EVENTS Last Event

Industri Kolam Renang dan Spa di Benua Eropa dan Amerika Paling Prospektif dan Menguntungkan

INTERVIEW DENGAN NOEMI PETIT
Direktur Piscine Global Kawasan Europe, Asia, Brazil dan Middle East

Industri Peralatan kolam renang dan spa makin berkembang pesat dari waktu ke waktu. Ternyata, Perancis merupakan Negara terbesar kedua untuk industri ini, setelah Amerika. Berbagai inovasi baru dan juga pemain besar di industri alat-alat kolam renang terlahir dari berbagai Negara di dunia.

Piscine Global merupakan penyelenggara pameran alat-alat kolam renang serta spa yang berskala internasional terbesar di dunia yang berpusat di Lyon Perancis. Tim Majalah Swimming Pool IDEA mendapat undangan khusus pada tanggal 15-18 November 2016 di Lyon Perancis dari Direktur Piscine Global 2016, Noemi PETIT tentang pameran alat-alat kolam renang dan spa terbesar di dunia ini. Berikut petikan wawancaranya.

Mengapa Media Swimming Pool IDEA perlu menginformasikan kepada masyarakat Indonesia tentang acara Euro expo Piscine Global 2016, di Lyon Perancis?

Saya pikir kita harus bekerja bersama, Karena Priscine Global adalah provider yang sangat internasional  di seluruh dunia yang memperkenalkan produk-produk yang inovatif, 80.000 pengunjung yang berasal dari seluruh dunia, dan anda bisa melihat begitu banyak pengunjung yang berasal dari Brazil, Afrika Utara dan banyak lagi, dan mereka datang kemari karena mereka akan melihat segalanya tentang industri swimming pool dan kesehatan.

Kapan Piscine Global akan menyelenggarakan acara ini lagi?

Kami menyelenggarakan acara pameran berskala internasional setiap dua tahun sekali, dan kami sebagai penyelenggara expo selalu menciptakan acara-acara di Singapura Piscine Global Asia, juga akan diselenggarakan di South East Asia dan khusus Indonesia dan juga setiap 2 tahun dan pameran berikutnya akan ada di Singapura, dan anda harus katakan kepada pembaca anda, datanglah ke Piscine Global Asia   di Singapura dan kami sangat welcome.

Sebenarnya apa itu Piscine Global?

Piscine Global merupakan sebuah penyelenggara acara pameran berskala internasional yang bersifat memberi informasi tentang perkembangan dunia kolam renang dan spa secara profesional yang bertujuan untuk mengajak masyarakat untuk menyaksikan acara pameran ini. Kami menyajikan dan mendedikasikan untuk acara ini industri pasar swimming pool dan spa untuk kolam renang tempat tinggal atau kolam renang komersial dan menawarkan lebih dari 60 ekshibitor di seluruh dunia, membangun teknik-teknik pembangunan kolam renang, pemeliharaan, keamanan apapun untuk menciptakan pemeliharaan dan nyamanan suatu kolam renang.

Negara mana saja yang boleh mengikuti acara ini?

Pada dasarnya semua negara boleh mengikuti acara Piscine Global, dan di acara ini semua berasal dari begitu banyak Negara dan budaya dengan begitu banyak jenis-jenisnya.

Bisa diceritakan sejarah Piscine Global ini secara singkat ?

Kami sudah menciptakan konsep pameran ini begitu lama,  awalnya persiapan kami di Hotel Paris sebagai suatu permulaan dan kelihatannya pada tahun 1991 itu kami juga pernah menyelenggarakan acara expo tentang  kolam renang dan spa di Euro Expo di Lyon. Baik pengunjung dan peserta pameran begitu banyak di Lyon karena itu adalah tempat dimana masyarakat Asia di Paris mudah berkunjung kesana dan juga sebagai kota yang sangat indah dan orang-orang sangat suka untuk datang kemari.

Dinegara mana penyelenggaraan Piscine Global akan datang?

Untuk Piscine Global ke depan kami akan menyelenggarakan di Singapura pada tanggal 5-6 April 2017, lalu tanggal 18-20 September 2017 di Dubai dan kedepannya di tanggal 24-26 Juli 2018 di San Paolo di Brazil.

Apakah ada perbedaan dari expo yang diselenggarakan di Perancis dengan dinegara lainnya?

Ketika kita bicarakan tentang expo yang bukan di Perancis, acara itu adalah sebuah pameran yang lebih kecil dari pameran yang kami selenggarakan di Perancis, karena perusahaan-perusahaan besar dari berbagai negara dibidang pool dan spa  melakukan sesuatu yang besar disini (Perancis), sementara pada pameran yang lebih kecil (diluar Perancis), kami melakukan semacam seleksi untuk para peserta pameran, dan ketika anda datang ke Singapura, Dubai dan Sa Paolo, anda akan melihat para peserta expo yang sudah kami seleksi dan tidak sebesar disini.

Dinegara mana penyelenggaraan pameran pool dan spa ini paling besar? Dan mengapa?

Negara terbesar penyelenggara event ini adalah Perancis, karena Perancis adalah pasar yang sangat besar kedua di dunia setelah Amerika. Masyarakat Perancis sangat  suka kolam renang sebagaimana para warga Indonesia, kami suka kolam renang pribadi, kolam renang publik  dan kami juga memperkenalkan begitu banyak produk-produk, tapi kami export 20% produk dari Perancis.

Bagaimana Piscine Global membuka diri kepada Negara Negara di dunia?

Cord bisnis kami di Lyon Perancis, dan ketika kami mendelegasi ke seluruh dunia, maka kami akan merepresentasikan organisasi kami sebagaimana di Indonesia, kami juga punya perwakilan di Thailand, Malaysia, Singapura, Vietnam dan juga setiap Negara di dunia, kami memiliki perwakilan disetiap Negara tersebut.

Apa tantangan anda menyelenggarakan Euro expo Lyon di Perancis ?

Tantangan kami adalah membawa begitu banyak brand baru ke dalam suatu pameran terbaik swimming pool dan spa, mereka harus mendapatkan begitu banyak keuntungan dari masing-masing provider ketika mereka menawarkan produk baru, barang baru, produk yang berkualitas.

Apa harapan anda terhadap Majalah Swimming Pool IDEA dimasa kini dan akan datang?

Saya harap Swimming Pool IDEA dapat membantu kami dalam jangka waktu yang lama, karena kami memulai semua ini sejak beberapa tahun lalu ketika kami masih memiliki pameran yang kecil, lalu dari waktu ke waktu pameran kami menjadi lebih besar dan lebih besar lagi dan penyelengaraannya di Asia pun lebih besar lagi dan kami mulai penyelenggaraan pameran ini mulai dari kecil lalu membesar dari waktu ke waktu.

Seberapa besar pameran Piscine Global di Lyon Perancis ini?

Event di Lyon Perancis tanggal 13-16 November 2016 ini merupakan pameran alat-alat kolam renang dan spa terbesar di dunia, bahkan pameran di  Amerika  pun lebih kecil ukurannya dari pameran di Perancis ini. Kami adalah pemimpin di industri pameran kolam renang dan spa di seluruh dunia hingga saat ini.

Dinegara mana saja yang juga menyelenggarakan pameran seperti ini?

Di negara lain, ada negara Jerman yang khusus menyediakan kolam renang public, lalu di negara Spanyol, tapi lebih kecil lagi sekitar 55% , lalu  negara Amerika tapi pameran retail, demikian di negara Thailand, juga lebih kecil dari disini. Pun di Canada, Italia semuanya masih termasuk pameran kecil. Semua memiliki target market dan keunikan tersendiri dalam menyelenggarakan suatu pameran alat-alat kolam renang dan spa.

Mengapa anda memilih Singapura, Dubai dan Brazil untuk pameran kedepan?

Pertanyaan yang sangat bagus. Negara-negara itu lebih mudah dikunjungi,  kita lebih mudah untuk terbang kesana dibanding Negara lain  dan secara keamanannya pun lebih bagus.  Ini juga atas pertimbangan teknis,   karena kami juga membantu proses pengiriman berbagai produk-produk ukuran besar dari para peserta pameran (tenant) dan pertimbangan lainnya adalah  penguasaan bahasa inggris  di negara tersebut jauh lebih baik, demikian juga di negara Dubai, semua lebih mudah dan lebih murah sistim perpajakannya.

Berapa banyak Negara yang bergabung ke acara expo di Singapura nanti?

Sekitar 15 negara, karena Singapura, Vietnam, Laos, Kamboja, Malaysia, philipina, Sri langka, Jepang dan India mungkin juga beberapa dari China dan Australia tapi tidak banyak.

Bagaimana dengan event di Lyon Euro expo 2016, ada berapa Negara?

Totalnya kurang lebih 90 negara. Ini lebih besar dari pameran pool dan spa di Singapura nanti, karena pameran di Perancis ini adalah pameran yang lebih besar dengan jumlah peserta profesional yang jauh lebih besar untuk segalanya. Contohnya adalah  Singapura,  rencananya ada 60 perusahaan yang ikut pameran nanti dan selalu bertumbuh setiap waktu.

Bagaimana dengan perkembangan kontraktor kolam renang di Indonesia?

Saya cinta Indonesia karena masyarakat anda memiliki gaya hidup yang bagus.  Saya sangat menikmati gaya hidup orang-orang Indonesia dan apapun juga di negara ini saya dapat menikmatinya, baik dari sisi iklim udaranya, makananya, orang-orangnya dan sangat bagus tempat wisatanya, sangat unik serta indah infrastruktur bangunannya,  dan saya pikir para kontraktornya sangat bagus. Mereka juga memiliki gaya tersendiri dalam pembangunan kolam renang, hotel, water boom, apartemen dan  gaya kolam renangnya pun sangat menarik dan sangat impresif, khususnya di Bali.

Apa pertimbangan anda untuk penyelenggaraan Piscine Global tidak hanya di Perancis saja?

Kami selalu menyelenggarakan Piscine global ke beberapa negara, tak hanya terpaku pada negara Perancis saja, karena tidak semua masyarakat Asia mau pergi jauh-jauh ke Perancis, namun dengan penyelenggaran yang berada di Dubai atau Singapura, maka akan lebih mudah masyarakat Asia untuk datang ke acara kami, yaitu Piscine Global.

Sebelum pameran di Lyon, Perancis dimana penyelenggaraan event pameran alat-alat kolam renang dan spa ini?

Di Dubai. Kami selenggarakan expo kolam renang dan spa ini di Dubai September 2016 lalu. Dubai adalah Negara bergaya orang-orang Arab yaitu  bergaya hidup golf. Sebuah Negara yang kaya raya karena penghasil minyak terbesar didunia, walau sekarang ini sedang sedikit turun tapi negara ini begitu banyak berinvestasi pada swimming pool, hotel, rumah tinggal dan itu merupakan sebuah pameran yang luar biasa indah. Di Negara itu hanya diikuti oleh 10 negara saja yang ikut meramaikan pameran tersebut, yaitu Saudi Arabia, Emirat Arab, Bahrain, Oman, Libanon, Jordania dan banyak lagi.

Apakah ada perbedaan kategori pada pameran yang diselenggarakan?

Kategorinya sama dengan yang ada di pameran Lyon Perancis, ada kolam renang perumahan, kolam renang umum, konstruksi, security, pemeliharaan kolam renang dan banyak lagi produk-produk lainnya.

Apakah ada tema-tema khusus disetiap Negara ?

Pada sisi tersendiri ya, ada mengandung tema khusus, misalnya di Eropa, kami mengembangkan semacam kolam renang tempat tinggal, Itu sangat menarik dan bisa diletakkan di kebun dan dapat dipindah ke lokasi lainnya (portable). Di Asia itu semacam kolam renang koleksi untuk hotel, kolam renang komersil, sementara di Singapura ada kolam renang umum karena milik pemerintah singapura. Saya pikir setiap negara memang memiliki ciri khas tersendiri, termasuk di Indonesia yang kelihatannya trennya lebih kearah spa. Saya pikir membangun gaya hidup sehat itu jauh lebih penting untuk masyarakat Indonesia.

Bagaimana menurut anda perkembangan para kontraktor kolam renang di dunia?

Secara struktur, market di Amerika sudah sangat besar sekali perbedaannya, bisnis kolam renang sudah mulai ada dan berkembang sejak lama sekali. Kini market Amerika sudah sangat kompleks  disetiap segmen dan sektornya. Para pembuat kolam renang, para pemasang kolam renang, para distributor alat-alat kolam renang dan itu sangat terkordinir pengaturannya.  Ada bentuk kolam renang yang sangat rumit pengaturannya dan sangat bervasiasi penyebaran. Di dunia tak ada federasi yang khusus mengatur semua ini, hanya ada di Malaysia, dan disini sudah ada regulasi, keamanan, dan itu sangat besar sekali perbedaannya, dan kini ada majalah kolam renang Swimming Pool IDEA, itu sangat bagus menurut saya.

Bagaimana menurut anda tren kontraktor kolam renang dimasa akan datang?

Produk-produk baru akan terus bermunculan dan itu sangat jelas akan terjadi. Industri kolam renang dan spa begitu stabil dan berjangka panjang, dan anda akan lihat akan semakin lebih murah biaya perawatan air yang digunakan, lebih sedikit listrik yang digunakan (hemat)  dan ramah lingkungan sertaakan sedikit jumlah klorin dimasa kini dan akan datang.  Dan anda sebagai kontraktor kolam renang, harus menggunakan produk yang benar karena jika tidak maka kurang baik bagi kesehatan kulit anda. Jadi, melindungi lingkungan itu sangat penting, akan ada swimming pool otomatis yang terhubung melalui smartphone, sistim filter air, tes temperature dan banyak lagi.  Dan menurut saya, sistim otomatis di kolam renang adalah sesuatu yang amat sangat penting untuk membersihkan kolam hanya melalui robot, dan saya pikir untuk Indonesia adalah raja untuk design kolam renang.

 

2,856 kali dilihat, 12 kali dilihat hari ini

Do you like this post?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
SHARE
Keyakinan adalah salah satu prinsip dan misi hidup Ku. Ikhtiar dan Berdo'a Semoga kesuksesan selalu ada didepan kita.
View Website
RELATED POSTS
Sentuhan Nuansa Natural Dalam Tren Warna 2018 di Industri Kolam Renang
Sinergi Bisnis Kontraktor Kolam Renang
Business Gathering , Membangun Mind Set dan Sinergi Bisnis di Industri Kolam Renang dan Spa.
Opening Ceremony Indowater Expo Forum 2018 Grand City Convex Surabaya
Opening Ceremony Indowater Expo Forum 2018 Grand City Convex Surabaya Resmi Dibuka