Klinik Kesehatan LIFE HEALTH

DAMPAK AKTIVITAS RENANG TERHADAP KESEHATAN MATA

DAMPAK AKTIVITAS RENANG TERHADAP KESEHATAN MATA

Berenang merupakan aktivitas yang sangat menyehatkan. Namun, jika tak memperhatikan hal-hal yang merusak kesehatan, maka akan berakibat fatal. Berikut penjelasannya dari dokter spesialis mata.

Aktivitas berenang memang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh, apalagi jika dilakukan secara teratur dengan durasi yang tepat, tentu saja efeknya bagi kesehatan semakin signifikan. Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang korelasi antara aktivitas renang dengan kesehatan mata. Bagaimana cara menjaga kesehatan mata untuk para perenang? Benarkah menggunakan kacamata renang merupakan kewajiban selama kita berenang?

Pentingnya Menggunakan Kacamata Renang

Dokter Dian juga menambahkan bahwa saat kita berenang di kolam renang, terdapat begitu banyak hal yang mungkin terjadi jika kita tak menggunakan kacamata renang. Oleh karena itu, menggunakan kaca mata renang sangat dianjurkan agar mata senantiasa terlindungi.

“Jika kita tak menggunakan kaca mata renang saat berenang di kolam renang, dan bahkan mata dalam posisi melihat di dalam air kolam renang, ini sangat tidak dianjurkan bagi kesehatan mata. Mayoritas air kolam renang mengandung bahan kimia, contohnya klorin. Klorin dalam kadar pH yang sesuai dengan pH tubuh kita (7.2-7.8) sebenarnya jarang berdampak negatif pada mata. Namun, pada beberapa individu yang lebih sensitif, dapat terjadi iritasi pada mata, atau mungkin reaksi alergi. Gejalanya antara lain adalah mata merah, berair, gatal, pedih, dan tidak nyaman,” jelas dr. Dian Astriani, Sp. M

Menurut beliau, air kolam renang juga dapat mengandung bakteri dan parasit yang tidak mati meskipun dengan pemberian klorin. Salah satu contohnya adalah Acanthamoeba sp. Parasit ini dapat menyebabkan infeksi mata, terutama pada orang yang menggunakan lensa kontak saat berenang.

“Gejalanya adalah mata merah yang terasa sangat nyeri, berair, mengeluarkan kotoran, dan disertai penurunan ketajaman penglihatan. Infeksi seperti ini membutuhkan penanganan medis yang cepat dan tepat, untuk menghindari risiko penglihatan buram permanen,” jelas dokter spesialis mata yang berpraktek di RS Pondok Indah – Bintaro Jaya ini.

Beberapa hal yang perlu dilakukan agar kesehatan mata kita tetap terjaga.

“Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mata kita, antara lain dengan mengonsumsi makanan sehat, berolahraga teratur agar terhindar dari obesitas dan risiko penyakit sistemik (misalnya diabetes mellitus) yang dapat berdampak buruk pada mata, serta memeriksakan kondisi mata secara teratur,” ujar dr. Dian lagi.
Selain penjelasan beliau sebelumnya, dr. Dian juga menambahkan hal-hal lain yang wajib diperhatikan untuk senantiasa menjaga kesehatan mata kita. Berikut penjelasannya.

“Agar kesehatan mata tetap terjaga, hindari paparan sinar matahari langsung. Jangan memakai obat tetes, ataupun membilas mata dengan bahan yang tidak terjamin keamanannya. Hindari juga konsumsi obat-obatan atau jamu-jamuan yang tidak terjamin keamanan kandungannya. Usahakan untuk berhenti merokok, dan hindari asap rokok, juga hindari pula mengucek mata terlalu keras karena dapat menyebabkan luka pada mata,” papar beliau.

Makanan Yang baik Untuk Kesehatan Mata

Ternyata, menjaga kesehatan mata juga tak hanya berhubungan dengan upaya fisik seperti yang dr. Dian singgung sebelumnya. Ia juga menjelaskan pentingnya mengonsumsi asupan makanan yang berhubungan dengan kesehatan mata berikut ini.

“Banyak makanan yang bisa membantu menjaga kesehatan mata, antara lain makanan yang kaya akan vitamin, mineral, serta antioksidan, khususnya vitamin C dan Vitamin E, Lutein, zeaxathin, zinc, serta omega 3. Nutrien ini terkandung dalam sayuran berdaun hijau, buah-buahan diantaranya jeruk, apel, lemon, kiwi, pepaya, telur, juga kacang-kacangan, serta ikan seperti salmon dan tuna,” jelas dr. Dian.

Berenang Meningkatkan Kesehatan Mata

Mata merupakan indera kita yang sangat berharga, yang sudah sepantasnya kita jaga setiap saat. Menurut dr. Dian, ternyata aktivitas berenang menjadi salah satu olahraga yang bisa membantu peningkatan kesehatan mata.

“Berenang, seperti halnya olahraga lain, dapat meningkatkan aktivitas kardiovaskular yang akan mengantarkan lebih banyak oksigen dan nutrien penting ke seluruh jaringan tubuh, termasuk mata. Jika didukung oleh pola hidup sehat lainnya, berenang dapat meningkatkan kesehatan mata dan seluruh bagian tubuh,” jelas dr. Dian.

Hal yang Harus Dihindari Saat Berenang

Menurut dr. Dian, ada beberapa hal yang harus dihindari selama berenang, di antaranya yaitu menghindari berenang tanpa menggunakan kacamata renang, karena mata akan terpapar langsung dengan air kolam renang dan berisiko terjadi iritasi maupun infeksi. Beliau juga amat tidak menyarankan untuk menggunakan lensa kontak saat berenang, karena dapat meningkatkan risiko infeksi oleh bakteri dan parasit Acanthamoeba sp. yang mengancam ketajaman penglihatan.

“Kandungan klorin serta bahan kimia lain dalam air kolam renang dapat membilas lapisan air mata yang melekat pada permukaan mata kita. Lapisan air mata tersebut memiliki fungsi untuk menjaga permukaan mata tetap halus, lembab, dan jernih, yang sangat penting agar kita dapat melihat dengan jelas. Ketika lapisan tersebut terbilas, mata menjadi lebih kering dan terpapar oleh lingkungan luar, sehingga timbul gejala iritasi yaitu mata merah, tidak nyaman, pedih, dan berair. Mata kering juga akan meningkatkan risiko infeksi oleh bakteri, virus, maupun parasite,” jelas dr. Dian menjelaskan alasan mengapa mata menjadi merah usai berenang.

Menurut dr. Dian. Untuk mengobati mata merah usai berenang, Anda bisa menggunakan tetes air mata buatan sebagai pertolongan pertama pada gejala iritasi ringan. Namun bila gejala tidak membaik, terdapat rasa nyeri, apalagi jika disertai oleh penurunan ketajaman penglihatan, segera periksakan ke dokter spesialis mata untuk evaluasi dan penanganan lebih lanjut.

Demikian pembahasan sekilas tentang korelasi aktivitas berenang terhadap kesehatan mata. Agar aktivitas renang Anda tetap aman dan menyenangkan. Selalu gunakan kacamata renang ketika sedang berenang, gunakan tetes air mata buatan sebelum dan sesudah berenang agar lapisan air mata tetap terjaga dan mata selalu dalam keadaan lembab.

Setelah berenang. Bilaslah wajah dengan mata tertutup menggunakan air bersih atau air mineral untuk membilas sisa klorin. Dan banyak minum air putih agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik serta terhindar dari risiko mata kering. Selain itu, hindari penggunaan lensa kontak saat berenang.

367 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Share your vote!


Do you like this post?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
SHARE
Keyakinan adalah salah satu prinsip dan misi hidup Ku. Ikhtiar dan Berdo'a Semoga kesuksesan selalu ada didepan kita.
View Website
RELATED POSTS
Dampak Aktivitas Renang Terhadap Kesehatan Kulit
Seberapa Besar Efek Aktivitas Renang Terhadap Kesehatan
Efek Aktivitas Renang Terhadap Daya Ingat Setiap Orang?
MENGAPA DOKTER SANGAT MENGANJURKAN KITA RENANG ?