Kolam Renang Transparansi Glass Pool

0

DENGAN MENAMBAHKAN ELEMEN KACA DISALAH SATU TEPI KOLAM RENANG, MERUPAKAN STYLE TERBARU UNTUK MEMPERTEGAS SUDUT PANDANG KOLAM RENANG. ELEMEN KACA MERUPAKAN SALAH SATU MATERIAL ARSITEKTUR MODERN YANG BANYAK DITERAPKAN DI KOLAM RENANG RUMAH MINIMALIS DANBERGAYA KONTEMPORER.

Material kaca yang dipilih hendaknya memiliki ketebalan 1.9 mm dan tinggi 0.60 m dan panjang mengikuti standar panjang kaca. Apabila ada sambungan, buatlah sirip kaca. Jenis kaca  tempered bakar dan buat frame atas dengan lis stainless sehingga tidak khawatir tajam dan patah. Dengan menerapkan salah satu konsep ini maka kolam renang Anda akan memberikan titik acen atau sudut pandang tersendiri dengan salah satu sudut akan terlihat sangat jelas dan transparan atau tembus pandang. Penempatan material kaca biasanya ada disalah satu panjang kolam atau dilebar kolam dan biasanya penempatan  mengikuti arah deck kolam renang sehingga saat duduk bersantai  Anda akan melihat jelas jernihnya air kolam renang.

Apalagi apabila ada yang berenang,  Kita akan melihat sesuatu yang berbeda yang biasanya Kita melihat ikan di aquarium yang berenang di kolam tersebut,  kita akan melihat orang berenang dengan sangat jelas dengan berbagai jenis gaya berenang mereka. Layaknya akuarium besar, kesan yang dipantulkan dari kolam renang transparansi ini adalah tembus pandang. Umumnya, dinding kolam renang yang kita kenal adalah tembok tertutup.  Namun dengan menambah elemen kaca khusus, memberikan sentuhan transparansi yang unik dan menarik. Konsep kolam renang, dari waktu ke waktu mengalami perkembangan. Bukan hanya dari sisi design, tapi juga merambah ke bagian material. Contohnya  model kolam renang yang sedang tren saat ini adalah kolam renang transparansi. Seperti apa bentuk kolam renang  transparansi itu ? Kolam renang transparansi, sesuai namanya  adalah kolam renang yang salah satu sisinya dilengkapi dengan elemen kaca.  Sebagian kolam renang ada yang sisi kacanya lebih dari satu, namun umumnya hanya satu sisi saja. Kaca ini tembus pandang kedalam bagian kolam renang hingga para perenang bisa terlihat dari sisi luar, khususnya saat perenang sedang berada didalam air.

Begitu pula sebaliknya, perenang bisa melihat sisi luar hingga tahu percis siapa saja yang berada diluar kolam tersebut. Bagaimana cara membuat kolam renang transparansi ini ?  Anda bisa memiliki kolam renang transparansi sendiri. Dengan menambahkan elemen kaca disalah satu tepi kolam renang, maka kolam renang Anda berubah menjadi kolam renang transparansi yang unik dan berkesan sangat menawan. Kolam renang ini merupakan style terbaru dan memberi efek modern serta mempertegas sudut pandang kolam renang, terutama ketika dilihat dari sisi luar kolam. Dan efek yang pertama kali dirasakan para pengunjung kolam renang adalah berkesan mewah dan wow.  Mereka pasti akan terkesima, ada kolam renang yang sisinya terbuat dari kaca.

Suatu pemandangan yang baru pertama kali mereka lihat.  Elemen kaca merupakan salah satu material arsitektur modern yang banyak diterapkan di kolam renang rumah minimalis. Kendati pembiayaannya agak sedikit mahal namun kesan yang terpancar  dari kolam renang ini mencerminkan sosok karakter modern dari  si pemilik kolam renang itu sendiri.  Umumnya, kolam renang yang menggunakan elemen kaca bergaya kontemporer, dan sangat cocok untuk kolam renang minimalis  yang ukurannya tidak terlalu besar. Mengapa demikian ? Ini terkait dengan pembiayaan, karena elemen kaca ini lumayan mahal untuk ukuran kantong orang Indonesia. Sensasi yang lebih menyenangkan lagi, ketika  ada yang berenang dan kita akan melihat sesuatu yang berbeda.

Pemandangan kolam renang tersebut menjadi seperti aquarium raksasa, dimana para perenang adalah seperti ikan-ikan yang bergerak didalam air.  Kita juga bisa melihat setiap perenang dengan gayanya masingmasing hingga menambah daya tarik kolam renang transparansi ini. Kolam renang transparansi kini banyak dipakai oleh para developer perhotelan, apartemen dan wahana air. Tentu  saja,tujuan dari pembuatankolam renang transparansi ini untuk daya tarik para tamu serta menaikkan tingkat kredibilitas pihak developer tersebut. Jika kita jalan-jalan ke luar negeri, hampir setiap hotel besar menggunakan konsep kolam renang transparansi ini. Terutama di hotel dan apartemen mewah. Berdasarkan riset di lapangan, efek dari kolam renang transparansi ini, membuat para tamu dan pengunjung akan kembali datang. Mereka senang berenang di kolam renang yang unik dan menarik ini. Mungkin Anda akan bertanya, apakah dinding kaca kolam itu tidak pecah karena terbuat dari kaca ? Jawaban yang masuk akal adalah, memang bisa pecah tapi dalam kondisi khusus, misalnya ditembak dengan senjata api berkekuatan besar, namun jika hanya benturan  kecil saja, kaca ini amat sangat kuat.

Kolam renang transparansi  sangat cocok digunakan pada wahana air. Anak-anak paling suka melihat dirinya berada di akuarium besar sambil melihat pemandangan tembus pandang keluar. Namun di Indonesia, konsep wahana air berelemen kaca masih sangat jarang. Ada dua kemungkinan, pertama dari sisi harga yang lumayan mahal, kedua, mungkin para pengembang belum terpikir untuk mendapat ide kolam renang seperti ini. Rumah minimalis paling cocok untuk dibuatkan kolam renang transparansi. Mengapa ? Karena dengan ukuran yang tidak terlalu besar, efek dari kolam renang transparansi ini akan semakin besar. Kesan yang didapat adalah, modis dan mewah. Bukan hanya itu, kolam renang transparan di rumah minimalis bisa menutupi kekurangan space hingga kesan yang didapat adalah kemewahan diarea yang terbatas. Bukankah ini menjadi titik krusial dari tujuan dibangunnya kolam renang transparansi ini ? Pemilik kolam tentunya ingin menyampaikan pesan tak langsung kepada siapapun yang melihat dan menggunakan kolam ini, bahwa kolam renang transparansi memiliki kesan mewah, modern dan inovatif.

Hal lain terhadap efek kolam renang transparansi ini adalah perubahan perilaku dari para pemakai kolam renang ini. Umumnya, setiap perenang hanya menggunakan kolam renang diatas permukaan, namun dengan adanya konsep transparansi, mereka akan terdorong untuk melakukan eksplorasi bawah air, dengan tujuan bisa melihat pemandangan keluar kolam, atau hanya sekedar ingin dilihat dari luar.  Konsep kolam renang transparansi tersebut ternyata sudah diterapkan di rumah kediaman Bapak Yudi yang berkediaman di Jagakarsa dan juga rumah Ibu  Heni di lokasi Permata Hijau Jakarta Selatan. Keduanya memang menggunakan elemen kaca sebagai salah satu dinding kolam renangnya. Kendati kaca yang digunakan tidak setebal kaca standar, namun sudah cukup memenuhi syarat sebagai kolam renang transparansi. Dengan bergaya transparansi, kolam renang tersebut akan menaikkan daya tarik puluhan kali lipat dari jenis kolam renang biasa, dan ini memang tujuan utama pembuatan kolam renang ini, yaitu menimbulkan kesan modern, inovatif, mewah serta berfungsi sebagai sarana belajar renang model baru. Berani mencoba ?

5,990 total views, 8 views today

Do you like this post?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Share.

About Author

Keyakinan adalah salah satu prinsip dan misi hidup Ku. Ikhtiar dan Berdo'a Semoga kesuksesan selalu ada didepan kita.