BLOG Inovasi

JURUS SUKSES KUHANDA DITERIMA DI MARKET INDUSTRI KOLAM RENANG NUSANTARA

JURUS SUKSES KUHANDA DITERIMA DI MARKET INDUSTRI KOLAM RENANG NUSANTARA

BANYAK KONTRAKTOR KOLAM RENANG YANG PENASARAN DENGAN KUHANDA. REPUTASI DAN NAMA BAIKNYA SELALU DISEBUT OLEH MASYARAKAT, SEBENARNYA APA SIH FORMULA KESUKSESANNYA? DISINI KUHANDA BUKA RAHASIA DAPUR KESUKSESANYA, SIMAK.

Nama Kuhanda sebagai kontraktor kolam renang di seantero Jakarta sudah tak asing lagi. Berdiri sejak tahun 2008 dan mulai merintis dari jasa pembuatan kolam renang, penjualan peralatan kolam renang hingga jasa maintenance.

Kunci sukses berbisnis kami selalu mengutamakan kepuasan pelanggan.

Setiap keluh kesah mereka kami dengar dan upayakan agar mencapai kepuasan  maksimal” ujar Nurhayati, Marketing Manager PT Kuhanda Semesta Group ini.  Menurutnya, perjalanan Kuhanda sejak berdiri hingga dititik sekarang ini bukan tanpa perjuangan. Berliku jalan ditempuh, penuh tanjakan dan tebing terjal untuk mencapai puncak kesuksesan  “Pada awal me running bisnis jasa pembuatan kolam renang, kami masih bingung antara memilih CV atau PT sebagai payung hukum perusahaan  namun pada tahun 2009 kami resmi mengibarkan bendera perusahaan dengan nama Kuhanda Semesta Group” ujar senior marketing Kuhanda ini. Nur mengakui, membangun bisnis itu sesuatu yang sulit, namun mempertahankan dan terus mengembangkan bisnis itulah yang paling sulit, peru kerja keras tanpa henti serta full commitment disepanjang waktunya, sejak 2009 hingga 2018 kini.

GAYA MANAGEMENT INTERNAL KUHANDA SEMESTA GROUP.

Rambut boleh sama hitam, tapi pemikiran tidaklah sama. Pun managemen suatu bisnis, semua serba tertutup rapat dan sulit dilihat dari luar. Itu adalah pemikiran banyak orang, namun tidak untuk managemen bisnis Kuhanda Semesta Group ini.  “Saya tak terlalu paham apa itu ilmu management perusahaan, namun bagi kami, bisnis itu seperti keluarga, semua perlu dimanusiakan, tak cukup hanya dibayar dengan uang. Itulah sebabnya kekeluargaan kami sangat kuat, menjadi modal membangun etos kerja

“Sebenarnya kunci mendapatkan banyak projek kolam renang itu sederhana, dimulai dari bagamana kita membesarkan nama baik kita dulu, lalu menjaga klien kita sebaik mungkin dan pada akhirnya seperti efek bola salju, semuanya berjalan secara viral dan dari mulut ke mulut” jelas Nurhayati yang mengakui keajaiban sebuah rekomendasi positif. Kesuksesan Kuhanda tak lepas dari dua faktor , yaitu nama baik ( reputasi ) dan hasil kerja ( prestasi ), dan sentuhan yang paling ajaib adalah peran media, baik media online maupun media cetak sebagai ujung tombak merubah paradigma berpikir masyarakat.

“Pimpinan saya selalu memperhatikan kualitas reputasi dan juga hasil kerja, dan yang tak kalah penting adalah keterlibatan media sebagai faktor kali yang mempercepat nama kami dan hasil kerja kami dilihat banyak orang. Itulah kunci kesuksesan kami selama ini” ujar Nurhayati yang mengaku tak memiliki resep ajaib dalam membangun kesuksesan branding Kuhanda Semesta Group ini.

REFERENSI DAN PRESTASI DUA SISI MATA UANG YANG SALING TERHUBUNG.

Kesuksesan Kuhanda sampai saat ini memang bukan seperti sulap, sim sala bim, ini ada formulanya. Khabar baiknya, pemilik Kuhanda itu sendiri akan bagibagi rahasia dapur kepada pembaca setia Majalah Swimming Pool IDEA. Tetap baca testimonial kontraktor kolam renang ini sampai habis.  “Bagi kami, sukses itu bukan hanya sekedar menerima order yang berlimpah ruah, tapi lebih kearah mendapatkan testimonial yang sejujur-jujurnya. Itulah formula ampuh kami selama ini. Dan kalau sudah mendapat testimonial, biarkan media yang menyebarluaskan, jadi masyarakat tahu kalau kita bisa buat mereka bahagia (customer,red)” papar Nurhayati lagi.

Media, yah itu kata kunci yang banyak sebagian orang salah tangkap. Banyak kontraktor kolam renang yang mulai tak percaya lagi pada media cetak, mereka lebih fokus 100% pada media online  Benarkah pemikiran seperti itu? “Bisnis yang baik itu seperti manusia, punya dua kaki, kaki kanan dan kaki kiri. Pun pada bisnis kita, ada strategi media online dan harusnya juga ada strategi media offline, Kuhanda menggunakan kedua media itu secara bersamaan, hingga hasilnya lebih optimal” jelas Nurhayati, sang marketer Kuhanda ini. Untuk media online, Kuhanda menggunakan website sebagai ujung tombak marketing.

Semua jejaring social dilibatkan untuk membangun brand awareness, mulai dari Facebook, Twitter, Google + hingga Linkedin. “Media online memang sangat efektif, apalagi di jaman Milenial seperti sekarang ini, punya website itu sesuatu yang wajib sifatnya. Kuhanda juga menggunakan jurus SEO untuk optimalisasi website hingga mudah dicari orang yang mau buat kolam renang. Jadi sifatnya integratif dan saling terhubung” papar Nur jelaskan rumus dasar kesuksesan Kuhanda. Namun ada kesalahan besar yang terlewatkan dari para kontraktor kolam renang, yaitu tidak lagi menggunakan media cetak karena mereka berpikir majalah cetak sudah ketinggalan jaman.

“Boleh percaya boleh tidak, rata-rata klien yang menghubungi kami sebagian dari iklan yang kami muat di Majalah Swimming Pool IDEA. Ini bukan untuk promosi pada majalah, tapi lebih ke arah berbagi tips sukses pada pembaca. Kalau tak yakin memang sebaiknya tak perlu  dilakukan” papar Nur yang mengaku tak punya kepentingan dengan media ini, hanya sekedar share saja. Mengapa media cetak masih diperlukan? Mungkin para rekan kontraktor kolam renang masih penasaran. Nur menjelaskan, walau majalah kolam renang termasuk media yang sangat segmented, bukan berarti tak ada pembacanya. Sedikit memang yang membaca majalah ini, namun efeknya pada bisnis sangat besar  “Mungkin saya terinspirasi dengan Hukum Pareto yang bilang,” 20% pembaca majalah ini yang sangat segmented akan menghasilkan 80% transaksi bisnis, walau  minoritas tapi dari kalangan berada, sementara ada juga media yang sangat umum, pembacanya sangat banyak (oplah besar), namun tidak segmented, maka Hukum Pareto juga menjelaskan lagi, 80% pembaca umum akan menghasilkan 20% keuntungan, inilah strategi Kuhanda selama ini yang masih belum ditiru para kontraktor kolam renang lainnya” papar Nur yang sekali lagi ini bukan promosi melainkan hanya share pengalaman ilmu marketingnya selama membantu Kuhanda lebih dikenal market.

 

936 kali dilihat, 18 kali dilihat hari ini

Do you like this post?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
SHARE
Keyakinan adalah salah satu prinsip dan misi hidup Ku. Ikhtiar dan Berdo'a Semoga kesuksesan selalu ada didepan kita.
View Website
RELATED POSTS
Kolam Renang Natural Bebas Bahan Kimia dan Dapat Diminum.
Top 12 Bahan dan Peralatan Kolam Renang ramah Lingkungan I Piscine Lyon France Expo 2016
GRANDPOOL Menekankan Kualitas
GRANDPOOL Menekankan Kualitas, Komitmen Dan Peningkatan Berkesinambungan