka Wahyu sebagai pendiri perusahaan ini ingin berbagi pengalaman seputar waterproofing kolam renang.

IR,-BERNADUS-L,A-NUGROHO-DAN-IR,-RICO-EKA-WAHYU-PENDIRI-PERUSAHAAN-PT.-WINANGKIT-KARYA-MULYA

IR,-BERNADUS-L,A-NUGROHO-DAN-IR,-RICO-EKA-WAHYU-PENDIRI-PERUSAHAAN-PT.-WINANGKIT-KARYA-MULYA

“Kami berdua membangun perusahaan ini sejak 2007, tepatnya 20 Juni 2007. Awalnya kami fokus pada waterproofing dan perkuatan struktur, waterproofing dalam definisi orang awam adalah membuat sesuatu menjadi kedap air, sementara untuk perkuatan struktur kita melakukan perawatan gedung, jalan serta jembatan” ujar Rico Eka Wahyu, membuka interview dengan Majalah Swimming Pool IDEA di kantornya bilangan Jakarta Selatan. Menurut Rico, umumnya para pemilik proyek meminta mereka untuk menghitung estimasi berapa biaya perbaikan dan perawatan. Rico mengakui, jasa utamanya memang  spesialis maintenance struktur, namun ia menerima memperbaiki struktur kolam renang yang rusak atau bocor.

“Untuk pekerjaan waterproofing, ada dua aplikasi, yang pertama pada saat pengecoran beton. Setelah rangka besinya terpasang, beton yang akan dicor ditambahkan material waterproofing integral” ujar Rico mulai menjelaskan teknis waterproofing kolam renang.

Ia menambahkan, tujuan dari waterproofing ini supaya material beton menjadi lebih padat. Dengan penerapan aplikasi waterproofing integral ini maka semua komponen material beton akan mengisi celah-celah di antara besi beton hingga terisi ke semua ruang. Intinya, beton harus padat. “Sebetulnya, untuk waterproofing Integral ini sudah diatur dalam Peraturan Beton Indonesia (PBI 71) tentang beton kedap air yaitu kadar semen minimum 350 kg/m3 beton dan perbandingan jumlah air terhadap semen (W/C ratio) di dalam komposisi beton. Peraturan yang lain yang berkaitan dengan Waterproofing Integral yaitu mengenai beton ketat air, seperti yang tercantum dalam Standard DIN dengan definisi, air masih diperbolehkan masuk ke dalam beton tetapi tidak menembus di sisi lainnya. Beton sedemikian ketat hingga porinya sangat kecil dan air hanya bisa masuk hingga 5 cm, itu yang disebut beton ketat air. Menurut Bernadus, caranya ada bermacam-macam, beton yang akan dicor ke dalam lokasi yang sudah disiapkan tulangannya, ditambahkan suatu material waterproofing integral yang mempunyai banyak tingkatannya. Makin tinggi persyaratan ketat air yang diminta oleh pemberi tugas, tentu akan berpengaruh pada harga suatu pekerjaan tersebut.

FORMULA AMPUH WATERPROOFING

Bicara waterproofing untuk beton, bagi PT. Winangkit Karya Mulya, merupakan pekerjaan sehari-hari, apalagi khusus kolam renang. Ini sesuatu yang menyenangkan dan penuh tantangan.

“Fungsi semen pada beton adalah sebagai bahan pengikat, dia juga mengisi celah-celah yang masih kosong dalam beton itu. Ditambah lagi dengan cara pemadatan yang baik sehingga beton itu makin padat dan di situlah ketat airnya terpenuhi” ujar Bernadus menambahkan proses pekerjaan waterproofing kolam. Bernadus menekankan, langkah pertama, kadar semen minimum dalam beton 350 kg per meter kubik. Syarat lainnya adalah perbandingan air terhadap semen dala  beton. Air dibutuhkan dalam beton tapi jika jumlahnya terlalu banyak akan membuat ke-ketat-an air berkurang. “Jika airnya terlalu sedikit maka adukan beton menjadi sulit dikerjakan dan tidak bisa mengalir ke dalam sela-sela tulangan beton. Sebaliknya, jika air terlalu banyak akan mempengaruhi tingkat ke-kedapan airnya sehingga untuk meningkatkan.

Kemudahan pekerjaan pengecoran beton,digunakanlah material integral tersebut”,jelas Bernadus mengenai teknik ampuhwaterproofing Integral selama ini. Ricomenambahkan, ada beberapa yang perlu diperhatikan dalam pembuatan struktur beton kolam renang, di antaranya pada sambungan beton lama dan beton baru harus dipasang material yang disebut waterstop. “Dalam hal terjadi kebocoran kolam renang, saat ini ada teknologi yang kini sudah banyak diterapkan untuk mendeteksi kebocoran kolam renang yaitu menggunakan metode deteksi infrared. Cara kerjanya sederhana, yaitu mendeteksi perbedaan panas pada struktur beton, yang mengandung air akan terlihat lebih dingin dari pada yang tidak mengandung air. Hasilnya akan digambarkan dalam bentuk Fotogrametri dengan tampilan warna yang berbeda” ujar Bernadus lagi. Menurutnya, ketika kamera infrared membidik semua struktur beton kolam renang, maka bila terdapat rongga yang terisi air dalam beton, hasil fotogrametri akan dapat ditampilkan dengan warna yang berbeda.

DETEKSI KEBOCORAN KOLAM RENANG TEKNOLOGI INFRARED, GARANSI 100% SUKSES

“Umumnya rongga dalam  beton yang terisi air terdapat di sekitar sudut-sudut kolam renang atau di lapisan beton yang belum padat” tambah Rico lagi menekankan pentingnya edukasi tentang teknik waterproofing ini. Bernadus menimpali lagi, kadang, kolam renang saat dilakukan tes rendam selama dua hari tidak ada tanda tanda kebocoran, namun pada saatdifoto menggunakan kamera infrared akan terlihat rongga-rongga berisi air yang berpotensi menimbulkan kebocoran di kemudian hari. “Jika menemukan kondisi seperti itu, kami segera melakukan tindakkan perbaikan. Mulai dari mengisi rongga-rongga tersebut dengan bahan khusus hingga cara cara khusus lainnya. Ada kasus unik ketika menemukan beton yang banyak terdapat rongga, walau di sisi permukaan atas sangat bagus, ternyata di bawahnya keropos, hal itu berpotensi menimbulkan kebocoran di kemudian hari. Tindakkan yang kami lakukan adalah mengganti beton itu dengan beton baru yang lebih “solid” papar Bernadus lebih detail lagi.

Rico menambahkan, tentu saja proses penggantian beton tidak semuanya, hanya di bagian yang keropos saja, sedangkan bagian yang masih bagus tetap dipertahankan. “Usia beton itu sendiri  sebenarnya sangat lama. Kekuatan dan keawetan beton akan meningkat seiring dengan bertambahnya usia beton.

Bahan dasar semen salah satunya adalah kapur, jika melihat struktur bangunan jaman dulu, semua bangunan yang terbuat dari bahan kapur itu masih awet sampai sekarang, artinya proses pengikatan unsur beton atau unsur kapur itu akan berlangsung secara terus menerus dalam jangka waktu sangat lama. Dengan kata lain, beton itu kekuatannya akan makin meningkat dan tak ada istilah kekuatannya menurun atau membusuk” ujarnya sambil menutup wawancara.

1,110 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Do you like this post?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
SHARE
Keyakinan adalah salah satu prinsip dan misi hidup Ku. Ikhtiar dan Berdo'a Semoga kesuksesan selalu ada didepan kita.
View Website
RELATED POSTS
treatment-dengan-garam
Cara Treatment Air Kolam Dengan Menggunakan Garam
Kolam-Renang-Arus-Solusi-Jitu-Buat-Kolam-Renang-Lahan-Sempit
Kolam Renang Arus Solusi Jitu Buat Kolam Renang Lahan Sempit
Kolam Renang Transparansi Glass Pool