Brand

Sika Memberikan Solusi Total Waterproofing Untuk Sistem Kolam Renang

Dalam industri kolam renang , ada satu kata yang paling dikhawatirkan para kontrator kolam renang, yaitu “kebocoran”. itulah sebabnya peran waterproofing menjadi solusi atas semua permasalahan kolam renang. Sika Memberikan Solusi Total Waterproofing Untuk Sistem Kolam Renang.

Elasto, waterproofing ini memiliki daya kemampuan menahan keretakan sampai lebar 1mm (EN 1062-7). Sedangkan SikaTop®-107 Plus dapat digunakan pada kolam renang yang memiliki tingkat pergerakan yang rendah dan terletak diatas tanah.

“Waterproofing ini terdiri dari dua (2) komponen, yaitu komponen A berbentuk cairan, dan komponen B berbentuk bubuk. Cara penggunaannya sangat mudah, campurkan kedua komponen tersebut sampai habis tanpa ada sisa. Setelah tercampur, lapisi beton dengan pelapis anti bocor ini secara merata, pastikan beton sudah diuji rendam sebelumnya selama 1×24 jam” jelas Bahtiar Arief. Bahtiar menambahkan, pelapis anti bocor produk unggulan Sika ini memiliki bahan dasar  semen polimer. Fungsinya bukan saja untuk lapisan anti bocor kolam renang saja, tapi bisa juga untuk tangki air, atap dak rumah, balkon, kamar mandi dan kolam ikan. “Fungsi utama waterproofing kolam renang agar air tidak masuk ke dalam beton. Tidak hanya material waterproofing saja, namun Sika juga memberikan Total Waterproofing Solution untuk memastikan tidak terjadi kebocoran di kemudian hari.

Total Waterproofing Solution ini mencakup material perbaikan retak beton (Sikadur®-20 Crack Seal), membrane perkuatan sudut (Sika® SealTape B), material waterproofing (SikaTop®-109 Elasto atau SikaTop®-107 Plus), perekat keramik (Sika® TileFix-250 Extra atau Sika® TileFix-200 TA) dan nat keramik (Sika® TileGrout)”, papar Bahtiar.

PROSES PEMASANGAN WATERPROOFING SIKA

Sika memiliki pengalaman yang begitu banyak terkait dengan pengaplikasian waterproofing kolam renang. Dengan hadir di 100 negara, Sika menjadi salah satu top market leader di industri waterproofing, khususnya kolam renang. “Proses pengaplikasian waterproofing pada permukaan kolam renang sebaiknya dilakukan oleh aplikator, karena memerlukan perlakuan khusus, terutama pada area sambungan dan sudut kolam renang” jelas Bahtiar terkait pengaplikasian waterproofing Sika.

Bahtiar menjelaskan, ada hal yang perlu diperhatikan sebelum aplikasi waterproofing yaitu lakukan pengecekan permukaan beton, jika ada retak maka perbaiki dengan Sikadur®-20 Crack Seal. Material ini merupakan semi elastis sealing berbahan dasar epoxy untuk memperbaiki retak waterproofing pada beton. Waterproofing crack sealing ini terdiri dari dua (2) komponen dan berbentuk cairan dengan nilai kekentalan yang sangat rendah.

Oleh karena itu, dengan nilai kekentalan yang rendah maka kemampuan untuk masuk ke dalam retakan beton akan sangat mudah. Setelah melakukan perbaikan retak, bersihkan dan ratakan permukaan beton dari kotoran dan lapisan permukaan beton yang mudah terlepas. Supaya terjadi ikatan yang kuat antara material waterproofing dengan permukaan beton. “Hal yang paling penting sebelum menggunakan waterproofing ini yaitu perlu melakukan tes rendam selama minimal 1 x 24 jam dan maksimal dua hari. Jika ternyata beton memiliki banyak rongga maka harus segera diperbaiki dulu, karena kalau tidak maka akan berpotensi bocor” paparnya.

“Berdasarkan pengalaman lapangan, selain retak pada beton yang dapat menimbulkan kebocoran, setiap sudut kolam renang dan drainase juga merupakan potensi kebocoran yang sangat besar. Ini terjadi karena sudut merupakan pertemuan duambeton yang berbeda dan memiliki titik muai yang berbeda. Dengan seal khusus produk Sika yaitu Sika® SealTape B maka sambungan antar beton di setiap sudut tertutup rapat dan aman dari kebocoran. Bentuknya seperti lakban, sangat elastis, tinggal dibuka dan ditempel ke sudut kolam” papar Bahtiar yang mengakui cara ini ampuh tangani kebocoran kolam renang.

Bahtiar menekankan, proses penambalan setiap sudut dengan produk ini dilakukan sebelum penggunaan waterproofing. Jadi, dengan cara ini maka setiap sudut kolam renang sudah tak ada lagi sambungan yang berpotensi bocor. Setelah Sika® SealTape B terpasang, lakukan sesegera mungkin lapisan waterproofing di area sudutan dan drainase untuk melindungi Sika® SealTape B.

Setelah tahapan proteksi di area sudut dan drainase sudah selesai, selanjutnya aplikasikan lapisan waterproofing (SikaTop®-109 Elasto atau SikaTop®-107 Plus) pada area lantai dan dinding kolam renang. Sistem aplikasi waterproofing, harus dilakukan minimal dua lapis dengan konsumsi 1-1.5 kg / m2 per lapis. Aplikasi ini dapat menggunakan kuas atau roskam. Jeda waktu antara lapis pertama dengan kedua sekitar 6 jam (tergantung dari kondisi lapangan). “Contohnya begini, jika pagi hari kita lapiskan kolam renang dengan lapisan pertama, dengan jeda waktu 6 jam untuk proses pengeringan, lalu tambal lagi dengan lapisan kedua pada sore hari. Tunggu minimal 24 jam untuk proses pengeringan sebelum melakukan tahapan berikutnya” jelas technical engineer ini. Ia menambahkan lagi, material waterproofing ini menggunakan sistem “air cure” jadi proses kering dan perawatannya tidak memerlukan pembasahaan pada permukaan lapisan waterproofing. Kemudian lindungi lapisan waterproofing terhadap sinar matahari langsung dan benturan dengan benda tajam yang dapat mengakibatkan rusak pada material yang teraplikasi. “Jika sudah kering, kita bisa langsung memasang keramik kolam renang. Untuk perekatnya juga kami punya produk khusus untuk merekatkan keramik tersebut. Material perekat keramik yaitu Sika® TileFix-200 TA atau Sika® TileFix-250 Extra.” ujar Bahtiar.

Untuk hasil lebih baik, Bahtiar menganjurkan aplikasi perekat diletakkan di dua sisi, yaitu pada punggung keramik dan disisi beton keramik. Arah aplikasi perekat berlawanan arah, yang satu memanjang dan yang satu lagi melintang sehingga daya rekatnya sangat kuat. Tunggu sampai keramik itu mengering, sekitar 24 jam. “Setelah 24 jam, langkah selanjutnya kita bisa mengisi sela-sela keramik itu dengan material pengisi nat. Material pengisi nat yaitu Sika® TileGrout.

Dengan lengkapnya produk Sika yang sudah di jelaskan diatas, Sika memberikan Total Waterproofing Solution untuk semua jenis kebutuhan kolam renang” papar Muhammad Bahtiar Arief sambil menutup pembicaraan.

4,512 kali dilihat, 24 kali dilihat hari ini

Do you like this post?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
SHARE
Keyakinan adalah salah satu prinsip dan misi hidup Ku. Ikhtiar dan Berdo'a Semoga kesuksesan selalu ada didepan kita.
View Website
RELATED POSTS
Damdex Cepat Menutup Kebocoran Kolam Renang