Lika-Liku Bisnis Kolam Renang Abad 21

0

Bicara kolam renang, tentu sangat menarik, namun lebih menarik lagi jika mengupas sisi dibalik layar para kontraktor kolam renang. Adalah Solid Pool, kontraktor kolam renang yang kini menginjak usia 4 tahun ini mengaku punya sejuta suka duka selama menjalani usaha dibidang kolam renang.

Suka duka kami selama menjadi kontraktor kolam renang sangat beragam. Mulai dari memenuhi permintaan customer hingga bersaing di market yang luas” ujar Benny Kusnadi, pemilik Solid Pool ini. Menurut Benny, customer kolam renang, baik yang sudah memiliki kolam renang maupun yang akan membuat kolam renang, semakin hari semakin pandai. Mereka bisa membedakan mana produk yang berkualitas baik dan mana yang buruk. “Keunggulan kontraktor Solid Pool dibanding yang lain adalah kontraktor kolam renang kami mengadopsi sistim instalansi panelisasi dari Prancis yang pertama kali di Indonesia.

Manfaatnya lebih menghemat waktu saat pengerjaan kolam renang, keunggulan kedua, kami mengadopsi membrane liner, bekerjasama dengan pabrik langsung dari Jerman, merek Elbe blue line, dimana produk ini sudah sangat banyak dipakai di Indonesia karena kualitasnya yang sangat bagus, dan juga sudah lama dipercaya market Eropa dan Amerika sebagai solusi pembuatan kolam renang” papar Benny dengan bangga. Menurut Benny, Elbe Blue Line adalah merek pelapis kolam renang dan memiliki pabrik yang sudah berdiri selama 120 tahun di Jerman, untuk kredibilitasnya sangat meyakinkan dan sudah terbukti di banyak negara maju, termasuk Indonesia.

“Ada kepuasan tersendiri ketika saya bisa membantu customer untuk mendapatkan solusi atas permasalahan mereka, yaitu kebocoran kolam renang. Banyak pemilik kolam renang yang stress akibat kolam renangnya bocor, dan sudah ganti kontraktor kolam renang tapi masih saja bocor. Dengan teknologi liner yang kami miliki, akhirnya masalah mereka selesai, itulah kebahagiaan saya yang tak bisa ditukar dengan uang” ujar pemilik PT Artha Royal Mandiri, spesialis kontraktor kolam renang mengusung teknologi Jerman dan Perancis ini.Benny menjelaskan, mengapa pemilik kolam renang berbahan keramik lebih baik beralih ke finishing liner? Karena dengan sistim membrane maka kolam renang bisa berfungsi minimal 10 tahun dalam kondisi layak pakai, dan lupakan tentang kebocoran, karena didukung dengan teknologi Jerman berpengalaman hingga 120 tahun dibidang ini.

“Sebagai kontraktor kolam renang, kami tidak hanya mencari keuntungan, ada beban moral yang harus kami pikul, yaitu memuaskan customer minimal 10 tahun sejak kontrak pembuatan kolam renang pertama, dan teknologi membrane asal Jerman kami memenuhi impian semua customer kami, yaitu memiliki kolam renang anti bocor, aman dan nyaman” jelas Benny yang menekankan pentingnya berpikir investasi jangka panjang dari pada sekedar mempermasalahkan biaya awal. Ada suka, pasti ada duka. Sebagai kontraktor kolam renang yang masih relatif baru, Benny mengaku banyak hal yang harus dipelajari, terutama dalam hal memenuhi kemauan para customer. “Tantangan kami selama menjadi kontraktor kolam renang, lebih kearah proses mengedukasi customer. Jujur, produk kami masih baru dimata mereka, walau sebenarnya sudah lama di Indonesia. Dan proses mengedukasi inilah menjadi tantangan kami selama 4 tahun ini, namun kami optimis ini hanya soal waktu” ujar Benny bernada optimis.

Benny berpesan, jadilah customer yang cerdas, jangan hanya terpaku pada harga awal pembuatan kolam renang. Jika harga awalnya lebih mahal namun awet hingga puluhan tahun, secara jangka panjang itu lebih hemat, dari pada harga murah diawal tapi kedepannya selalu bocor. “Kekuatan sistim Elbe Blue Line ini menjadi andalan kami hingga berani memberi garansi sampai 10 tahun tanpa bocor, selama penggunaannya dalam batas wajar dan standar, artinya tidak membawa benda tajam didalam kolam renang untuk menggores atau apapun” jelas Benny yang mengaku sejak menggunakan teknologi ini para customer nya sangat puas. Benny menjelaskan, banyak customer yang ditangani kontraktor lain yang datang dan curhat bahwa kolamnya bocor, dan akhirnya menggunakan liner ini. Kita tahu bahwa keramik dan nut nya keramik, lama kelamaan jika lama kena air, itu akan mengelupas sendiri. Sehingga sela kecil itu lama kelamaan akan membuat kolam renang menjadi bocor. Jika sudah bocor, walau satu titik, dia akan bocor kemana-mana.

“Kaporit juga sangat berpengaruh pada kebocoran, untuk mereka yang sudah memakai produk membrane ini, juga perlu diawasi, karena umumnya menggunakan kaporit dengan langsung menabur ke kolam, itu cara yang salah. Yang benar, memberikan kaporit dalam filternya dulu hingga akan keluar dengan airnya” begitu cara Benny mengedukasi para customer nya hingga kolam renang menjadi awet dan tahan bocor hingga lebih dari 10 tahun. Mengupas suka duka menjadi kontraktor kolam renang, memang tidak ada habisnya. Masalah utama pemilik kolam renang memang relatif sama, baik kolam renang pribadi atau kolam renang umum, seperti kolam renang hotel hingga water park dan water boom. Yaitu kebocoran. Apalagi Indonesia adalah termasuk negara yang rawan gempa bumi. “Untuk bencana alam, faktor ini juga memberikan kontribusi cukup besar terjadinya kebocoran kolam renang. Sehingga jika terjadi gempa, pada beton, setiap kali ada pergeseran , itu pasti yang namanya keramik dan nuts akan retak, dan retaknya itu yang akan membuat kebocoran. Mungkin sekarang tidak bocor, tapi tidak tahu sebulan dua bulan kemudian” jelas Benny Kusnadi lagi.Benny menambahkan, tak perlu bicara gempa, disamping rumah ketika bangun rumah, pancang tiang atau apapun, itu juga yang akan menyebabkan pergeseran tanah dan akan menimbulkan kebocoran kolam renang.

“Kenapa kita perlu pakai liner ? Karena liner ini bahannya PVC khusus kolam hingga dia bersifat elastis ,dan karena elastic, saat terjadiya pergeseran, baik karena gempa bumi atau faktor apapun, itu tidak akan menimbulkan kebocoran apapun terhadap kolam renang” jelas Benny sambil mengedukasi kita semua. Benny sangat menyayangkan, masih banyak customer yang berpikir jangka pendek, ia merasa berat jika harus mengeluarkan biaya lebih mahal dari biaya pembuatan kolam renang cara konvensional, yaitu sistim keramik. “Perbandingan biaya antara berbahan dasar keramik dengan liner memang cukup mahal, namun kita bicara kualitas dan investasi jangka panjang itu menjadi sangat murah. Kalau kontraktor kolam renang yang berbahan keramik umumnya bergaransi hanya beberapa tahun, namun kami berani garansi kolam renang hingga 10 tahun bebas bocor” papar Benny dengan nada sangat yakin. Benny menggaransi bagi yang kurang percaya, jika selama 10 tahun ada kebocoran, dalam waktu 1×24 jam akan dilakukan proses penambalan kebocoran itu dan tanpa biaya apapun. Caranya dengan welding (menyambung dengan teknik pemanasan), ada teknik pembakaran khusus untuk tambal kolam renang berjenis liner ini.

Potensi kolam untuk kebocoran selalu ada, apakah faktor dari luar atau pun dari dalam, di lokasi mana pun saja. Dan faktornya sangat banyak, mulai dari masalah usia kolam renang, pergeseran tanah, getaran hingga faktor lainnya. “Saya mendirikan bisnis ini sudah hampir 4 tahun, disaat pertamakali usaha di dunia kolam renang dengan menggunakan teknologi panelisasi dan liner, jujur memang belum banyak orang tahu. Apa sih panel dan apa sih liner? Mereka lebih cenderung memilih mozaik, ke keramik. Itu jujur kendala kami yang pertama, namun pada akhnirnya mereka tidak puas juga menggunakan sistim keramik karena rawan bocor. Ini karena kata-kata customer saya sendiri yang awalnya pakai keramik saat dibuatkan oleh kontraktor lain, kini finishingnya menggunakan liner” jelas Benny panjang lebar. Benny mengaku telah mendapatkan puluhan projek kolam renang di Bali dan rata-rata mereka sudah tahu dengan produk liner ini. Bahkan ada yang datang dan langsung mau yang pakai PVC aja. Jadi menurut Benny, memang butuh waktu untuk mengedukasi sebuah produk baru, dan itulah tantangan terbesarnya sebagai seorang kontraktor kolam renang selama ini. “Sukanya berbisnis di bisnis kolam renang ini adalah tantangan buat saya, mengedukasi banyak orang itu merupakan sesuatu yang sangat menarik bagi saya. Disaat orang mencari solusi atas kebocoran kolam renang yang selama ini mereka cari, dan saya bisa memberikan solusi tersebut, ini kepuasan batin tersendiri dibisnis kolam renang dengan teknologi sistim liner dan sistim panel ini” papar Benny lagi yang mengaku sedang fokus melebarkan sayap atas nama PT Artha Royal Mandiri dengan beberapa layanan jasa. Benny bercerita, ia baru saja mengadakan pameran ICE di BSD beberapa waktu lalu, dan menemukan beberapa customer yang bilang begini “Akhirnya saya temukan apa yang selama ini saya cari, mau diganti kontraktornya berapa kali atau nuts yang terbaik sekali pun, tak memecahkan masalah, tapi teknologi ini bisa memecahkan masalah selama ini” ujar beberapa pengunjung pameran itu. “Kalau customer punya kolam dan mau ganti ke liner, keramik itu sebenarnya tidak perlu dibongkar, selama keramik itu kita nilai masih layak ya kita pakai, kita hanya perlu melapisi diatas permukaannya dengan liner ini” ujar Benny lagi. Benny berkeyakinan, prospek ke depan dengan pembuatan sistim liner ini sangat bagus karena beberapa pemain besar sudah menawarkannya untuk pembuatan kolam renang, salah satunya adalah projek Pemda DKI. Mereka sudah merencanakan memakai sistim liner juga. Ukuran olimpic size pool dan semi olimpic. Justru kolam besar ini jika pakai keramik, pembuatannya agak ribet, itu alasan pertama, yang kedua, jika terjadi kebocoran itu akan sangat besar biayanya dan merepotkan pemiliknya sendiri.

 

240 total views, 8 views today

Do you like this post?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Share.

About Author

Keyakinan adalah salah satu prinsip dan misi hidup Ku. Ikhtiar dan Berdo'a Semoga kesuksesan selalu ada didepan kita.