Sentuhan Nuansa Natural Dalam Tren Warna 2018 di Industri Kolam Renang

0

Dalam dunia kolam renang, efek warna sangat memegang peranan penting. Warna yang sejuk yang menyatu dengan alam merupakan warna terbaik yang bisa disandingkan pada dinding sekitar kolam renang. Peran warna begitu penting, terutama untuk membangun unsur estetika dan juga mood pada setiap manusia. Jika disandingkan dengan kolam renang maka pengaruh warna pada dinding kolam renang akan menimbulkan efek ganda” ujar Claire Bond, Kainsai Paint Global Color Ambassador. Menurut Claire, industri kolam renang erat kaitannya dengan unsur estetika. Jika konsep pewarnaan lingkungan disekitar kolam renang harmoni, maka kolam renang itu memiliki daya Tarik yang sangat mempesona.

“Kami bukan saja ingin mengedepankan warna yang benar-benar mengekspresikan semangat dari sebuah tren, tapi juga sesuatu yang bisa digunakan oleh siapapun” ujar Claire Bond, pada acara Color Talk Show Kansai Paint pada tanggal 17 Oktober 2017 di Mandarin Hotel Jakarta. Dalam acara itu, Claire Bond menjelaskan betapa pentingnya peran warna dalam kehidupan, termasuk pemilihan warna untuk ornamen kolam renang. Ia menegaskan bahwa warna bisa berefek psikologis dan mempengaruhi suasana hati.

“Untuk pemilihan warna di sekitar kolam renang, sebaiknya pilihlah warna yang menyatu dengan alam, misalnya warna biru muda, hijau muda atau putih, jangan gunakan warna yang bertentangan dengan karakter alam” ujar Claire Bond. Dalam acara tersebut, Jemmy Haryono, Brand Manager Kansai Paint menegaskan bahwa produk cat ini merupakan salah satu produsen cat premium yang sangat paham terhadap tren warna dan kebutuhan konsumen. “Kebutuhan akan panduan tren warna global bagi pelaku kreatif industri, khususnya bidang desain interior dan arsitek untuk ciptakan karya-karya terbaik mereka” ujar Jemmy Haryono, brand Manager Kansai Paint pada acara tersebut. Ia menambahkan, rangkaian warna tersebut disesuaikan dengan cita rasa local hingga dapat disesuaikan dengan selera negara dan bahkan industri dari setiap negara tersebut. “Pada acara ini kami mengangkat topik sentuhan nuansa natural dan energik dalam tren warna 2018, dengan cara ini kami ingin mensosialiasikan ke masyarakat luas bahwa betapa warna memegang peranan yang sangat penting bagi semua sisi kehidupan” ujar Jemmy Haryanto menjelaskan. 

Jemmy menambahkan lagi, Kansai Paint merupakan produsen cat premium yang berkualitas dengan banyak ragam kebutuhan, mulai dari kebutuhan indoor hingga outdoor. Tahun 2018 Tim Warna Kansai Paint memilih warna Neutral of the Year. Neutral of the Year tahun 2018 adalah Amadeus. “Sapuan warna krem keemasan dengan sedikit karakteristik gelap namun bersahaja, pemilihan warna netral dimanfaatkan sebagai penyeimbang dari tren padu padan warna dan memberi fondasi yang kuat pertahankan beragam corak saat diaplikasikan secara bersamaan” papar Jemmy Haryo lagi.

Peran Warna Bagi Industri Kolam Renang

Tak dapat dipungkiri, peran warna begitu strategis untuk membangun karakter estetika dari identitas sebuah kolam renang itu sendiri. Ada banyak jenis kolam renang, mulai dari kolam renang transparansi (dinding kaca) hingga kolam renang natural (menyatu dengan alam). Semua kolam renang butuh warna pendukung agar pesan yang ingin disampaikan pemilik kolam sampai. Ada yang menghiasi dinding sekitar kolam dengan warna natural, namun ada juga yang mengkombinasikan dengan pagar kayu yang alami, semua punya warna yang harmoni.

“Warna memiliki sifat psikologi, ia juga bisa mempengaruhi kondisi suasana hati banyak orang, membangun karakter tertentu serta membangun brand image. Perpaduan warna yang asri dengan kolam renang akan menghadirkan suatu pengalaman tersendiri bagi setiap orang” ujar Jemmy Haryono. Ia menegaskan, ketika melakukan pemilihan warna disekitar kolam renang, tak mudah mencari warna yang secara universal bisa diterima semua orang. “Warna bersifat individu, tak bisa dikatakan satu warna bisa mewakili semua orang. Sangat sulit sekali menjawab bahwa warna A lebih mudah disuka banyak orang dari pada warna B. Setiap orang punya cara tersendiri untuk menyukai warna-warna yang ada. Warna itu bersifat pribadi dan tak bisa disamakan antara satu dengan yang lain” ujar Jemmy lagi secara panjang lebar.

Tren warna seiring dengan tren perkembangan kolam renang d Indonesia. Mengapa demikian? Karena keduanya memiliki karakter estetika yang kuat. Kolam renang perlu warna warna yang mendukung karakter mereka hingga nampak lebih harmonis dan kompak antara landscape dan kolam renang itu sendiri. “Di dunia barat, para arsitek kolam renang sangat berhati-hati dalam pemilihan warna untuk membangun kolam yang mereka buat. Mereka yakin, pemilihan warna yang tepat bisa membangkitkan energi positif yang dapat mendatangkan rasa bahagia bagi yang memandangnya” papar Claire Bond, seorang ahli warna yang berkelas dunia ini. Ia menambahkan, kehadiran Kansai Paint merupakan kabar gembira bagi semua profesi yang bergerak di industri artistik, termasuk arsitek kolam renang dan desain interior kolam renang. “Tahun ini Kansai Paint menghadirkan rangkaian tren warna yang menggabungkan inspirasi dari berbagai elemen kehidupan. Tak terkecuali untuk industry kolam renang” ujar Jemmy Haryono lagi sambil menutup pembicaraan.

310 total views, 4 views today

Do you like this post?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Share.

About Author

Keyakinan adalah salah satu prinsip dan misi hidup Ku. Ikhtiar dan Berdo'a Semoga kesuksesan selalu ada didepan kita.