Brand DIREKTORI PRODUCT Review Product Tips Praktis

MEMILIH FILTER YANG TEPAT UNTUK KOLAM RENANG ANDA

MEMILIH FILTER YANG TEPAT UNTUK KOLAM RENANG ANDA

Filter merupakan salah satu bagian paling penting untuk sistim sirkulasi kolam renang, bagaimana cara memilih filter yang baik?

Kita selalu mengidamkan kolam renang yang bersih dan bebas dari kotoran. Banyak hal yang harus diperhatikan dalam memilih filter yang cocok untuk kebutuhan kolam renang anda.

Semua jenis filter dapat membuat kolam renang anda bersih, tapi apa perbedaan diantara banyak jenis filter? Bagaimana mendapatkan filter yang efisien dan terjangkau? Sebelum memilih mari kita bahas perbedaan-perbedaan yang ada di berbagai jenis filter kolam renang.

Tipe filter yang paling populer dan sering dipakai untuk kolam renang pribadi maupun umum ada 2 jenis, yaitu Sand Filter dan Cartridge Filter. Sand filter seperti namanya memakai media pasir sebagai penyaringan untuk menghilangkan kotoran dan sampah di air yang melaluinya sebelum air dikembalikan ke kolam renang.

Sand filter adalah tipe filter yang paling umum dipakai di Indonesia karena harga yang terjangkau dan mudah perawatannya.

Untuk membersihkan Sand filter, cukup menggunakan proses yang disebut “Back-washing” yaitu membalikan arah air mengalir untuk keluar dari filter ke pipa pembuangan, sehingga kotoran yang tersaring di Sand filter dapat terbuang bersama sebagian air kolam. Penentuan pembersihan Sand filter dapat diketahui saat tekanan air berkurang saat melalui filter, yang menyebabkan tekanan filter menjadi tinggi. Ini adalah penanda untuk pemilik filter untuk melakukan back-washing.

Pada umumnya media pasir yang digunakan pada sand filter harus diganti dalam kurun waktu 5 sampai 8 tahun tergantung pemakaian.

Jenis kedua filter yang sering dipakai di Indonesia adalah Cartridge filter. Cartridge filter sangat digemari karena bisa menyaring dua kali lebih banyak kotoran di air daripada Sand filter.

Pada umumnya Sand filter hanya bisa menyaring kotoran sampai ukuran 20-40 micron (1 butir pasir sekitar 1000 micron), sedangkan Cartridge filter bisa menyaring kotoran sekecil ukuran 10-15 micron karena area filtrasi yang lebih banyak daripada Sand filter.

Karena daya penyaringan yang tinggi sehingga lebih sehat dan bersih, Cartridge filter lebih banyak dipakai untuk pemakaian spa dan jacuzzi dibandingkan Sand filter.

Dari segi perawatan, Cartridge filter juga sangat mudah perawatannya. Pada Cartridge filter, tidak diperlukan “back-washing”, cukup keluarkan saja isi cartridgenya dan semprot dengan air tekanan tinggi (seperti semprotan kebun atau pencuci mobil) untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada isi cartridge tersebut.

Cara ini sangat baik karena tidak ada air yang berkurang dari kolam renang, sehingga tidak perlu menambahkan air kedalam kolam renang dan hemat dalam biaya obat kolam renang. Selain itu, Cartridge filter tidak perlu pompa dengan tekanan air tinggi untuk mendapatkan penyaringan yang efisien, sehingga dapat menghemat listrik dan memperpanjang umur pompa.

Sama seperti sand filter, media penyaring cartridge harus diganti setiap 3 sampai 5 tahun tergantung pemakaian.

Jika dibandingkan kedua filter diatas, banyak yang harus menjadi pertimbangan. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan saat memilih filter yang cocok untuk kolam renang anda:

Ruang – ukuran Sand filter cukup memakan tempat yang besar, jadi pastikan anda menyediakan tempat yang sesuai dengan ukuran filter anda pada saat awal design ruang mesin.

Ukuran kolam renang – pada umumnya Cartridge filter lebih disarankan untuk pemakaian kolam renang pribadi dan kolam tertutup, karena daya saring tinggi, sehingga lebih banyak kotoran tersaring.

Jika kolam terlalu besar atau banyak partikel besar seperti dedaunan yang jatuh ke kolam, Cartridge filter akan menjadi lebih sering butuh pembersihan.

Dari segi anggaran, Sand filter dapat mencakup kolam renang yang besar dengan harga lebih murah daripada Cartridge filter.

Ukuran filter dan pompa – pemakaian filter harus sesuai dengan ukuran pompa. Terutama pada sand filter yang membutuhkan laju air dengan tekanan yang sesuai. Pompa tekanan kecil akan menyulitkan proses saring filter, pompa tekanan besar akan merusak filter.

Dalam memilih Cartidge filter. Lebih besar kapasitasnya, lebih bersih penyaringannya, tapi dalam hal Sand filter, harus selalu dicocokan dengan laju air pompa.

Penghematan – dari segi penghematan. Cartidge filter bisa lebih unggul saat dipakai dalam kolam renang pribadi. Penghematan didapatkan dari : hemat air – karena tidak ada back-washing yang membuang air kolam.

Hemat chemical – karena tidak perlu menambah bahan kimia dengan penambahan air kolam karena back-washing. Hemat listrik karena tidak ada pembatasan laju air di pompa seperti pada pemakaian Sand filter.

Perawatan berkala – dari segi perawatan. Cartidge filter akan lebih mudah karena tinggal disemprot dan dibersihkan cartridge nya saja jika mulai kotor. Jika sudah waktunya diganti, tinggal beli isi cartridgenya saja tanpa perlu jasa pemasangan karena bisa dipasang sendiri.

Sedangkan Sand filter harus rutin melakukan back-washing minimal seminggu sekali untuk membersihkan kotorannya. Ketika penyaringan dari pasir sudah tidak maksimal, pasir tersebut harus dikuras keluar dan diganti pasir yang baru.

Lakukan pemilihan dengan cermat sesuai kebutuhan kolam anda.

234 kali dilihat, 24 kali dilihat hari ini

Do you like this post?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
SHARE
Keyakinan adalah salah satu prinsip dan misi hidup Ku. Ikhtiar dan Berdo'a Semoga kesuksesan selalu ada didepan kita.
View Website
RELATED POSTS
vacum cleaner set kolam
Vaccum Cleaner Product
Lika-Liku Bisnis Kolam Renang Abad 21
Lika-Liku Bisnis Kolam Renang Abad 21
Vinilon, Pipa Multi Fungsi Pemecah Rekor MURI Pipa Terbaik di Indonesia