Distributor

Wika Heat Pump Pemanas Air Kolam Renang

Wika Heat Pump Pemanas Air Kolam Renang Hemat Listrik Hingga 75%

Kebutuhan pompa pemanas air kolam renang (heat pump) dari waktu ke waktu kelihatannya sudah mulai merangkak naik. Walau, image yang beredar, Wika Heat Pump Pemanas Air Kolam Renang ini terkesan kebutuhan mewah, namun sebenarnya tidak demikian.Alat pemanas kolam renang, teknologi baru, masuk ke Indonesia tahun 2008. Cara kerja alat ini sederhana, energi dimanfaatkan dari udara sekitar dan diserap oleh evaporator. Sumber utama menggunakan energi listrik tapi energi listriknya kecil karena dia hanya menjalankan untuk kompresor dan kipas saja” ujar Umar Prihadi, Direktur Linggojati Utama Wika Center yang berlokasi dibilangan Jatiwaringin Pondok Gede Jakarta Timur. Menurut Umar, Ada perbandingan COP (Coefesien of Performance) pada pompa pemanas ini, dengan daya yang satu bisa menghasilkan kemampuan panas yang empat. Satu banding empat, jika 1000 watt, heat pump produk Wika  bisa menghasilkan panas 5000 watt. Itulah sebabnya kenapa alat ini banyak diminati para kontraktor kolam renang. “Mengapa demikian? Karena untuk memanaskan kolam renang umumnya pakai gas, boiler dan pakai sumber listrik.  Kita tahu kalau pakai gas, resikonya tinggi, cost operasionalnya besar, apalagi pakai BBM solar itu juga boros, dan juga jika pakai listrik , paling kecil saja sudah 16.000 watt, itu sangat memakan banyak biaya” jelas Umar secara tegas.

Ia menambahkan, dulu untuk air panas kolam renang sangat eksklusif , kehadiran heat pump ini menjadi solusi bagi orang-orang yang membutuhkan air panas namun dengan budget yang cukup rendah. “Mengapa heat pump banyak diminati, menggantikan gas, elektrik dan solar?  karena terbukti lebih hemat dan memiliki resiko paling kecil” jelas Umar saat ditemui Tim Swimming Pool IDEA di kantornya. Umar menjelaskan, perbandingan sederhananya, jika daya listrik untuk elektrik heater biasa umumnya 16.000 watt, berarti input energinya juga 16.000 watt, kalau heat pump hanya 950 watt tapi panas yang dihasilkan bisa sampai 5.800 watt. Ini sangat hemat. “Awalnya teknologi ini tidak dipercaya, namun seiring dengan waktu, masyarakat mulai mencoba dan satu demi satu membuktikan betapa hemat alat ini maka akhirnya banyak yang membeli karena sudah terbukti” jelas Umar yang kini mulai kebanjiran pemesanan heater pump rumahan. Ia menambahkan lagi, kalau air panas itu hanya media saja, yang dibahas hanya kalor, bicara kalor berarti bicara energi. Energi ini disesuaikan  dengan luas dari kubikasi kolam renang itu sendiri. Yang paling penting adalah suhu air baku dan suhu air yang diinginkan.

“Suhu air baku Jakarta jelas beda dengan suhu air bakunya Bandung atau daerah lainnya. Kita harus tahu juga berapa suhu ideal untuk pemanasan” jelas Umar lagi. Umar melihat, Heat pump saat ini terkenal sangat mahal, namun dengan kehadiran WIKA heat pump ini harganya relatif terjangkau dan cost operasionalnya murah. “Jadi orang berpikir untuk beli pemanas air kolam renang mahal ternyata tidak sama sekali, dari sisi purna jual dan operasional,  tapi berkelanjutan pun akan selalu murah karena saya bilang tadi, perbandingannya 1 : 4 COP nya itu” jelas Umar  dengan berkeyakinan mengatakan produk Wika heat pump akan booming.

Umar menekankan, bicara garansi, heat pump memberikan 3 tahun, ada 3 jenis heat pump, yaitu 5,8 Kw inputnya itu Cuma 900 watt untuk Zakuzi, itu sekitar 10 kubik. Untuk kolam renang umum tipe 8,8 kw dengan 1700 watt untuk 20-30 meter kubik. Sisa dari itu mungkin di 60 kubik perhitngannya sudah perkalian, kali dua, kali tiga dan lain-lain “ Kami sarankan jika diatas 60 kubik,  pakai yang besar, gunakan 52 kw,  itu wattnya 10.000 watt, bisa panaskan air sebesar 100.000 liter atau 100 kubik,” jelas Umar yang mengaku puas dengan kualitas heat pump Wika yang terkenal tangguh ini. Umar menegaskan, produknya berasal dari BUMN, Wijaya Karya produk putra bangsa.  Kenapa mereka memilih pompa air panas Wika? Mereka butuh jaminan, dan itu tidak bersifat hit and run, Wika selalu ada sampai kapan pun, selama negara ini masih berdiri maka Wika selalu ada di tanah air ini. “After sales servise dan pelayanan purna jual kami tanggung penuh. Jadi, tidak ada kekhawatiran jika alat ini rusak tidak ada spart part atau layanan service, semua tersedia dengan baik dan terjamin” papar Umar lagi. Ia menambahkan, alat ini bersifat out door, prinsip kerjanya seperti AC , dia menghisap udara panas dan hasilkan udara dingin. Udara panasnya itu diserap oleh Heat Exchanger (HE)  untuk disalurkan ke media air panas untuk kolam renang.  Jadi sistimnya sirkulasi. “Dari adanya hisapan udara panas otomatis ada udara dingin yang dihasilkan. Karena sifat dasar freon seperti itu , nah udara dinginnya itu kita buang ke sekitar atau dimanfaatkan untuk ruang pendingin seperti fungsi AC. Ini bisa berfungsi ganda, fungsi utama untuk menghangatkaniar kolam renang, dan fungsi kedua untuk pendingin ruangan” papar Umar panjang lebar.

Apa keunggulan Wika Heat Pump ?

Mungkin ada pembaca yang bertanya, mengapa harus memilih heat pump Wika? Bukankan ada banyak merek heat pump lain yang tersedia di  pasar?

“Pertama,  produk dalam negeri, artinya semua spart part selalu tersedia di negeri ini dan layanan after sales sangat bagus,  kedua, kami sudah mendapat TOP BRAND yang menurut kami itu tidak mudah, ketiga pelayanan kami kepada konsumen yang selalu ada di seluruh Indonesia. Ini yang tak dimiliki competitor kami. Dan yang terakhir nama besar Wijaya Karya (WIKA) sebagai perusahaan BUMN yang bereputasi bagus dan milik Negara” jelas Umar yang mengaku banyak mendapat pujian karena kualitas  pompa pemanas air kolam ini berkualitas tinggi.

Jika ada yang bertanya, kok hanya 3 tahun garansinya, apakah memang kekuatan heat pump itu selama itu?

Heater Pump Wika pertama kali dipasarkan ke market Indonesia tahun 2008, dan beberapa klien kami sejak membeli produk ini sampai sekarang heat pump mereka masih berjalan sangat baik dan stabil, artinya sudah menembus masa garansi dan sudah berjalan selama 9 tahun masih bagus” jelas Umar menjelaskan tentang garansi. Ia menambahkan lagi, untuk perawatannya tidak perlu perlakuan khusus, prinsip kerjanya seperti AC , hanya pembersihan evaporator saja , disemprot bagian belakangnya, kisi – kisinya itu pakai steam (semprot air ) dan selesai.

“Untuk tingkat kebisingan hanya 62 Db, tidak mengganggu sekitar dan maksimum panas sampai 40 derajat dan itu bisa diatur tingkat suhunya” papar Umar jelaskan tentang tingkat kebisingan pompa ini. Umar menjelaskan, untuk proses pembeliannya harus dipasang dari pihaknya, tidak seperti beli TV, karena  harus mengukur segala hal dan memastikan semuanya berjalan baik, ini seperti sistim, jadi tim Wika Heat Pump  yang bertanggungjawab untuk proses pemasangannya.

“Untuk penggunaan heater pump ini rata-rata masih 90% rumah tinggal, namun lambat laun tren nya sudah mulai merata, yaitu perhotelan, apartemen hingga water boom” jelas Umar lagi. Ia menekankan, fungsi kolam renang air panas secara garis besarnya ada dua, yaitu untuk rileksasi dan terapi. Jika lelah usai beraktivitas, alangkah nikmatnya berendam di air hangat dan peredaran darah menjadi lebih lancar dan sehat. Heat pump ini juga sudah dipasang di Rumah Stroke Fatmawati sebagai terapi stroke, membantu banyak sekali pasien yang mengalami gangguan pembuluh darah otak, dan juga Rumah Disabilitas di daerah Cempaka Putih.

 

 

745 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Do you like this post?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
SHARE
RELATED POSTS
Fluidra Berkomitmen Menjaga Kesejahteraan dan Kesehatan Masyarakat Melalui Penggunaan Air yang Berkualitas
Kami Siap Bersaing Dengan Kekuatan Penuh di Wilayah Asia, Indonesia Sebagai Salah Satu Fokus Market Kami
Wood Plastic Composite, Khusus Wood Deck Kolam Renang