Hotel Bernuansa Budaya Nusantara, brand lokal skala nasional

0

Nama Hotel Dafam Fortuna Malioboro merupakan nama yang sudah sangat akrab di seputar Jogjakarta, khususnya dalam radius 200 meter menuju area Malioboro. Letaknya di Jalan Dagen No.60 Malioboro,Yogyakarta. Mengapa hotel ini begitu terkenal? Ternyata, hotel ini memiliki segudang kreativitas yang layak untuk kita simak. Mulai dari program-program yang unik hingga fasilitas yang ada didalamnya. “Hotel Dafam Fortuna Malioboro Yogyakarta, sebenarnya baru berusia 3 tahun, berdiri pada tanggal 12 Juli dan masih dalam naungan Dafam Hotels & Management pusat yang berada di Semarang. Total property Hotel Dafam kini sudah ada 23 hotel yang tersebar diseluruh Indonesia” ujar Siska Rere, Director of Sales Hotel Dafam Fortuna Yogyakarta.

Menurut Rere, nantinya akan ada lima sampai enam hotel lagi di wilayah Jogjakarta yang sedang dibangun, namun pada saat ini baru dua hotel Dafam di Jogjakarta, yaitu Hotel Dafam Fortuna Malioboro & Hotel Dafam Fortuna Seturan. “Dafam Hotel group memang sedang mengalami perkembangan yang cukup pesat, hal ini karena mendapat respon yang sangat positif dari masyarakat sehingga bisa berinvestasi ke daerah-daerah lain. Dan tentu saja,keunikan dari Dafam Hotel ini adalah brand lokal sehingga lebih bisa beradaptasi dengan budaya Indonesia” papar Rere lagi menjelaskan. Menurut Rere, konsep Hotel Dafam sangat membumi, jika berada di daerah Jogjakarta maka nuansa Jogja akan begitu terasa, namun jika berada di Bali, budaya Bali mendominasi di hotel tersebut, intinya hotel ini selalu beradaptasi dengan budaya tempat hotel itu berada.      

“Kami selalu merangkul budaya-budaya nusantara di tempat kami berada. Jika di hotel ini yang berlokasi di Jogjakarta , maka kami selalu memberikan suasana Jogja yang damai dan penuh persahabatan, instrument musiknya pun bernuansa Jogja, misalnya gamelan Jawa  dan banyak lagi. Demikian jika kami berada di Kota Bandung, maka nuansa Bandung akan kami utamakan” papar Rere lagi. Rere menambahkan banyak keunikan yang ada didalam Hotel Dafam Fortuna Malioboro Yogyakarta ini, salah satu keunikan yang di sediakan oleh hotel ini adalah beragam kegiatan yang dapat mengembangkan keahlian para tamu-tamu, seperti cooking class, kelas table manner, dan lainnya. Target market kegiatan ini cukup bervariasi, dari anak-anak hingga dewasa yang ingin meningkatkan kemampuan mereka.

“Bukan hanya sang ibu, tapi sang anak juga dilibatkan dalam cooking class tersebut. Sang anak bisa belajar berbagai menu masakan yang bervariasi, dipandu oleh chef yang berpengalaman dalam membuat aneka hidangan lezat dan sehat” jelas Rere lagi yang juga ditugaskan mengurusi Hotel Dafam Fortuna Seturan karena masih berdekatan dan satu managemen hotel.

Rere juga menegaskan bahwa Hotel Dafam Fortuna Malioboro & Hotel Dafam Fortuna Seturan Yogyakarta juga sanggup membuat suatu acara besar, baik yang bersifat lokal maupun nasional tanpa bantuan dari pihak ketiga. Rere menambahkan, kesuksesan setiap acara yang dibangun merupakan parameter betapa tim para kru Hotel Dafam Fortuna Yogyakarta begitu solid, sehingga bisa meyelenggarakan acara yang begitu besar dan sukses. “Kami memang selalu di didik untuk bisa mengerjakan apapun, dan buktinya berbagai event  besar bisa kami kerjakan sendiri dan mengalami kesuksesan yang besar. Ini memberi keyakinan kepada kami bahwa dengan kerjasama yang baik akan menghasilkan sesuatu yang baik juga”  tambah Rere lagi.

KOLAM RENANG MULTI FUNGSI DIATAS ATAP HOTEL (ROOF TOP POOL)

Berbicara hotel tanpa kolam renang ibarat makan nasi tanpa garam, kurang lengkap rasanya jika tidak membahas pool yang satu ini. Jika kita lihat dari luar, mungkin anda tak akan percaya jika Hotel Dafam Fortuna Malioboro memiliki kolam renang. Itu memang masuk akal, karena pada umumnya lokasi kolam renang berada di depan halaman hotel. “Beberapa para tamu pada awalnya tidak mengetahui bawah kami memiliki kolam renang, oleh karena itu, setiap front office kami, selalu kami instruksikan untuk menjelaskan semua fasilitas hotel ini, termasuk fasilitas kolam renang” papar Rere. Rere lalu menjelaskan bahwa letak kolam renang itu berada di lantai paling atas (roof top) hotel, dan menjadi salah satu magnet kuat para tamu untuk datang ke hotel ini. Umumnya yang paling suka kolam renang adalah tamu keluarga dan turis mancanegara. “Tamu keluarga adalah tamu yang paling sering menanyakan apakah suatu hotel punya kolam renang atau tidak. Dan itu karena, anak-anak paling suka berenang, dan juga anggota keluarga yang lain. Mereka sangat menikmati fasilitas kolam renang saat berlibur di suatu hotel. Harus kita akui bahwa daya tarik kolam renang itu sangat kuat dimata calon tamu hotel.

Mereka selalu menanyakan kolam renang diantara fasilitas lainnya. Ini menunjukkan bahwa keberadaan kolam renang harus menjadi prioritas karena begitu besarnya animo tamu untuk menikmati fasilitas ini” papar Rere lagi. Rere menambahkan, untuk kolam renang yang berada di Dafam Hotel Malioboro ini, letaknya memang di lantai paling atas, dengan pemandangan kota Yogyakarta yang sangat indah baik siang maupun malah hari. Kolam renang tersebut berdimensi 36 m2  kedalaman kurang lebih satu meter. Ini bertujuan agar anak-anak lebih nyaman dan aman menggunakan fasilitas kolam renang tersebut. Selain itu dengan posisinya yang berada di lantai paling atas, tamu-tamu mancanegara juga sangat senang untuk berjemur di tepian kolam renang. Dengan di fasilitasi gazebo dan rooftop bar, tamu-tamu dapat menikmati indahnya pemandangan Yogyakarta sembari menikmati aneka minuman yang dapat di pesan dengan harga yang sangat terjangkau. “Karena keindahan pemandangan yang di sajukan dari lantai atas, selain menjadi sarana berenang yang menyenangkan, tidak jarang juga fasilitas kolam renang kami di jadikan sebagai sarana tempat untuk mengadakan beberapa acara seperti ulang tahun, gathering, pernikahan, dan acara lainnya” ungkap Rere.

306 total views, 4 views today

Do you like this post?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Share.

About Author

Keyakinan adalah salah satu prinsip dan misi hidup Ku. Ikhtiar dan Berdo'a Semoga kesuksesan selalu ada didepan kita.