BLOG Inovasi Tips Praktis

MEMBUAT KOLAM RENANG INFINITY DI LAHAN BERKONTUR

MEMBUAT KOLAM RENANG INFINITY DI LAHAN BERKONTUR
MEMBUAT KOLAM RENANG INFINITY DI LAHAN BERKONTUR

MEMBUAT KOLAM RENANG INFINITY DI LAHAN BERKONTUR

KAWASAN BOGOR UMUMNYA MERUPAKAN DAERAH DATARAN TINGGI YANG MEMILIKI KEMIRINGAN KONTUR EKSTRIM, KHUSUSNYA DAERAH CISARUA PUNCAK DAN CIANJUR. SEIRING PERKEMBANGANNYA DAERAH TERSEBUT, BANYAK DIBANGUN VILLA, HOTEL DAN RUMAH TINGGALPADA LAHAN KONTUR EKSTRIM YANG TENTUNYA DI LENGKAPI DENGAN FASILITAS KOLAM RENANG DI DALAMNYA.

Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan beberapa tips cara membuat kolam renang di lahan berkontur atau tebing. Dari studi kasus dibeberapa proyek kami di wilayah Cisarua Bogor, mengapa kami buat kolam renang jenis ini karena tidak ada lokasi tanah yang rata atau lain yang mungkin point area bagus dan strategis di lahan yang berkontur (miring) tersebut” ujar Purwanto, pemilik dari Puspa Jaya Group ini.  Menurutnya, salah satu keuntungan perencanaan kolam renang yang cocok untuk area berkontur seperti ini, baiknya berupa infinity pool yang sekarang ini sedang hits di bicarakan, yaitu kolam renang tanpa batas yang posisinya memberi kesan bahwa kolam itu menyatu dengan lautan atau lanskap sekitarnya. “Memang dengan lokasi lahan berkontur akan memerlukan biaya yang tidak sedikit tentunya. Hal ini disebabkan karenalahan berkontur memerlukan perlakuan khusus dalam pengolahannya” ujar Purwanto lagi menjelaskan. Ia juga menekankan, selain itu ada tambahan pekerjaan pembuatan dinding penahan tanah (DPT) di sekitar kolam renang,tujuannya untuk mencegah  terjadinya pergerakan tanah atau erosi, kita bisa gunakan batu kali, bronjong, retaining wall (dinding beton) atau bisa juga tanaman perdu, yang tentunya akan memerlukan tambahan biaya yang cukup besar. “Lebih lanjut lagi, kami akan berbagi bagaimana membangun kolam renang di lahan berkontur serta tahapan yang perlu dilakukan untuk memaksimalkan potensi lahan terutama yang berkaitan dengan perencanaan secara keseluruhan” ujar Purwanto lagi.

MEMBUAT KOLAM RENANG INFINITY DI LAHAN BERKONTUR

MEMBUAT KOLAM RENANG INFINITY DI LAHAN BERKONTUR

Menurutnya, dengan Perencana, konsultan, kontraktor atau ahlinya, kita bisa berkonsultasi dari desain, teknis pekerjaan, jenis tanah setempat, keamanan, estetika dan budget sebelum kolam renang di buat dan sesuai dengan kaidah teknik perancangan. Kalau di laksanakan tanpa perhitungan yang matang dan hanya asalasalan akan berakibat fatal dan beresiko bencana.

“Dalam pelaksanaannya, tentunya ada pekerjaan pengolahan gradasi tanah berkontur yaitu pemotongan tanah dan pengurugan tanah dalam istilah teknik di sebut juga Cut and Fill. Langkah awal sebelum pekerjaan galian tanah adalah dengan menentukan level dasar lantai kolam renang sebagai acuan untuk menentukan kedalaman air terhadap lantai teras rumah atau plaza yang pas” papar Purwanto menjelaskan secara panjang lebar. Ia tambahkan pula, dengan memilih tapak tanah asli yang dominan dan jangan terlalu banyak di posisi tapak tanah timbun, sebab kalau terlalu banyak di posisi timbunan (urugan), maka tanah yang labil akan menyebabkan konstruksi kolam renang suatu saat akan bergeser dan bisa jadi struktur beton lantai maupun struktur dinding akan patah dan menyebabkan kolam renang akan bocor.

“Sering saya jumpai dilapangan penyebab kolam renang bocor salah satunya adalah penempatan kolam renang di area tanah urugan tanpa perlakuan yang tepat. Kalau memang terpaksa di area tanah urugan, usahakan dengan perbandingan 30 persen tanah urugan dan 70 persen tanah asli, dengan begitu konstruksi kolam renang masih di bilang aman“ jelas Purwanto menjelaskan rasio antara tanah timbunan dan tanah asli saat pembuatan kolam renang.Purwanto menambahkan lagi, setelah menentukan level dasar lantai dan penggalian maka  sebelum dilakukan pekerjaan selanjutnya, pada bagian tanah urugan harus dilakukan pemadatan tanah dan perlu diberi pondasi telapak (foot plate) pada bagian tanah urugannya dengan jarak sesuai panjang yang di tentukan. Agar lebih aman lagi pada bagian tanah yang bawah atau bagian tanah yang miring diberi dinding penahan tanah (DPT).

“Fungsi DPT sebagai penahan beban tanah dan sekaligus bisa sebagai perkerasan di samping kolam dan juga bisa di fungsikan sebagai plaza samping kolam renang dan ruang untuk penempatan pompa dan filter” papar Purwanto lagi. Ia menerangkan. kolam renang pada saat di pakai berenang akan menimbulkan gelombang yang besar dan beban air, beban air termasuk beban yang dinamis yaitu beban yang besarnya berubah-ubah menurut waktu dan situasi tertentu, semakin banyak yang berenang akan menimbulkan gelombang yang besar, terlebih kolam renang pada posisi di lahan berkontur.

“Untuk langkah kedua adalah menentukan struktur kolam renang yang sesuai kaidah teknik perencanaan yang baik dan benar, baik dimensi besi tulangan maupun mutu beton yang akan di gunakan untuk pengecoran plat lantai, plat dinding dan balok lantai maupun balok dinding, maka kami sarankan untuk perencanaan struktur sebaiknya di hitung dan di rencanakan dengan benar. Purwanto menjelaskan lagi, dengan perencanaan struktur yang bagus dan benar akan memperoleh hasil akhir yang maksimal dan sesuai harapan sehingga kontruksi kolam renang anda mampu menahan beban dinamis air kolam renang. “Tahap ketiga adalah dengan menanam tanaman penutup tanah di sekitar kolam renang.

Dengan menanam tanaman penutup tanah (rumput) akan sangat membantu atau meminimalisasi terjadi erosi tanah sekaligus memperkecil jumlah air menyerap langsung ke dalam tanah apabila terjadi hujan, atau juga bisa di tanami tanaman perdu hias yang sekaligus akan menambah suasana kolam renang semakin tambah asri, hijau dan nyaman” papar Purwanto lagi. Ia menambahkan, dengan cara seperti diatas itu, anda yang ingin merencanakan membangun kolam renang di area lahan berkontur, tentunya tips ini akan bermanfaat untuk di terapkan. Selamat mencoba, Semoga bermanfaat !

Mau Buat Kolam Renang Harga Terjangkau ? Kami Siap Bantu ! klik Whtsapp Now! atau Klik Baner Dibawah INI.

1,347 kali dilihat, 12 kali dilihat hari ini

Do you like this post?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
SHARE
Keyakinan adalah salah satu prinsip dan misi hidup Ku. Ikhtiar dan Berdo'a Semoga kesuksesan selalu ada didepan kita.
View Website
RELATED POSTS
Kolam-Renang-Arus-Solusi-Jitu-Buat-Kolam-Renang-Lahan-Sempit
Kolam Renang Arus Solusi Jitu Buat Kolam Renang Lahan Sempit
treatment kolam renang
Cara Treatment Air Kolam Renang Pertama Kali
HADIRKAN CARA BARU PEMBUATAN KOLAM RENANG