Klinik Kesehatan

Aktivitas Renang Terbukti Sangat Bagus Bagi Kesehatan Jantung

Aktivitas Renang Terbukti Sangat Bagus Bagi Kesehatan Jantung

Vidya Gilang Rejeki, Sp. JP, Spesialisasi: Jantung & Pembuluh Darah

Aktivitas Renang Terbukti Sangat Bagus Bagi Kesehatan Jantung

Aktivitas Renang Terbukti Sangat Bagus Bagi Kesehatan Jantung

Aktivitas Renang Terbukti Sangat Bagus Bagi Kesehatan Jantung

Berenang merupakan suatu jenis olahraga aerobic yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Olahraga ini sangat dianjurkan untuk kesehatan jantung baik sebagai pencegahan primer terhadap penyakit jantung ataupun sekunder. Pencegahan sekunder maksudnya adalah pada pasien yang sudah dideteksi ada penyakit jantung agar tidak terjadi serangan ulang ataupun perburukan dari level penyakitnya.

Berenang memiliki banyak manfaat karena gerakannya yang cukup dinamis dengan pergerakan aktif pada seluruh sendi sehingga dapat meningkatkan kekuatan, fleksibilitas, koordinasi dan keseimbangan tubuh.

Berenang dapat menurunkan tekanan darah, nadi saat istirahat dan melancarkan peredaran darah, selayaknya pada olahraga aerobic lainnya seperti berjalan, jogging, berlari, dan bersepeda.

Hal ini terwujud dari regulasi stress hormones saat olahraga dan adaptasi sehingga kapasitas aerobic meningkat dan membuat jantung tidak mudah terstimulasi dalam meningkatkan nadi sehingga mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular.

Studi oleh Nualnim dll dalam American journal of cardiology melaporkan penurunan tekanan darah yang siginifikan sebanyak 9 mmHg setelah 12 minggu olahraga renang yang kontinyu pada penderita hipertensi di atas usia 50 tahun dan membuktikan bahwa perenang rutin memiliki peningkatan compliance pembuluh darah arteri sebanyak 21% lebih baik serta respon hormonal (cardiovagal baroreflex sensitivity) yang lebih baik.

Perbaikan kadar kolesterol darah juga merupakan keuntungan yang dapat didapat dari berenang. Total kolesterol, trigliserida dapat menurun, serta meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).  Hal ini merupakan hasil dari mobilisasi lemak saat berenang.

Pada pasien dengan penyakit jantung, berenang sangatlah baik termasuk pada pasien pasca tindakan pemasangan stent ataupun open heart surgery, namun, tentunya harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter jantungnya untuk jenis gerakannya serta waktu latihannya dan setiap pasien memiliki kapasitas dan peresepan latihan fisik yang berbeda – beda.

Jadi, kapan jadwal berenang anda?  SELENGKAPANYA DI SINI  

Ditulis oleh : Haris Sanjaya ( karya tulis ini dilindungi undang-undang, dilarang meng copy paste kecuali  ijin penulis)

297 kali dilihat, 6 kali dilihat hari ini

Share your vote!


Do you like this post?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
SHARE
Keyakinan adalah salah satu prinsip dan misi hidup Ku. Ikhtiar dan Berdo'a Semoga kesuksesan selalu ada didepan kita.
View Website
RELATED POSTS
Efek Berenang dan Hydrotherapy Pada Otot, Tulang dan Sendi
Cheers, Air Minum Alkaline
Makan-sebelum-berenang
Makan Sebelum Berenang, Bolehkah ? Oleh Dr.Grace Puspasari.