DIREKTORI Kontraktor

Fungsi Kolam Renang Segarkan Halaman Rumah

TERNYATA KEHADIRAN KOLAM RENANG DI RUMAH TAK HANYA SEBATAS FASILITAS OLAHRAGA SAJA, TAPI EFEKTIF MENYEGARKAN SUASANA RUMAH, SEPERTI APA PENJELASANNYA?MEMBANGUN FASILITAS KOLAM RENANG DI RUMAH TERNYATA TAK SEKEDAR MEMENUHI KEBUTUHAN UNTUK BEROLAHRAGA DAN HOBI BERENANG SAJA LHO! APALAGI JIKA ANDA MENEMPATKAN KOLAM RENANG DI BAGIAN TAMAN BELAKANG RUMAH YANG BERUKURAN CUKUP LUAS.

Manfaatkan kekosongan area yang baru terpenuhi halaman rumput dan beberapa tanaman ini dengan kolam renang sehingga dapat menambah nilai kenyamanan dan keindahan di rumah.
Dijamin, Anda sekeluarga dan siapapun yang berada di sekitar kolam seketika akan merasa nyaman. Hal ini disebabkan oleh adanya unsur air yang mengisi kolam renang itu sendiri.

Air diyakini oleh ahli bangunan dan Feng Shui membawa ketenangan. Hasilnya, rumah menjadi bertambah asri dan sejuk. Bunyi gemericik air juga dapat membawa kesan rumah tersebut dekat dengan nuansa alam dan lebih “hidup”.

Penempatan kolam renang

Jika ditempatkan pada lokasi yang tepat dan cukup pencahayaan maka kolam renang akan dapat meningkatkan sirkuasi udara dan cahaya di rumah.
Efek rasa nyaman ini juga akan mempengaruhi estetika rumah tersebut. Kolam renang secara tidak langsung mampu menaikkan nilai sebuah rumah karena menunjukkan prestise dan selera dari pemiliknya yang berkelas.

Dengan adanya kolam renang, rumah jadi terkesan mewah. Selain itu, sang pemilik memiliki alternatif tempat untuk menyelenggarakan pesta ataupun acara keluarga lainnya.
Jika Anda berencana membangun kolam renang sesuai impian, barangkali selama ini Anda hanya fokus pada bentuk dan luasnya. Namun, sebenarnya masih ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membangun kolam renang:

1. Desain bangunan rumah

Pilihan desain rumah Anda akan mempengaruhi bentuk dan besar kolam renang. Hal ini dimaksudkan agar keseluruhan konsep hunian tetap terjaga. Misalnya untuk rumah bergaya klasik, kolam renang yang pas adalah bentuk persegi empat dengan desain yang kaku. Berbeda dengan rumah bergaya minimalis, bentuk kolam renang bisa lebih bebas, tak hanya kotak dan lingkaran namun bisa berupa lekuk-lekuk. Cermati jika yang kerap menggunakan kolam renang adalah anak-anak Anda, lebih baik membuat kolam berbentuk lingkaran (bersudut tumpul).

2. Luas kolam harus lebih kecil daripada area taman di halaman

Jadi Anda tidak akan kehilangan area taman dan dapat memberikan sedikit area di pinggir kolam yang dinamakan area kering. Area khusus ini dapat menggunakan bahan keramik ataupun batu alam. Ukurannya kira-kira 10 persen dari luas bangunan.

3. Cukup Pencahayaan

Kolam renang yang nyaman juga dipengaruhi oleh tata cahaya yang cukup. Sebenarnya ini menyangkut selera Anda, apakah memang benar ingin mendapat cahaya terang atau tidak terlalu terang alias redup. Arah yang tepat biasanya berada di selatan taman karena intensitas cahayanya tidak terlalu terang. Sementara itu, Anda dapat menggunakan lampu khusus pada malam hari sehingga kolam renang dapat tetap terlihat indah.

4.Tingkat Kedalaman

Sesuaikan dengan kebutuhan Anda sekeluarga. Jika seluruh anggota keluarga sudah mahir berenang, Anda dapat membangun kolam dengan kedalaman 2 meter. Namun jika masih ada yang belum bisa berenang, sebaiknya bangun kolam yang berukuran landai dan berlantai miring. Jadi, jika suatu saat ada orang yang belum mahir berenang tak perlu was-was dan bahaya berada di kolam tersebut.

5.Letak kolam renang dengan rumah tetangga.

Sebagian besar orang selama ini membangun kolam renang outdoornya di halaman belakang atau samping demi alasan privasi. Jika Anda menomorsatukan penerapan Feng Shui, bisa juga membangun kolam renang di halaman depan rumah. Namun yang juga penting diingat, jangan sampai keberadaan anggota keluarga yang lebih sering di kolam renang mengganggu kenyamanan tetangga.

6.Sediakan dana yang cukup untuk perawatannya.

Dalam hal ini, perawatan kolam renang tak sekedar pengeluaran bahan penjernih air namun juga memperhitungkan dana khusus untuk membayar petugas yang merawat kolam sekitar Rp 600.000,- hingga Rp 3.000.000,- setiap bulan. Selain itu, rekening listrik di rumah Anda akan bertambah karena adanya pompa air dan air mancur serta makin meningkatnya rekening air untuk mengisi kolam renang .

Untuk perawatannya, kolam renang tak perlu sering-sering dikuras seperti bak mandi. Hanya saja, kolam tersebut harus dijaga sirkulasi air dan filterasinya serta teratur menambahkan bahan kimia.

* Jika dicurigai ada kebocoran, pertama cek dulu kebenarannya. Anda dapat menaburkan bedak ke air kolam. Lihat butir bedak tersebut, apakah akan lari ke titik kolam yang bocor.

* Apabila ada keramik yang lepas, segera perbaiki. Setiap kali memperbaiki, kolam perlu melalui proses waterproofing agar mendapatkan lapisan kedap air.

(puspa jaya group / berbagai sumber)

331 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Share your vote!


Do you like this post?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
SHARE
Keyakinan adalah salah satu prinsip dan misi hidup Ku. Ikhtiar dan Berdo'a Semoga kesuksesan selalu ada didepan kita.
View Website
RELATED POSTS
Batu Alam Elemen Utama Pembangun Kolam Renang Nuansa Alam
Walaupun usianya baru seumur jagung, Namun Telah Dipercaya Sebagai Autorized Distributor Of Astral Pool-Fluidra di Indonesia
Wood Plastic Composite, Khusus Wood Deck Kolam Renang