Klinik Kesehatan LIFE HEALTH Olah Raga

Segudang Manfaat Renang Bagi Kehidupan Oleh Dr. Vera Swimming School

Segudang Manfaat Renang Bagi Kehidupan Oleh Dr. Vera Swimming School

Segudang Manfaat Renang Bagi Kehidupan Oleh Dr. Vera Swimming School

Siapa bilang olahraga renang hanya untuk usia produktif? renang ternyata cocok untuk semua usia, mulai dari balita hingga manula. contohnya perjalanan hidup seorang dokter yang mendedikasikan diri untuk mengajarkan banyak orang untuk berenang ini.

Sejak usia 7 tahun, saya sudah belajar renang. Duduk di SMP kelas satu baru masuk atlit. Untuk belajar renang, saya perlu menempuh sekitar 20 kilo meter perjalanan. Waktu itu, ada orang hebat yang mau menjemput anakanak termasuk saya, satu per satu. Masuk atlit gabung ke klub dari awal hingga sekarang” ujar Dokter Vera yang memiliki latar belakang seorang dokter umum yang kini focus menekuni menjadi pelatih renang. Perjalanan Dokter Vera di dunia olahraga renang sangat menarik. Ketika lepas dari atlit yaitu usia 25 sampai usia 30, ia sudah bergabung menjadi master. Dr. Vera tergabung dalam Indo Master Swimmer, yaitu semacam klub yang diperuntukkan para perenang senior yang masih ingin beraktivitas renang.

Dokter Vera menambahkan, selama mengajar renang, ia juga banyak menemui special need, yaitu anakanak berkebutuhan khusus dan orang tua yang paska stroke serta paska operasi. “Olah raga renang memang memiliki banyak sekali manfaat, mulai dari mereka yang berkebutuhan khusus hingga mereka yang baru mengalami paska operasi serta paska stoke. Dengan renang maka semua organ vital tubuh akan bekerja lebih optimal dan makin sehat, termasuk yang baru pulih dari sakit” papar Dokter Vera lagi. Menurut Dokter Vera, kini ia tak hanya focus mengajarkan belajar renang hanya untuk menambah keterampilan, tapi juga memberi kesadaran pada banyak orang bahwa renang merupakan suatu tuntutan kesehatan yang harus dijalankan, agar tubuh tetap fit dan sehat.

“Motivasi saya mengajar renang awalnya hanya ingin membantu anak belajar renang diusia dini, namun seiring waktu ternyata kebutuhan renang itu makin luas, diantaranya karena alasan kesehatan, keterampilan hidup hingga jenjang karir menjadi seorang atlit renang” ujar Dokter Vera lagi. Menurut Dokter Vera, Standar bagi kesehatan renang itu sama seperti olahraga lain yaitu 3 kali seminggu tapi bagusnya 5 kali dalam seminggu. Sementara untuk lamanya 30 sampai 60 menit sudah cukup. Untuk gaya apapun diperbolehkan dengan syarat berkelanjutan dan menimbulkan rasa lelah. “Bagi penderita penyakit regeneratif, sangat dianjurkan untuk renang , orang tua biasanya mulai sakit lutut, pinggang dan pegal-pegal, itu biasanya kita sarankan untuk berenang. Kalau tidak bisa berenang, sebaiknya jalan di air” papar Dokter Vera lagi. Menurut Dokter Vera, untuk mulai renang sebaiknya jangan dalam kondisi perut kosong, tapi juga jangan terisi penuh, sebaiknya 20% terisi agar ada energi dalam tubuh. “Mengapa jangan kekenyangan saat renang? Karena bisa keluar makanan yang ada dalam perut. Dan juga, perut yang penuh tidak membuat nyaman perenang saat beraktivitas di air. Oleh karena itu, porsi 20% adalah yang terbaik” Jelas Dokter Vera lagi.

Dokter Vera menambahkan, untuk khusus syarat kejepit, ia banyak menangani. Awalnya sakit di pinggang, lalu menjalar sampai kebawah dan itu berpotensi untuk semua usia. “Penyebabnya banyak sekali, diantaranya trauma, faktor usia, jatuh karena faktor kecelakaan, salah posisi bertahun-tahun hingga sering bawa barang berat misalnya anak sekolah yang tasnya berat-berat” jelas Dokter Vera.

Dokter Vera makin yakin bahwa fungsi Kolam renang itu banyak sekali manfaatnya. Mulai dari menjaga kesehatan, mencegah penyakit, kebugaran, meningkatkan sistim imun tubuh, meningkatkan stamina, memperbaiki sistim syaraf dan tulang, awet muda, mencegah penyakit regeneratif serta melipatgandakan kesenangan (unsur rekreasi). “Banyak orang berpikir bahwa aktivitas renang adalah mengapung di air sambil menggerakgerakkan anggota badan, namun jalan di air pun sudah merupakan bagian dari aktivitas renang. Dan semua aktivitas renang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan serta mendatangkan banyak kesenangan” ujar Dokter Vera.

Menurutnya, Jalan di air disini bukan hanya sekedar jalan, tapi harus disiplin berjalan di air, misalnya 45 menit sehari atau minimal 30 menit sehari dan secara terus menerus, agar efek olahraganya makin kena sasaran. Dan jalannya juga bukan sekedar jalan, ada teknik khususnya hingga mendapatkan efek yang diharapkan. “Olahraga di air efek gravitasi sangat minimal dan membantu para orang yang berpenyakit lutut akan membantu, jika jalan di darat lututnya akan tambah sakit. Ini karena saat di darat lutut mengalami beban dari tubuh, jika di air maka beban makin berkurang, karena dibantu oleh gaya gravitasi” jelas Dokter Vera menjelaskan sambil menutup pembicaraan.

456 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Do you like this post?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
SHARE
Keyakinan adalah salah satu prinsip dan misi hidup Ku. Ikhtiar dan Berdo'a Semoga kesuksesan selalu ada didepan kita.
View Website
RELATED POSTS
klinik dokter Evi Angriani
Sehat Berawal Dari Tulang Belakang Oleh dr.Evy Angriani
Berenang Efektif Untuk Menciptakan Keseimbangan Internal Oleh dr.Udayana Gendo
Berenang Efektif Untuk Menciptakan Keseimbangan Internal Oleh dr.Udayana Gendo
Kathriana-Mella-Atlit-Renang
Disiplin Dan Yakin Pada Diri Sendiri Itu Kunci Sukse Oleh Atlit Renang Kathriana