Tempat Rekreasi Tengah Kota Bernuansa Desa I Kampung Main Cipulir

0

DI TENGAH MARAKNYA TAMAN BERMAIN ANAK, YANG KINI MAKIN DIMINATI KELUARGA DAN SEKOLAH, MULAI DARI KELAS SEDERHANA HINGGA MEWAH, TERNYATA ADA TAMAN BERMAIN DI JANTUNG KOTA JAKARTA SELATAN YANG FASILITASNYA LUMAYAN KOMPLIT NAMA TAMAN BERMAIN ITU BERNAMA KAMPUNG MAIN CIPULIR (KMC).

wisata-kampung-cipulir_1

wisata-kampung-cipulir_1

Rumah Betawi merupakan sarana pelengkap di Kampung Main Cipulir, begitu pula pendopo yang digunakan untuk lesehan keluarga, semua berfungsi untuk memberi rasa nyaman para tamu “jelas Hazli yang mengaku selalu kebanjiran orderan setiap liburan sekolah.

Kampung Main Cipulir terletak di Jl. Masjid Cidodol, belakang Komplek Cipulir Permai, Kebayoran Lama Jakarta Selatan. Awal mulanya, taman  bermain air ini berdiri tahun 2009, hanya berfokus pada wahana air berupa taman bermain air dan kolam renang, namun seiring dengan waktu berkembang ke jenis permainan yang lebih variatif. Mulai dari flying fox, outbond anak dan dewasa hingga kiddy rides.  “Jumlah pengunjung di Kampung Main Cipulir ini jika hari biasa sekitar 1000.

Pengunjung, dan jika hari libur mencapai 3000 hingga 5000 pengunjung per  hari” ujar Muhamad Hazli, manager operasional yang bertanggung jawab terhadap Taman Main Cipulir ini. Menurut Hazli, umumnya yang datang ke KMC ( Kampung Main Cipulir) adalah anak-anak, namun karena fasilitasnya sangat lengkap, kalangan dewasa pun banyak yang memanfaatkan tempat ini. “Untuk anak-anak, biasanya mereka menggunakan sarana wahana air, berupa kolam renang dan taman bermain air yang per Januari 2016 dibangun wahana baru yang lebih luas dan menarik lagi,  berkuda, kiddy rides (aneka permainan  menggunakan kereta listrik), perahu paddler dan outbond. Sementara untuk kalangan dewasa, disediakan outbond khusus dewasa, flying fox serta renang” papar Hazli menjelaskan.

Keunikan taman bermain Cipulir ini, sangat lengkap dan lokasinya ditengah kota namun suasananya masih sangat desa, sehingga udaranya masih segar  dan tenang. Bukan itu saja, harga juga  sangat terjangkau untuk ukuran keluarga menengah kebawah. “Tiket masuk ke KMC ini untuk hari senin hingga jumat Rp. 5.000,-  sementara untuk hari libur, Sabtu dan Minggu Rp 7.000,- harga itu diluar permainan yang ada didalamnya. Harga tiket masuk ke kolam renang Rp 15.000 untuk anak-anak, dewasa Rp 20.000, namun ketika wahana air yang baru sudah selesai dibangun, harga mengalami perubahan, untuk anak-anak Rp 20.000 dan dewasa Rp 30.000 ” ujar manager pengelola KMC ini sambil menjelaskan berbagai wahana sekitar tempat itu.  Mulai Rekreasi Keluarga, Membangun Team Work Hingga Membangun Karakter Anak Keunggulan tempat ini menekankan pada 3 wahana, yaitu lesehan, outbond dan kolam renang. Untuk lesehan, lokasi seluas 3,5 hektar ini menggunakan konsep gaya betawi tempo dulu. Lesehannya dibuat seperti rumah berbentuk pendopo tanpa dinding. “Seperti namanya, kami menawarkan pendopo ala Betawi untuk acara kumpul-kumpul. Pendopo ini biasanya digunakan untuk lesehan, hingga para keluarga bisa bersantai ria sambil melihat sekeliling yang dipenuhi berbagai wahana permainan. Atap pendopo diberi saung hingga tidak membuat panas di bagian dalamnya “ ujar Hazli. Menurut Hazli, pendopo itu disewakan dengan harga yang tak terlalu mahal, yaitu Rp 500.000 / hari. Selain pendopo ada rumah betawi. Rumah ini sangat anggun, lengkap dengan fasilitas penginapan. Biasanya digunakan untuk bermalam para guru saat mengadakan acara perkemahan sekolah.

3,961 total views, 14 views today

0%
0%
Terima Kasih Telah Berkunjung Di Website Swimming Pool IDEA. Apabila Artikel Ini Cukup Berguna Bagi Pembaca, Berikan Penilain Vote Star Dan jangan Lupa Share Keteman Anda Ya Terima Kasih.
  • User Ratings (1 Votes)
    1.9
Do you like this post?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Share.

About Author

Keyakinan adalah salah satu prinsip dan misi hidup Ku. Ikhtiar dan Berdo'a Semoga kesuksesan selalu ada didepan kita.