BLOG Inovasi

Kolam Renang Natural Bebas Bahan Kimia dan Dapat Diminum.

Kerinduan para pecinta renang pada alam terbuka telah memunculkan gagasan kreatif yang unik. Di negara barat, seperti di Amerika dan daratan Eropa, ide ini sudah lama ada, yaitu membuat kolam renang bernuansa alam.

Kolam renang natural merupakan kolam renang berkonsep alam yang memadukan antara unsur alam dengan kolam renang konvensional” ujar Sudarma Linggih, pemilik produsen alat-alat dan kontraktor kolam renang Moncol Pool. Menurut Sudarma, kini kolam renang natural mulai diminati banyak orang. Selain fungsinya yang bersifat menyehatkan, kolam renang natural juga mengobati kerinduan setiap perenang untuk kembali ke alam bebas.

“Konsep kolam renang natural sebenarnya sederhana, yaitu memadukan kolam renang konvensional dengan kolam tanaman air, tanpa ikan. Disinilah seni kolam renang natural itu” ujar Sudarma yang memiliki dua kantor, di Kemang Jakarta Selatan  dan di Sanur Bali. Sudarma menekankan, kolam renang natural ini sama sekali tidak mengandung bahan kimia dan klorin, sehingga sangat aman bagi kesehatan manusia. Selain itu, kolam renang jenis ini memiliki warna air yang jernih berkilau, bahkan dengan pemeliharaan yang sesuai, airnya sehat untuk diminum.

“Kami menggunakan filter air khusus yang didesain untuk menyaring bakteri berbahaya sehingga air kolam renang tidak perlu bahan kimia atau klorin. Cukup dengan teknologi kami, anda sudah memiliki kolam yang sehat dan layak untuk dijadikan kolam renang bernuansa alam” papar Sudarma  pemilik Moncol Pool ini.  Menurut Sudarma, pengembangan kolam renang natural ini berlandaskan pada tiga proses, yaitu sistem filter mekanik, proses biologi, dan sistem penyaringan tanaman air.  “Kolam renang natural ini menggunakan tiga teknologi yang berbeda dari kolam renang pada umumnya, semua teknologi itu kami yang sediakan, dan dijamin air kolam menjadi sangat sehat, bersih dan layak dipakai renang” ujar Sudarma yang mengaku banyak menerima proyek kolam renang natural di Bali dan sekitarnya. Hal ini disebabkan oleh adanya kebutuhan parawisata dunia akan produk baru yang ramah lingkungan dan sehat bagi pemakai.Keunggulan kolam renang natural ini selain murah perawatannya, memiliki kualitas air yang sangat sehat, begitu jernih dan juga bisa menyatu dengan pepohonan air, seperti tanaman teratai dan sejenisnya. Bisa dihitung, berapa biaya pemberian kaporit setiap harinya jika kolam renang dipakai dalam jangka panjang.

PRODUK KEBANGGAAN DALAM NEGERI

Keunikan dari kolam renang natural buatan Moncol Pool ini adalah hasil karya sendiri. Walaupun dengan teknologi mandiri, Moncol Pool bisa membuktikan bahwa produk anak bangsa bisa kompetitif dengan buatan luar negeri.

“Konsep natural swimming pool ini lebih menekankan pada keseimbangan secara biologi yang alami sehingga sehat bagi kita, tanpa kaporit yang membuat mata perih dan tanpa klorin serta berbagai zat kimia lainnya” ujar Sudarma menjelaskan panjang lebar. Ia menambahkan, dengan pembuatan kolam renang natural ini, kita tidak perlu membongkar dan merusak kolam renang yang telah ada, tetapi cukup dengan menambahkan saja sistem ini pada kolam lama.  “Bagi anda yang ingin memiliki kebun bunga yang indah dan sekaligus kolam renang yang berorientasi pada alam, maka pilihannya cuma satu, membuat natural swimming pool (NSP) dengan mendapat banyak keuntungan, yaitu selain memiliki kebun indah, biaya perawatan lebih murah, menyehatkan, gampang perawatannya, dan bersifat friendly to the environment  ramah lingkungan”.

Teknologi ini juga dapat digunakan untuk membangun kolam tanam air dan kolam ikan, termasuk koi dan arwana, mengingat tidak ada bahan kimia yang digunakan pada sistem ini. Metoda perawatan airnya memanfaatkan filter mekanik, dimana Moncol Pool menggunakan Bayern Sand Filter sebagai filter kolam renangnya. Filter ini sangat halus dan terbukti efektif untuk menyaring berbagai bakteri berukuran super kecil. Lalu, kolam ini dilengkapi pula dengan teknologi Biological Nutrient Removal (BNR), dimana pada prosesnya memanfaatkan bio material berdasarkan ketersediaan material lokal dan juga teknologi bakteri probiotik. Dengan teknologi tersebut air akan lebih mudah netral, pH air stabil dan  normal,  dan sangat layak untuk digunakan berenang.

“Kolam renang natural memang belum populer,  terutama di sekitar Jakarta dan kota-kota besar lainnya, namun di Bali sudah ada beberapa dan makin banyak permintaan” ujar Sudarma Linggih. Ia menekankan, betapa penting memiliki kolam renang yang berorientasi ramah lingkungan, karena selain tidak merusak alam juga baik bagi kesehatan. Demi keutuhan kolam renang untuk kesehatan anggota keluarga, tentunya kita harus selektif memilih jenis kolam renang yang sehat dan harga ekonomis dalam perawatannya sehari-hari. Tunggu apalagi? Ayo pesan Natural Swimming Pool sekarang juga, mumpung belum banyak yang tahu.

2,768 kali dilihat, 6 kali dilihat hari ini

Do you like this post?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
SHARE
RELATED POSTS
Operational Pompa Dan Filter Kolam Renang
Cara Operational Pompa Dan Filter Kolam Renang Yang Tepat
heater-kolam-renang
Heater Penghangat Air kolam renang
DETEKSI KEBOCORAN KOLAM RENANG TEKNOLOGI INFRARED, GARANSI 100% SUKSES
DETEKSI KEBOCORAN KOLAM RENANG TEKNOLOGI INFRARED, GARANSI 100% SUKSES