Kolam Renang Kaca, Inovasi Modern Perpaduan Estetika dan Teknologi Terkini

0

Sejarah terciptanya kolam renang kaca berawal dari kejenuhan para pemilik dan kontraktor kolam renang dengan bentuk kolam yang begitu-begitu saja, yaitu hanya dibatasi oleh dinding beton, dan ketika mereka ingin suatu nuansa baru maka terlahirlah konsep kolam renang kaca (transparansi).

Tujuan dibuatnya kolam renang kaca lebih kepada dua hal, yaitu sisi estetika dan sisi keamanan. Sisi estetika menyangkut keindahan, sehingga fungsi kolam renang tak sebatas sarana untuk olahraga air saja tapi juga memiliki fungsi keindahan yang bisa dinikmati” ujar Calvin, pemilik kontraktor Kolam renang Budi’s Pool.

Menurut Calvin, dengan memiliki kolam renang kaca maka akan timbul suatu kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya karena punya kolam renang yang berseni tinggi dan berbeda dari yang lain. “Hal kedua dari tujuan dibuatnya kolam renang kaca adalah sisi keamanan. Berbeda dengan kolam renang dinding beton pada umumnya, proses pembuatan kolam renang kaca jauh lebih memperhatikan sisi keamanan, khususnya pada bagian dinding kaca” papar penerus generasi kedua Budi’s Pool ini yang kini sudah memiliki dua kantor kontraktor kolam renang di Jakarta dan Bali.

Calvin menekankan, membangun kolam renang kaca selalu memprioritaskan sisi keamanan pada sisi dinding kaca dengan skala prioritas tinggi, yaitu melapisi dinding kaca sebanyak dua, tiga bahkan sampai empat lapis hingga sangat aman dan kuat. Untuk pemilihan kaca, kami menggunakan tempered yang tak akan keruh jika terkena air butek. Tempered adalah jenis kaca yang sangat kuat dan biasa dipakai untuk bangunan beresiko tinggi, termasuk pada kolam renang, dan ini adalah salah satu dari jenis kaca.

“Secara singkat dijelaskan, kaca tempered  ini diperkeras dengan cara dipanaskan suhu 700 derajat celcius, lalu secara tiba-tiba di dinginkan  dengan penyemprotan udara secara merata pada permukaan kaca, sehingga dengan begitu terjadi perubahan fisik kaca yang mana tidak tampak secara visual akan tetapi kaca tempered ini akan menjadi lebih kuat dari kondisi semula” papar Calvin menjelaskan proses pembuatan kaca tempered ini. Ia menambahkan, kelebihan kaca tempered ini jika terbentur benda keras, ia tidak akan membahayakan orang lain karena pecahan kaca akan menjadi butiran butiran seperti es. Jadi tidak berantakan.

“Jenis kaca kedua yaitu laminated, Kaca laminated merupakan jenis kaca yang digunakan untuk dengan tingkat keamanan dan perlindungan  yang tinggi terhadap penghuninya, sehingga jika pada saat terjadi sesuatu hal yang menyebabkan pecahnya kaca tersebut, maka kaca laminated ini tidak akan berhamburan, tetapi hanya akan terjadi retak, dan kaca laminated ini sangat sulit sekali untuk ditembus” jelas Calvin secara panjang  lebar. Ia menjelaskan lagi, untuk pemasangan dinding kaca, Budi’s Pool memiliki hitungan rasio yang sangat akurat, semakin panjang ukuran sisi kolam renang yang akan dipasang dinding kaca maka ketebalan kaca tersebut semakin tebal. “Untuk kolam renang yang memiliki dinding kaca berukuran panjang maka ada dua faktor yang mempengaruhinya, yaitu dari sisi harga dan sisi ketebalan kaca” ujar Calvin Pemilik kontraktor Budi’s Pool ini juga mengingatkan pada calon pemilik kolam renang bahwa biaya menjadi jauh lebih mahal jika dinding kaca semakin panjang, ini konsekuensi logisnya.

Dan ketebalan kaca juga semakin besar jika semakin panjang ukuran dinding kacanya, mengapa demikian? “Logikanya, semakin panjang ukuran dinding kaca maka tekanan air semakin besar dan ini memerlukan kekuatan dinding kaca itu menahyan air hingga harus lebih tebal lagi jika semakin panjang ukurannya” jelas Calvin menjawab pertanyaan Swimming Pool IDEA Calvin menjelaskan lagi, pada prakteknya, penggunaan dua jenis kaca kolam renang ini umumnya selalu digabung jadi satu, sehingga menambah kekuatan dari masing-masing sifat kaca tersebut. Khabar baiknya, di Indonesia sudah bisa memproduksi dua jenis kaca ini, yaitu kaca tempered dan kaca laminated, dan bahkan kualitas kaca buatan Indonesia tak kalah dengan buatan luar negeri.

“Produk kaca kolam renang transparansi kita boleh dikatakan tak kalah dengan buatan Negara maju, dan bahkan menurut saya jika bicara kualitas maka produk kaca kolam renang kaca kita lebih baik. Ini menurut saya selama mengerjakan projek kolam renang kaca (transparansi). Untuk perhitungan biaya pembelian kaca transparansi kolam renang itu tak bisa dihitung secara satuan, karena banyak faktor yang mempengaruhi harga dari kaca tersebut” jelas Calvin panjang lebar.

Ia juga menekankan, beberapa faktor diantaranya adalah dari sisi kuantitas pembelian kaca transparansi, semakin banyak akan semakin mahal harganya walau ada sedikit diskon jika jumlahnya makin banyak lagi. Faktor selanjutnya adalah dari jasa pemasangan. Pemilik kolam renang tentu tak semuanya bisa memasang dinding kaca karena memerlukan keahlian yang tinggi. Jangan sampai harga dinding kaca yang sudah dibeli begitu mahal jadi rusak karena belum tahu cara memasangnya di kolam renang. “Sementara faktor lain yang membuat harga dinding kaca itu bervariatif adalah pemilihan jenis kaca tersebut, karena kaca laminated lebih mahal harganya dari pada kaca tempered, oleh karena itu sebaiknya serahkan saja semuanya pada kontraktor kolam renang yang sudah berpengalaman” jelas Calvin yang sudah beberapa kali mengerjakan projek kolam renang transparansi (kaca) dengan hasil sangat memuaskan di beberapa kota besar.

Ia menambahkan lagi, Jadi dengan kata lain, untuk harga dinding kaca kolam renang sebaiknya tidak dihitung berdasarkan satuan tapi lebih kearah harga paket komplit sehingga sang pemilik kolam renang dengan harga tersebut tinggal duduk manis tanpa stress memikirkan bagaimana cara pemasangan dinding kaca kolam renang itu.

“Kontraktor kolam renang akan memikirkan semua hal, termasuk sisi keamanan, sisi rasio ketebalan dinding kaca kolam renang terhadap panjang kolam, cara pemasangan dinding kaca secara benar hingga perawatan jangka panjang. Semua sudah dipikirkan matang-matang dan bergaransi hingga tujuh tahun” jelas Calvin yang menjamin kualitas pengerjaan kolam renang kaca ini.

Calvin menambahkan lagi, untuk proses perekat antara dinding kaca dengan beton, Budi’s Pool  sudah punya formula khusus yang teruji bertahun tahun agar dinding kaca merekat kuat pada tempatnya. Hati- hati dengan pemasangan ini, karena jika ditangani oleh kontraktor kolam renang yang kurang berpengalaman pasti akan menuai masalah. “Bukan hanya soal keamanan secara jangka panjang, umumnya banyak kontraktor kolam renang yang ceroboh saat melakukan perekatan dinding kaca dan bahan khusus itu mengenai sisi kaca hingga menimbulkan bekas yang kurang sedap dipandang” ujar Calvin yang kini lebih fokus mengelola bisnis kolam renang di Bali.

Ia menjelaskan kembali, ketebalan kaca pada kolam renang transparansi pada rumah pribadi sekitar 4,5 Cm hingga 4,8 Cm. Untuk ketebalan dinding kaca bisa sampai 12 Cm, itu pada saat kami buat kolam renang transparansi disebuah hotel mewah bilangan Jakarta. “Dinding kaca itu kami pasang di Sky Pool lantai dua sebuah hotel bintang lima, dan itu sangat beresiko sekali. Dan tingkat tersulit pada pembuatan kolam renang kaca itu terletak pada pemasangan dinding kaca kolam renang, termasuk proses pengeleman dan banyak lagi hal yang perlu diperhatikan” ujarnya yang kini makin dipercaya menangani projek pembuatan kolam renang kaca dari berbagai developer ternama serta perumahan pribadi.

Calvin menekankan, untuk garansi kebocoran kolam renang kaca, Budi’s Pool memberikan garansi selama tujuh tahun dan itu rentang waktu yang cukup panjang. Sementara untuk model model kaca kolam renang transparansi yang sekarang ini cukup bervariasi, namun sebenarnya secara garis besar hanya dua jenis, yaitu model tempered dan model laminated. “Kekuatan kaca pada kolam renang transparansi ini luar biasa, bahkan kini sudah ada jenis kaca yang tahan pukulan palu hingga kaca anti peluru, tapi jenis kaca ini masih diproduksi Negara Jerman” ujar Calvin yang pernah mencoba kekuatan kaca kolam renang yang anti pukul itu. Ia memberi gambaran bahwa animo pembuatan kolam renang kaca itu rata-rata sama, antara  industri perhotelan dengan rumah pribadi itu sama-sama tinggi tingkat permintaannya. Mereka ingin dibuatkan kolam renang transparansi yang eksotis, berbeda dari kolam renang pada umumnya.

“Mengapa animo masyarakat terhadap pembuatan kolam renang kaca cenderung akan semakin tinggi? Karena masyarakat, baik yang baru akan memiliki kolam renang maupun yang sudah  punya kolam renang akan memilih kolam renang yang lebih modern dan update seiring dengan perkembangan jaman” jelas orang nomor dua pemilik Budi’s Pool ini, menggantikan Budi Suparjo sang perintis Budi’s Pool sejak 20 tahun lalu.

Calvin menegaskan, untuk harga juga tidak terlalu beda jauh antara 30% hingga 35% lebih mahal dari kolam renang biasa. Itu jika dihitung dari sisi estetika kolam renang transparansi, tapi jika dihitung secara lurus lurusan maka per meter dari harga kaca kolam renang itu bisa tiga kali lipat mahalnya. “Untuk perawatan kolam renang kaca (transparansi), cukup dibersihkan sekali saat pertama mulai digunakan, lalu tim dari Budi’s Pool akan memandu pemilik kolam atau orang yang ditugaskan merawat kolam untuk merawat.

Intinya mudah sekali perawatannya dan efeknya sangat terasa, yaitu kebanggaan” paparnya lagi. “Untuk kolam renang kaca, selalu cocok untuk model rumah mana pun, karena itu sangat dianjurkan bagi mereka yang ingin membuat kolam renang, sebaiknya buatlah kolam renang kaca, karena dari sisi mana pun lebih menguntungkan, yaitu terlihat lebih modern, lebih berestetika (indah) dan juga lebih aman dan menyenangkan untuk dipandang” tegas Calvin. Menurutnya, kini para kontraktor kolam renang Indonesia sudah bisa membuat kolam renang kaca ini, khususnya Budi’s Pool, apalagi semua bahannya sudah diproduksi di dalam negeri dan juga kualitas tak kalah dengan pemain luar.

BUDI’S POOL SHOP
INFO PEMBUATAN KOLAM RENANG KACA (TRANSPARANSI)
Alamat:
Jl. Ampera Raya No.77, RT.3/RW.10, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540.

Telepon : (021) 7800617
Hp : 087878466796

1,116 total views, 4 views today

Do you like this post?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Share.

About Author

Keyakinan adalah salah satu prinsip dan misi hidup Ku. Ikhtiar dan Berdo'a Semoga kesuksesan selalu ada didepan kita.