BLOG Inovasi

SIKA TAWARKAN SOLUSI ANTI BOCOR KOLAM RENANG KACA

KOLAM RENANG TRANSPARANSI KINI MAKIN DIGANDRUNGI PARA PECINTA GAYA HIDUP MODERN. SELAIN PENAMPILANNYA LEBIH MEMUKAU, KOLAM RENANG DINDING KACA INI BISA MENGHIPNOTIS SETIAP ORANG UNTUK BERENANG.

Dulu kaca hanya dipakai sebagai ornamen hiasan saja, namun sekarang ini fungsi kaca sudah mulai digunakan sebagai dinding kolam renang di sisi kanan dan kirinya. Bahkan ada yang lebih ekstrim lagi, beberapa orang menggunakan kaca ini sebagai lantai kolam renang yang ditempatkan di roof top” ujar Basuki Setiawan, Target Market Manager Industri and Sealing Bonding ini.

Menurut Basuki, SIKA sudah mengembangkan teknologi terbaru dari sisi sealant dan juga dari grouting-nya. Pengembangan sealant SIKA saat ini sudah mengarah kepada teknologi anti klorin  “Anti klorin pada sealant kami memungkinkan kolam renang dinding kaca jadi lebih tahan terhadap kebocoran. Teman- teman kontraktor di luar sana, jika membuat kolam renang kaca selalu menggunakan sealant silicone (general purpose), namun problem dari silicone (general purpose) ini tidak tahan terhadap kaporit kolam renang.

“Kami dari SIKA mengembangkan teknologi sealant Silicone (chlorin resistance) yang tahan terhadap kaporit kolam renang. Pengembangan teknologi ini sebenarnya sudah kami mulai sejak tahun 2017 dan produk ini sudah ada sejak lama di market Indonesia, namun karena permintaan makin banyak, kami sosialisasikan kembali ke market Indonesia” papar Basuki lagi.  Menurut Basuki, pada umumnya semua Sealant kolam renang tak tahan  terhadap kaporit. Sealant lama-lama akan hancur seperti kapur, dan hancurnya sealant tersebut sangat tergantung dari kandungan kaporit yang ada di dalam kolam renang tersebut. Semakin tinggi kadar kaporitnya maka akan semakin cepat hancur sealant yang ada disela-sela tepian kaca kolam renang tersebut.

“Sebenarnya ada gejala awal, yaitu sealant akan mengalami yellowing terlebih dahulu, baru lama-lama sealant di tepian kaca  mulai rapuh dan hancur dan ini akan menimbulkan kebocoran kolam renang pada akhirnya” papar Basuki lagi.

TEKNOLOGI TERBARU DARI SEALANT ANTI KAPORIT HINGGA GROUTING KACA KOLAM RENANG

“Umumnya, jika para kontraktor kolam renang ingin memasang dinding kaca kolam renang, kaca kolam renang akan dibenamkan di beton dengan menggunakan semen grouting, namun SIKA memiliki teknologi yang jauh lebih aman , yaitu menggunakan Polyurethane Grouting” jelas Basuki Setiawan.  Ia menjelaskan sealant SIKA hanya digunakan sebagai pengisi celah antar kaca, namun tidak difungsikan sebagai perekat antar kaca. SIKA memiliki teknologi Polyurethane Grouting yang sangat bagus untuk membenamkan atau mengisi celah antar kaca dengan beton hingga terhindar dari kebocoran. Untuk meminimalkan kebocoran terjadi pada kolam renang, SIKA juga menyediakan pre-treatment. yang dapat diaplikasikan pada beton. Pretreatment ini dalam bentuk cairan bening (primer) yang digunakan untuk “mengisi” pori-pori beton, sehingga sealant yang menempel pada permukaan beton akan menempel dengan sempurna. Semua ini ada pada system pemasangan di SIKA.

Berbicara mengenai Polyurethane Grouting yang digunakan untuk mengisi celah antara kaca dengan media aluminum/beton adalah sebuah teknologi dari Sika yang sangat berguna dimana tidak akan terjadi proses delaminasi pada kaca. Delaminasi pada kaca dapat terjadi disebabkan karena proses oksidasi pada grouting berbahan dasar semen yang menyebabkan alkali pada grouting naik masuk ke sela-sela kaca dalam hal ini lapisan PVB kaca.  Dampak yang terjadi adalah kaca menjadi berkabut/berembun dan dalam jangka waktu tertentu akan menyebabkan lapisan PVB kaca rusak dan berakibatnya delaminasi pada kaca. Basuki menekankan.

saat ini, pemasangan kolam renang dinding kaca menggunakan laminate glass, yaitu semacam jenis kaca yang berlapis dua atau lebih, bukan kaca satu lapis saja, dimana terdapat lapisan PVB layer antar kaca yang digunakan untuk merekatkan kaca tersebut.

Mungkin ada pertanyaan, berapa lama daya tahan seal terhadap kaporit?

“Begini penjelasannya, karena seal ini selalu berinteraksi dengan senyawa kaporit dalam waktu yang lama, maka daya tahan sealant ini sangat tergantung pada kondisi kaporit nya masing-masing. Semakin tinggi kadar kaporit suatu kolam renang maka semakin cepat kerusakan yang akan dialami sealant tersebut” paparnya.  Terkait aplikasi Polyurethan Grouting Sika – Sika Glaze GG 735 , Basuki menjelaskan lagi bahwa produk ini akan mulai setting dalam waktu 35 menit dan akan kering sempurna dalam waktu 24 jam

1,032 kali dilihat, 12 kali dilihat hari ini

Do you like this post?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
SHARE
Keyakinan adalah salah satu prinsip dan misi hidup Ku. Ikhtiar dan Berdo'a Semoga kesuksesan selalu ada didepan kita.
View Website
RELATED POSTS
treatment-dengan-garam
Cara Treatment Air Kolam Dengan Menggunakan Garam
Batu Alam Sukabumi Ciptakan Kolam Renang Bernuansa Alam Natural
Batu Alam Sukabumi Ciptakan Kolam Renang Bernuansa Alam Natural
DETEKSI KEBOCORAN KOLAM RENANG TEKNOLOGI INFRARED, GARANSI 100% SUKSES
DETEKSI KEBOCORAN KOLAM RENANG TEKNOLOGI INFRARED, GARANSI 100% SUKSES