KOMUNITAS

Investasi Menggiurkan Kolam Renang Rumahan

Investasi Menggiurkan Kolam Renang Rumahan

BICARA INVESTASI TENTU PEMIKIRAN KITA LEBIH KEARAH SAHAM, EMAS, PROPERTI DAN BISNIS. PADA KENYATAANNYA, BANYAK SEKALI JENIS INVESTASI YANG LUPUT DARI PERHATIAN BANYAK ORANG. MISALNYA PENGADAAN KOLAM RENANG. TERLEPAS DARI APAKAH KOLAM RENANG ITU BERBENTUK STANDAR, MINIMALIS  ATAU CUSTOMIZE.

investasi-menggiurkan

investasi-menggiurkan

Rumah yang memiliki kolam renang, bernilai 20% lebih mahal harganya dari rumah tanpa ada kolam renang. Dan ini fakta yang tak bisa kita  “Klien Saya akan menjual rumah, harga jualnya 900 juta rupiah. Atas saran Saya, Ia membangun kolam renang yang harganya lebih murah dari harga pasar, dan ketika kolam renang itu sudah selesai, harga rumahnya naik menjadi 1,2 milyar rupiah “ujar Hartono, pakar pembuat kolam renang asal Brebes Jawa Tengah ini.   Menurut kontraktor spesialis kolam renang ini, keberadaan kolam renang di rumah  tinggal, akan melipatgandakan nilai  dari harga jual properti itu sendiri 20% hingga 30% lebih dari harga awal. Pada kenyataannya, keberadaan kolam renang di setiap perumahan terbukti menaikkan nilai jual (investasi), dan itu bisa terjadi karena kolam renang bisa menciptakan prestise (lebih bergengsi) dari pemilik rumah itu sendiri.

investasi-menggiurkan

investasi-menggiurkan

“Siapapun akan menilai, rumah yang memiliki kolam renang akan lebih dipandang banyak orang dari pada rumah yang tanpa memiliki kolam renang. Logikanya, mana ada orang yang berstatus sederhana atau level ekonomi tak mampu, memiliki kolam renang. Yang ada, hanya orang yang berstatus sosial mampulah yang memiliki kolam renang“ papar Hartono, pemilik Moya Tirtaloka Pools ini di kawasan Pondok Indah Mall Jakarta Selatan.  Permintaan akan pembuatan kolam renang dari waktu ke waktu semakin meningkat tajam. Ini ada beberapa faktor. Penyebab utama dari tingginya permintaan pembuatan kolam renang adalah masyarakat makin teredukasi dengan adanya informasi dari internet.

“Dulu orang tak paham betapa banyaknya manfaat dari kolam renang, baik untuk kepentingan rumahan maupun investasi. Tapi kini, seiring dengan pesatnya teknologi, informasi tentang kolam renang makin mudah diakses dalam genggaman. Dan sejak itu pula, banyak orang yang berbondong-bondong mau dibuatkan kolam renang di rumah mereka “ jelas Hartono yang mengaku memiliki bisnis sampingan di Arab Saudi sebagai jasa penyedia penginapan dan travel. Rumah kini tidak lagi berfungsi sebagai tempat tinggal, tapi sudah merambah ke nilai investasi. Semakin banyak rumah yang Anda miliki maka peluang pelipatgandaan nilai investasi propertinya akan semakin besar, apalagi jika masing masing rumah tersebut Anda bangun kolam renang, maka nilai investasinya bakal meningkat tajam.

investasi-menggiurkan

investasi-menggiurkan

“Rumah tinggal jika dilengkapi dengan kolam renang, walaupun bersifat kolam enang minimalis, tetap memiliki prestise yang tinggi. Selain memberi nilai kesehatan untuk anggota keluarga, hiburan, gaya hidup, rekreasi, gengsi sosial juga terbukti  meningkatkan nilai investasi untuk masa  depan “ ujar Widi, pemilik Kuhanda Group ini.  Menurut kontraktor kolam renang senior ini, tren yang membuat permintaan kolam enang begitu tinggi adalah meningkatnya kesadaran masyarakat tentang arti sebuah kesehatan bagi  anggota keluarga. “Kini, masyarakat semakin cerdas. Dengan semakin mudahnya semua orang akses  internet, maka informasi apapun cepat sekali didapat. Dan olahraga renang adalah satu-satunya olahraga yang paling direkomendasikan ahli kesehatan di seluruh dunia, untuk semua usia “ ujar Widi menjelaskan panjang lebar. Menurutnya,  meningkatnya motivasi masyarakat  terhadap permintaan kolam renang ini dipicu oleh gaya hidup (lifestyle). Tak bisa dipungkiri, memiliki kolam renang di rumah akan menaikkan kebanggaan bagi  anggota keluarga, dan ini berpengaruh pada gaya hidup keluarga itu sendiri.  “ Secara otomatis jika satu keluarga memiliki kolam renang di rumah, akan terjadi peningkatan kualitas gaya hidup yang lebih berkualitas. Mereka lebih dipandang dan dihormati, karena kepemilikan kolam renang menaikkan status sosial “ujar kontraktor kolam renang yang berkantor di Jalan Kesehatan Bintaro Jakarta Selatan ini. Dan faktor yang ketiga, pemicu tren naikknya permintaan kolam renang adalah factor investasi. Dan ini yang paling banyak orang suka. Tak heran, begitu banyak orang ingin sekali dibuatkan kolam renang karena investasi di rumahnya semakin tinggi.

DARI GENGSI HINGGA INVESTASI

investasi-menggiurkan

investasi-menggiurkan

Indonesia terkenal sebagai negara yang memiliki masyarakat narsis tetinggi didunia. Ini bisa dibuktikan dengan sangat mudah, yaitu tingkat pengguna facebook (jejaring sosial) terbanyak didunia, mengalahkan negara manapun dibelahan bumi ini. Bicara status sosial, tak lepas dari prestise dan pencitraan positif. Semakin tinggi status sosial individu yang bersangkutan  maka akan semakin diakui keberadaan mereka.

kontributor tokoh

kontributor tokoh

Dampak psikologis dari meningkatnya status sosial akan berefek pada banyak sisi. Salah satu sisinya adalah prestise dan gaya hidup yang eksklusif dari yang lain. Gengsi kini menjadi komoditas masyarakat.Tak dapat dipungkiri, karena faktor inilah yang membuat kebutuhan kolam renangmenjadi makin meningkat hingga banyak keluarga berlomba-lomba mencari cara bagaimana membuat kolam renang dirumah mereka masing-masing.

“Dengan adanya kolam renang di rumah, maka rumah itu secara otomatis memiliki nilai investasi yang lebih tinggi,  dan efeknya bukan hanya nilai rumah itu menjadi lebih mahal karena adanya kolam renang tapi level status sosial keluarga tersebut sudah jauh lebih tinggi dan berkualitas “ jelas Widi, praktisi dan konsultan ahli kolam renang. Menurut Widi, dengan adanya faktor prestise itulah yang membuat kehadiran kolam renang di setiap rumah tinggal nilai ekonominya menjadi berlipat, hingga tren kolam renang di setiap rumah semakin meningkat dari waktu ke waktu.“Ada kecenderungan setiap orang untuk mendapatkan semuanya melalui kolam renang. Pertama adalah faktor kesehatan. Dengan adanya kolam renang  di rumah, setiap anggota keluarga bisa  memanfaatkan kolam renang sebagai sarana olahraga yang berkualitas. Kedua, gaya hidup keluarga itu juga semakin berkualitas hingga rasa percaya diri di mata sosial menjadi lebih baik. Dan ketiga, nilai dari properti itu otomatis semakin tinggi “ papar ahli pembuat kolam renang itu. Sejak dulu, kepemilikan kolam renang hanya dimiliki oleh keluarga kaya. Namun seiring dengan perkembangan jaman, pembuatan kolam renang makin murah. Ini berkat ditemukan berbagai penemuan baru yang membuat biaya produksi kolam renang makin murah.

“Dulu orang yang memiliki kolam renang, merasa biayanya sangat mahal. Bayangkan saja, jika musim hujan maka air kolam cenderung akan berwarna hijau dan akan terus dikuras ganti air baru. Biaya yang dikeluarkan tidak sedikit. Tapi denganditemukan berbagai penemuan baru maka air kolam bisa abadi tanpa dikuras air lagi “ ujar Hartono.  Menurut pengusaha kolam renang itu, banyak penemuan baru di bidang kolam renang yang membuat biaya perawatan kolam menjadi lebih murah. Selain berbagai obat-obatan pembersih air juga temuan baru dibidang pelapisan kolam renang hingga tidak mudah bocor.

“Kini masyarakat lebih punya banyak pilihan untuk pembuatan kolam renang. Selain harga pembuatannya jauh lebih murah, perawatananya juga lebih terjangkau dan mudah. Ini karena teknologi baru sudah ditemukan “ ujar Hartono lagi. Ia menambahkan, tak ada alasan lagi untuk tidak memiliki kolam renang karena manfaatnya jauh lebih besar dari pada harga yang harus dikeluarkan. Dengan kata lain, sangat rugi mereka yang memiliki lahan yang cukup untuk kolam renang dan ada kemampuan namun tidak mau membuat kolam renang.  “Anggap saja harga pembuatan kolam  renang itu seperti investasi, nilainya bisa  mengembalikan apa yang sudah Anda keluarkan saat pembuatan kolam renang. Tak perduli jenis kolam renang apa yang Anda buat, jika rumah Anda ada kolam renangnya, maka nilai propertinya menjadi lebih bagus “ ujar Hartono yang mengaku pernah gulung tikar berbisnis kolam renang akibat kerusuhan 1998 lalu. Hartono menambahkan, soal ukuran kolam renang tak mempengaruhi kenaikan nilai investasi properti. Selama dirumah itu ada kolam renang, maka nilai properti menjadi naik. Ini berdasarkan  pengalaman pribadinya sendiri sejak tahun 1998 lalu.

DARI KOLAM RENANG, WATER BOOM HINGGA WATER PARK.

Halserupa juga ditegaskan oleh Tri Irawan Nugroho. Manager dari Puri Nirwana Residence Cikarang ini sangat setuju bahwa telah terjadi pergeseran fungsi yang sangat signifikan tentang kolam renang. “Kolam renang mengalami pergeseran fungsi yang signifikan, yang dulu difungsikan sebagai fasilitas pelengkap, kini sudah merambah ke instrumen investasi” ujar Tri menjelaskan. Menurut Tri, begitu banyak developer diberbagai  pemukiman, berlomba-lomba untuk  menambah fasilitas wahana air, misalnya waterboom dan wahana air lainnya. Mereka sadar, telah terjadi perubahan paradigma masyarakat terhadap wahana air.

“Adanya kolam renang bagi perumahan dan sarana wahana air pada lingkungan perumahan modern, terbukti bisa
melipatgandakan keuntungan. Selain dari nilai investasi juga menambah pendapatan, khususnya bagi penyedia wahana air tersebut “ jelas Tri yang kini sedang fokus mengoptimalkan wahana kolam ombak besar di daerah perumahan Puri Nirwana tersebut. Menurut pakar landscape design modern itu, terlepas dari penyediaan kolam renang pribadi di perumahan atau wahana air di tempat umum, keberadaan kolam renang memiliki daya tarik kuat terhadap animo masyarakat.

“Khusus wahana air, dari waktu ke waktu, animo masyarakat terhadap waterboom makin meningkat. Mereka mengalami  kegembiraan besar saat berada di wahana  air tersebut. Tak heran, para penyedia waterboom mendapat dampak positif terhadap minat besar masyarakat ini “ ujar Tri lagi.

Namun ia menambahkan, ternyata tren waterboom seiring dengan waktu makin meredup. Para developer properti dan kontraktor kolam renang kini makin  tertarik  dengan konsep water park.  Mereka menilai, konsep water park lebih menguntungkan dari pada  “Sebenarnya perbedaan yang paling mendasar antara waterboom dengan water park hanya dari ukurannya saja. Jika water boom memiliki luas antara 3 hingga 5 hektar, namun untuk water park cukup 1 hingga 2 hektar saja. Itu sudah menjadi sumber income yang sangat lumayan “ papar Tri lagi. Tak bisa dipungkiri lagi, investasi wahana air, baik untuk perumahan pribadi (kolam renang, maupun fasilitas umum, seperti waterboom dan water park, makin dicari oleh para developer dan kontraktor wahana air.

“Kini ada tren, para kontraktor wahana air mencari perumahan yang belum memiliki fasilitas water park. Mereka cenderung memilih water park karena dari ukurannya lebih kecil dan lebih menguntungkan secara biaya perawatan”  jelas Tri . Menurut lanscape design modern itu, mengapa para developer lebih suka memilih water park dari pada waterboom, karena dari sisi pemeliharaannya jauh lebih murah. Dan uniknya, lebih banyak orang suka water park dari pada waterboom. “Dengan adanya konsep minimalis, pengeluaran biaya operasional bagi wahana air berjenis water park lebih ditekan, dan disisi lain pemasukan dari water park itu bisa membiaya cost pemeliharaan water park “ ujar Tri lagi. Apapun jenis wahana air, entah kolam renang minimalis di rumah pribadi maupun wahana air di public area, keduanya memiliki nilai investasi berkali lipat.

7,811 kali dilihat, 27 kali dilihat hari ini

Do you like this post?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
SHARE
Keyakinan adalah salah satu prinsip dan misi hidup Ku. Ikhtiar dan Berdo'a Semoga kesuksesan selalu ada didepan kita.
View Website
RELATED POSTS
Renang-dan-Atletik-Dominasi-Perolehan-Medali-Emas-Indonesia-di-Hari-Ketiga-ASG-2016
Renang dan Atletik Dominasi Perolehan Medali Emas Indonesia di Hari Ketiga ASG 2016
Persatuan Renang Seluruh Indonesia: Perkembangan Politik Memengaruhi Perkembangan Olahraga
Persatuan Renang Seluruh Indonesia: Perkembangan Politik Memengaruhi Perkembangan Olahraga
IndoBuildTech Jakarta 2016