Manfaat Berenang Untuk Kesehatan

2

MANFAAT BERENANG TIDAK HANYA UNTUK MENJAGA KESEHATAN TETAPI JUGA MEMBENTUK TUBUH LEBIH INDAH. BERENANG PUN COCOK BAGI IBU HAMIL,  MEREKA YANG BERMASALAH DENGAN OBESITAS DAN PENDERITA GANGGUAN PERSENDIAN TULANG (ARTHRITIS). SELAIN MINIM RESIKO TERKENA CEDERA,  OLAHRAGA RENANG JUGA TERBUKTI MEMBUAT TUBUH AWET MUDA. BERIKUT MANFAAT LAINNYA YANG BISA ANDA DAPATKAN :

MENGUSIR STRES

Olahraga memang mampu mengusir stres. Begitu pun dalam gerakan renang yang dilakukan dengan santai dan perlahan, mampu meningkatkan hormon endorfin dalam otak sehingga suasana hati lebih tenang. Bersentuhan dengan air pun membuat tubuh lebih sejuk sehingga mempengaruhi suasana hati dan pikiran.

Berenang memang memiliki banyak manfaat tetapi juga tidak luput dari kekurangan. Satu-satunya kekurangan olahraga ini ialah tidak baik bagi kesehatan tulang. Tidak adanya gaya gravitasi bumi ketika berenang ternyata berpengaruh buruk pada massa tulang. Pengaruh buruk ini bisa Anda atasi dengan menyelinginya bersama olahraga lain, seperti bersepeda, berjalan kaki, atau jogging. Perhatikan juga keamanan ketika Anda berenang, terlebih jika Anda belum pandai berenang, pastikan ada yang mengawasi.

Hal lainnya yang perlu Anda perhatikan  ialah pemanasan sebelum berenang.  Lakukan pemanasan 10-15 menit, bisa dengan mengayunkan tangan dan kaki atau berjalan-jalan sekitar kolam renang. Dapatkan manfaat berenang untuk Anda dan juga untuk orang-orang yang Anda sayangi.

MELATIH PERNAPASAN

Berenang mampu memperkuat sistempernapasan, sehingga cocok untuk penderita asma. Gerakan dalam renangbisa membuat sistem pernapasan lebihpanjang dan tubuh sehat.

 MENINGKATKAN KEMAMPUAN FUNGSI JANTUNG DAN PARU-PARU.

Berenang bisa dikatakan sebagai latihan aerobik dalam air. Gerakan mendorong dan menendang air menggunakan anggota tubuh, khususnya kaki dan tangan, mampu memacu aliran darah ke jantung, pembuluh darah, dan paru-paru. Gerakan inilah yang mampu meningkatkan fungsi jantung dan paru-paru karena dilatih secara rutin,

  PEMBENTUKAN OTOT

Berenang mengharuskan Anda menggerakan hampir semua otot tubuh. Ketika bergerak di dalam air, tubuh pun harus mengeluarkan energi lebih besar karena harus melawan massa air yang mampu menguatkan dan melenturkan otot-otot tubuh. Gerakan ini secara tidak langsung dapat membuat otot lebih kencang dan berbentuk.

MENAMBAH TINGGI BADAN

Bagi anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan, berenang bisa membuat tubuh lebih tinggi. Bagi orang dewasa, berenang pun bisa memperbaiki postur tubuh sehingga bisa terlihat lebih tinggi.

2,158 total views, 10 views today

Do you like this post?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Share.

About Author

Keyakinan adalah salah satu prinsip dan misi hidup Ku. Ikhtiar dan Berdo'a Semoga kesuksesan selalu ada didepan kita.