Makan Sebelum Berenang, Bolehkah ? Oleh Dr.Grace Puspasari.

0

dr-grace-puspasari_konsultan-nutrisi-dan-ilmu-gizi

PROFILE

Dr. Grace Puspasari berfokus dibidang ilmu gizi Fakultas Kedokteran Universitas Maranatha, Bandung. Pasion nya ingin membagikan pengetahuan tentang pola makan yang seimbang dan sehat.


Berenang merupakah olah raga yang sangat baik untuk kebugaran, dan sering juga direkomendasikan sebagai salah satu terapi pemulihan misalnya pasca operasi tulang, pada penderita osteoporosis, nyeri pinggang, juga pada penderita obesitas yang ingin menurunkan berat badannya

Namun bagaimana dengan asupan gizi sebelum berenang. Apakah sebaiknya kita makan sebelum berenang, seperti halnya dengan olahraga lainnya? Pada saat berenang, posisi tubuh dalam keadaan horizontal, sehingga jika lambung kita penuh saat berenang tentunya kita akan merasa mual, dan akan mengganggu performa kita saat berenang. Selain itu bagi orang yang mempunyai riwayat penyakit lambung akan mudah mengalami refluks asam lambung ke krongkongan, yang menyebabkan rasa seperti terbakar di dada. Namun di lain sisi berenang membutuhkan banyak energi sehingga jika kita tidak makan dahulu, supplai energi akan cepat habis dan kita akan merasa mudah lelah. Bagi atlit berenang, tentunya hal ini akan sangat merugikan.

Asupan makanan yang dianjurkan sebelum berenang adalah makanan ringan dalam porsi kecil dan konsistensinya cair yang dimakan 30 menit sebelum berenang, supaya lebih cepat diserap. Makanan utama (sarapan/makan siang/makan malam) sebaiknya dimakan 2 hingga 3 jam sebelum berenang. Sebaiknya jenis makanan yang dimakan sesaat sebelum berenang adalah yang tinggi karbohidrat, misalnya minuman isotonik, buah pisang, energy bar, untuk mengoptimalkan suplay energi saat berenang. Hindari makan makanan tinggi lemak dan tinggi serat sesaat sebelum berenang, karena lemak dan serat cenderung memperlambat waktu pengosongan lambung. Jika anda berenang pagi-pagi, sebaiknya sarapan dilakukan sekitar 1 jam setelah berenang

Saat berenang mungkin kita tidak merasakan haus, maupun berkeringat, namun sebenarnya tubuh kita sangat memerlukan hidrasi yang cukup. Oleh karena itu ingatlah untuk minum di antara waktu berenang, dan sesaat setelah berenang. Post work-out snack juga sangat penting untuk mengembalikan cadangan energi tubuh yang hilang saat berenang. Jenis makanan yang baik untuk post work- out misalnya biskuit, buah kering (kismis, kurma), dan roti gandum.

3,394 total views, 22 views today

Do you like this post?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Share.

About Author

Keyakinan adalah salah satu prinsip dan misi hidup Ku. Ikhtiar dan Berdo'a Semoga kesuksesan selalu ada didepan kita.