Distributor FEATURED

Kami Siap Bersaing Dengan Kekuatan Penuh di Wilayah Asia, Indonesia Sebagai Salah Satu Fokus Market Kami

Kami Siap Bersaing Dengan Kekuatan Penuh di Wilayah Asia, Indonesia Sebagai Salah Satu Fokus Market Kami

Dalam industri air bersih dan kelistrikan, nama Pentair tentu saja dikenal baik. Sebagai brand ternama di Negeri Paman Sam, Pentair selalu berinovasi dari waktu ke waktu untuk memecahkan berbagai masalah utama yang dihadapi banyak orang, seperti ketersediaan air bersih dan keterbatasan energi listrik. Pentair bergerak di dua industri utama yaitu water dan electrical. Pentair menemukan dan membuat solusi yang dapat membantu menyelesaikan beberapa permasalahan yang paling sulit di dunia. Hampir 75% dari produk, jasa, dan teknologi Pentair berkaitan langsung dengan food, water dan energy” ujar Enrico, Manager Sales dan Marketing yang dipercaya Pentair untuk wilayah Indonesia dan beberapa Negara Asia lainnya. “Dengan bekerja sama dengan mitra industri, mitra pemerintahan, dan mitra organisasi dan perusahaan lainnya, Pentair dapat melayani dan mencakupi klien-klien dalam sektor food and beverage, residential and commercial, industrial, infrastructure dan energy

Dengan kata lain, Pentair sebenarnya secara langsung maupun tidak langsung sudah menyentuh dan ikut berkontribusi solusi kepada banyak permasalahan utama manusia pada masa sekarang dan juga untuk masa depannya” ujar Enrico yang mengaku Pentair merupakan merek yang sangat besar, terutama di industri peralatan kolam renang. Enrico memaparkan, Pentair merupakan perusahaan yang sangat besar dan berskala global, didirikan tahun 1966 dan sekarang mempunyai 19,000 karyawan yang tersebar di seluruh kota besar di seluruh dunia. Pentair merupakan perusahaan publik yang sudah tercatat di bursa saham NYSE Amerika, dan mempunyai omzet 65 Triliun Rupiah (4.9 Billion USD) per tahun.

“Salah satu divisi unggulan Pentair yang berkembang pesat adalah Aquatic Systems yang menaungi industri Recretional Water (seperti Swimming Pool & Spa, Water Park, Aquarium, Water Features, dll) dan divisi ini di representasikan dengan brand-brand utama seperti PENTAIR, STA-RITE, dan ONGA.” “Yang sangat menarik di ketahui bahwa masyarakat di Amerika yang merupakan pasar swimming pool terbesar di dunia lebih mengenal dan mengasosiasikan brand Pentair dengan produk kolam renang Pentair. Fakta ini menjadi salah satu alasan mengapa Pentair merupakan Merek Peralatan kolam Renang No #1 dan Terbesar di Amerika, dan juga secara global” ujar Enrico yang menyayangkan kurangnya pengenalan dan sosialisasi brand besar ini di industri kolam renang Indonesia selama 20 tahun terakhir.  Dalam perjalanan waktu, Pentair selaku produsen peralatan kolam renang terbesar dunia selalu mengembangkan bisnisnya, termasuk mengakuisisi berbagai perusahaan besar untuk disinergikan hingga jika dilihat dari variasi produk, Pentair merupakan salah satu perusahaan yang mampu menawarkan produk yang paling lengkap diantara merek-merek lainnya di dunia ini,”  jelas Enrico lagi.

Ia menambahkan pula, dalam industri kolam renang, Pentair adalah salah satu perusahaan dunia yang lebih inovatif yang berfokus pada solusi yang berkelanjutan seperti penghematan air dan penghematan konsumsi listrik. Pentair berkolaborasi dengan Departemen Energi dan Perlindungan Lingkungan Amerika untuk mengembangkan standar Energy Star® untuk pompa kolam renang. Sejak tahun 2005, pompa kolam Eco-Select Pentair telah memicu revolusi industri secara luas ketika kita menjadi perusahaan pertama yang memperkenalkan teknologi Variable Speed ke industri kolam renang, yang merupakan teknologi 4-5 tahun lebih depan dibanding pesaing lainnya. “Oleh karena kesuksesan Pentair dalam memasarkan dan merajai teknologi Variable Speed Pool Pump sehingga berhasil menyelamatkan 2,1 miliar kilowatt energi yang setara dengan penggunaan energi setahun oleh 73.000 rumah,  Pentair berhasil mendapatkan penghargaan yang sangat bergengsi yaitu “ENERGY STAR Partner of the Year Award” secara beruntun dari tahun 2014 sampai 2017” Enrico menjelaskan. 

“Kenapa masyarakat masih belum banyak yang tahu tentang Pentair? Untuk menjawab ini, kita harus menyimak sedikit sejarah Pentair di Indonesia. Bran Pool  “Pentair” sendiri merupakan evolusi dan akuisisi dari brand-brand seperti “Pac-Fab”, “American Products”. Brand tersebut masuk ke Indonesia paling awal dan kala itu sangat dikenal dan sangat bersaing sebagai salah satu brand utama di Indonesia. Namun seiring waktu dikarenakan masalah internal distributor di Indonesia, partner kami pelan-pelan keluar dari bisnis peralatan kolam renang untuk fokus di bisnis lain. Disitulah terjadi gap kosong selama puluhan tahun dimana brand pesaing mulai berkembang pesat tanpa persaingan dari Pentair.”  “Sekitar 13 tahun lalu Pentair mengakuisisi  brand “Sta-Rite” dari Amerika yang sangat dikenal sebagai “premium brand with the best performance in Industry” bahkan sampai sekarang dan brand “Onga” dari Australia yang sudah sangat dikenal di pasaran Australia dan New Zealand dengan performa handal dan harga terjangkau. 

Sta-Rite mulai dipasarkan di Indonesia lewat PT Wadin Pertiwi, dan dengan kualitas dan performanya yang sudah terakui, brand Sta-Rite sempat melambung dan terkenal di masyarakat pool Indonesia. Namun terulang lagi seiring perubahaan internal yang terjadi pada partner distributor tersebut selama 3 tahun terakhir, Sta-Rite sangat disayangkan mulai menurun penjualannya dan secara persepsi kelihatan menghilang dari pasaran Indonesia. Brand Onga hingga sekarang masih sangat aktif dipasarkan di Indonesia lewat salah satu partner distributor kami.” jelas Enrico yang baru bergabung di Pentair 3 tahun lalu, dan sekarang berusaha keras untuk menjayakan kembali brand Sta-Rite, serta meningkatkan pangsa pasar brand Onga. 

Enrico mengakui dan sangat optimis “Pentair group mempunyai ruang yang luas dan peluang sangat besar dalam meningkatkan pemasaran dan penjualan brand-brand dari Pentair group di Indonesia. Pentair group mempunyai bekal yang sangat kuat dalam menghadapi persaingan peralatan kolam renang di Indonesia. Bekal-bekal yang sangat nyata dan kentara seperti performa, teknologi, inovasi, kualitas, daya tahan, garansi, product range, after sales dan spare parts,”  Seperti contoh anda dapat melihat Performance Pump Curve dan membandingkan sendiri flow rate dari best seller Pentair pump seperti “Whisperflo” atau best performance Sta-rite pump seperti “Max-E-Pro”, anda akan kaget bahwa pompa Pentair maupun Sta-rite mempunyai flow rate jauh lebih tinggi daripada pompa merek-merek pesaing lainnya yang berukuran sama.

Oleh karena itu, Pentair mempunyai kelebihan untuk dapat menggunakan pompa ukuran lebih kecil namun mendapatkan flow yang sama dengan pompa pesaing yang berukuran lebih besar. Dengan begitu, pompa Pentair jatuh lebih ekonomis dari sisi harga, dan lebih ekonomis dari sisi konsumsi listrik”. “Jika bicara Inovasi dan Teknologi, Pentair selalu terdepan di dunia, sebagai contoh 12 tahun lalu Pentair merupakan perusahaan pertama di dunia yang menciptakan Variable Speed (VS) Pool Pump yang akhirnya ditiru dan diadopsi oleh pesaing-pesaing lainnya setelah beberapa tahun keberhasilan Pentair. Dan sekarang tahun 2017, Pentair sekali lagi menjadi perusahaan pertama di dunia yang menciptakan teknologi Variable Speed & Flow (VSF) Pool Pump. Sangat dipastikan ini akan menjadi standar baru di industri kolam renang dunia kedepannya. Sebagai referensi, Variable Speed Pump yang sudah terpasang terbanyak di seluruh dunia adalah merek Pentair. Fakta ini sekali lagi mengukuhkan posisi Pentair is the Market Leader di Swimming Pool Industri” jelas Enrico yang sangat meyakini bahwa teknologi ini adalah jawaban untuk kebutuhan pompa kolam renang kedepannya, karena dapat menghemat listrik hinggal 90%. Menurutnya, jika berbicara tentang kualitas, daya tahan, dan garansi produk Pentair, sebagai contoh untuk teknologi terbarunya yaitu VSF Pump, Pentair yang “made in USA”  ini berani memberikan garansi selama 3 tahun. Dan pengalaman instalasi rata-rata usia pompa ini dua kali lebih lama dibanding pompa standar, dan mempunyai tingkat panas motor ataupun kebisingan pompa yang sangat rendah.

Salah satu kelebihan Pentair dalam perihal Product Range yang kurang diketahui    luas oleh masyarakat Indonesia, adalah Pentair juga mempunyai Commercial Range. Misalnya Pentair mempunyai pompa kolam renang besar ukuran 5-50 HP, Commercial Sand Filter dengan flow rate hingga 168 m3/hour, Commercial Salt Chlorinator dengan produksi chlorine hingga 3000 gram/hour, dan masih banyak lainnya. Belum lama ini, referensi projek yang telah menggunakan full Pentair Commercial System adalah Ramayana Water Park – yang merupakan Water Park terbesar di Thailand. Mengenai after sales dan spare parts, Enrico menjelaskan “Jaringan Distributors dan Dealers di Indonesia sudah terbentuk dan dapat dijangkau dengan mudah, dan Pentair berjanji akan terus meningkatkan pelayanan dan kemudahan after sales dan spare parts untuk mendukung proyeksi pertumbuhan Pentair group yang lebih pesat kedepannya di Indonesia. Sekarang ini, Distributor merek Pentair di Indonesia adalah PT. Delta Upakarti Ekaprindo yang mempunyai kantor di Surabaya dan Jakarta, dan PT. Lestarindo Ampuh Perkasa yang berkedudukan di Ancol, Jakarta Utara. Distributor Sta-Rite di Indonesia adalah PT. Gading Mega Teknik (Marina Pool & Spa) yang mempunyai pool shop di Jakarta, dan kantor di Bekasi. Distributor Onga di Indonesia adalah PT. Lestarindo Ampuh Perkasa

Pentair juga mempunyai Direct Partner Lokal yang cukup dikenal di masyarakat pool Indonesia seperti PT Prima Graha Bangun Tunggal (Prima Pool), dan Jaya Lestari Pool. Enrico terus menegaskan “Bisnis model Pentair Pool di seluruh dunia adalah dengan mengandalkan Distributors dan Partners Lokal di setiap negara. Pentair menjunjung tinggi integritas dan sangat menghargai dan mendukung Distributor and Partner Lokal kami, oleh karena itu Pentair berintegritas bahwa“ Pentair will never directly compete with our distributors or partners in any project”.  

“Kami sangat yakin dengan Pengenalan, Edukasi dan Sosialiasi yang lebih intensif di masyarakat Indonesia, kami percaya Pentair group dapat terus meningkatkan pangsa pasar secara signifikan sehingga menjadi Market Leader bukan hanya di Amerika ataupun di negara-negara besar lainnya di dunia, tetapi juga di Indonesia dalam tahun-tahun kedepannya,” ujar Enrico penuh optimis. 

872 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Do you like this post?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
SHARE
RELATED POSTS
KOLAM MERAH DI BOUTIQUE RESORT KOH SAMUI, THAILAND
Meja Bar Untuk Kolam Renang
Wood Plastic Composite, Khusus Wood Deck Kolam Renang
Tips Maintenance Air Kolam Renang
Tips Maintenance Air Kolam Renang