Train Hard And Never Give Up Oleh Atlit Ratih Atmaja

0

RENANG BAGI KANIA ADALAH KESENANGAN SEJAK KECIL. AWAL MULA SEBELUM MENJADI ATLET NASIONAL RENANG, KEDUA ORANGTUANYA RAJIN MENGAJAK KANIA LOMBA RENANG. KENDATI BELUM MENDAPAT JUARA, SETIDAKNYA SUDAH TERBENTUK MENTAL BERKOMPETISI SEJAK DUDUK DI TK. “SEWAKTU DI BALI, KEDUA ORANG TUA SAYA SELALU MENGIKUTSERTAKAN SAYA LOMBA RENANG. UNTUNGNYA, DENGAN CARA SEPERTI ITU, SAYA LEBIH PERCAYA DIRI BERLOMBA RENANG DARI KECIL HINGGA SEKARANG” UJAR ANAK KETIGA DARI TIGA BERSAUDARA PASANGAN AA GD AGUNG MAYUN DHARMA ATMAJA (ALM) DAN  AA OKA MASYUNI SARI HATI  INI.

Ketika dibangku SMP, Kania sudah sangat ingin ikut PON (Pekan Olahraga Nasional) ditahun 2012 dan niat itu kesampaian juga. “Ketika  bergabung kedalam sebuah klub olahraga renang di Bali, saya mengikuti banyak sekali perlombaan renang. Dan dari situ, bakat renang saya sudah terlihat oleh pihak klub” ujarnya yang mengaku sudah masuk peringkat atlet muda berprestasi dibawah umur pada waktu itu.

Seiring dengan perjalanan waktu, prestasi Kania makin terlihat, dan puncaknya ketika ia ditawari oleh Klub Millenium menjadi atlet nasional, ia menyambut baik penawaran itu. “Sejak masuk ke pelatnas Klub Millenium, saya makin giat berlatih dan ikut berbagai macam kejuaraan renang. Dan semua itu menambah rasa percaya diri saya” ujar atlet muda yang hobi gambar diwaktu luang dan suka Anjing ini. Bicara latihan, Kania mengaku rutin berlatih renang 6000 sampai 7000 meter setiap hari. Dan itu biasanya 20 sampai 21 kali bolak balik. “Latihan itu kewajiban, saya rutin berlatih renang bersama pelatih dan teman atlet yang lain setiap hari. Ada programnya. Biasanya antara 6000 hingga 7000 meter dengan diselingi istirahat satu hingga dua menit, dan itu untuk semua gaya” ujar atlet pemuja warna putih dan pemuja Nick Vujinic ini.

Ketika ditanya, apa yang membuat dirinya tetap percaya diri ketika bertanding di lapangan ?

“Yang membuat saya confidence adalah kualitas latihannya dulu. Kalau latihannya benar dan bagus, pasti saat pertandingannya juga bagus. Harus yakin. Yakin pada diri sendiri dulu, yakin saya bisa, ya pasti bisa. Istilahnya sudah menang dimentalnya dulu” ujar atlet yang berzodiak Gemini dan bershio macan ini. Menurut Kania, untuk posisi renang di Sea Games,  masih dipegang oleh Singapura. Dan ia menilai, Singapura kuat karena didukung dengan teknologi yang memadai.

1,607 total views, 6 views today

Do you like this post?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Share.

About Author

Keyakinan adalah salah satu prinsip dan misi hidup Ku. Ikhtiar dan Berdo'a Semoga kesuksesan selalu ada didepan kita.