Brand DIREKTORI Distributor PRODUCT Watterprofing

Sika Water Proofing Solusi Terpercaya Untuk Bangunan !

Sika Water Proofing Solusi Terpercaya Untuk Lindungi Bangunan dan Kolam Renang Anda

Asal kebocoran kolam renang

Kasus kebocoran kolam renang sejak awal ditemukan kolam renang hingga detik ini selalu sama. yaitu selalu menimbulkan rasa frustasi dan juga kekesalan yang mendalam bagi pemilik kolam renang. Namun apa hendak dikata, jika peristiwa itu terjadi, mau tidak mau sang pemilik wajib kolam akan berusaha menyelesaikannya.

“Sebenarnya yang menyebabkan kolam renang itu bocor karena keretakan pada beton dan juga celah pada sudut kolam renang yang merupakan pertemuan dari proses pengecoran yang terpisah atau proses pengecoran yang tidak langsung tersebut” ujar Satria Rachmadi Subekti, Technical Engineer PT Sika Indonesia.

Menurut Satria, jika kondisi beton sudah tidak ideal, kebocoran juga dapat diperparah karena rusaknya nat keramik akibat kaporit, bahkan ada kepingan keramik atau mozaik yang lepas.

Mengatasi kebocoran kolam renang

Solusi untuk mengatasi kebocoran kolam renang, yang kami lakukan adalah dengan cara memperbaiki atau mengisi kembali beton yang retak dengan material berbahan epoxy. Kebocoran juga bisa terjadi di area sudut pertemuan antara dinding dan lantai kolam, untuk mengatasi dan menghindari terjadinya kebocora di area ini, kami menggunakan bahan penguat untuk area sudut” jelas Satria Rachmadi Subekti lagi.

Ia menjelaskan lagi, material berbahan epoxy itu bernama Sikadur-20 Crackseal, sedangkan untuk menghindari kebocoran pada area sudut pertemuan lantai dan dinding kolam renang digunakan Sika SealTape B, yaitu untuk bahan penguat di area sudut.

Proses perbaikan keretakan dinding kolam renang

“Permukaan beton yang sudah diperbaiki keretakannya dan sudah diberi penguat pada area sudut, ditutup dengan pelapis kedap air berbahan dasar semen dua komponen yaitu SikaTop 107 Plus. Setelah lapisan waterproofing terpasang dengan baik, pasang keramik dengan menggunakan bahan perekat keramik yang dapat merekat dengan kuat yaitu menggunakan SikaTilefix-200 TA atau Sika Tilefix-250 Extra. Sementara untuk mengisi nat keramik menggunakan Sika Tilegrout, dengan ditambahkan cairan penguat nat untuk membuat nat tahan kaporit” papar Satria jelaskan secara lengkap.

Tambah Satria lagi, yang membedakan antara water proofing SIKA dengan produk lain adalah SIKA tidak hanya sekedar menawarkan produk waterproofing, tapi Sika menawarkan Solusi Total Waterproofing, yaitu solusi menyeluruh untuk mencegah kebocoran di berbagai area bangunan dengan berbagai tipe waterproofing yang dimiliki oleh Sika.

Solusi kebocoran kolam renang

“Sika memiliki berbagai solusi untuk perbaikan pada permukaan beton sebelum diaplikasikan waterproofing, untuk hasil yang optimal. Dengan kata lain, SIKA merupakan one stop solution untuk segala masalah yang berhubungan dengan kebocoran kolam renang, dan yang paling penting, Sika terus melakukan inovasi demi menjawab kebutuhan yang terus berkembang dan dengan berbagai produk yang dimiliki, Sika dapat memenuhi kebutuhan bangunan yang lengkap dari awal sampai finishing” ujar Satria bernada mantab.

Menurutnya, sejak Sika berdiri di Swiss pada 1910, produk pertama yang diciptakan adalah produk waterproofing. Yang kala itu digunakan untuk membangun terowongan Gothard di Swiss, dan sampai saat ini diseluruh dunia. Produk waterproofing Sika terus berkembang dan memberikan Solusi Total untuk kebutuhan di project-project besar maupun rumah tinggal.

Mungkin pembaca ada yang bertanya, sebenarnya untuk apa saja kegunaan waterproofing selain digunakan untuk kolam renang?

Fungsi waterproofing sika

“Selain kolam renang, waterproofing digunakan pada area lainnya misalnya dak beton, talang air. Dinding samping rumah, pertemuan antara genteng dengan dinding. Namun yang perlu diperhatikan adalah apakah area yang akan dilapisi oleh waterproofing ini sebagai lapisan yang akan di expose atau tidak” ujar Satria jelaskan secara lengkap.

Tambahnya , area yang di expose misalnya dak beton, setelah pengecoran dan leveling kemudian diberikan lapisan waterproofing sebagai lapisan paling atas. Maka gunakan material yang berbahan dasar polyurethane (Sikalastic-590 Deckseal). Yang berfungsi memberikan lapisan kedap air juga material ini tahan terhadap genangan sementara akibat air hujan.

“Untuk area yang terendam dengan air, misalnya pada kolam ikan, bak mandi dan kolam renang. Gunakan material pelapis kedap air yang berbahan dasar semen, karena waterproofing berbahan dasar semen. Tahan terhadap genangan air dan juga dapat ditutup dengan menggunakan keramik atau mortar diatasnya” papar Satria panjang lebar.

Rahasia SIKA Mendapat Penghargaan Tertinggi di Hati Masyarakat Indonesia

Berkat menciptakan berbagai produk waterproofing berkualitas, nama Sika makin berkibar dari Sabang sampai Merauke, bahkan dunia mulai meliriknya. Berbagai projek besar sudah tertangani dengan baik dan tingkat kepuasan customer masuk dalam level bintang lima.

“Sika memiliki komitmen untuk unggul dalam solusi yang inovatif dan menyampaikan informasi yang tepat dan benar kepada para pelanggannya. Serta melalui tenaga sales dan technical yang handal dan didukung oleh team aplikasi yang terpercaya” ujar Satria

Menurutnya lagi, dengan pelayanan sepenuh hati dan juga menyajikan berbagai produk berkualitas kepada masyarakat. Sika menjadi salah satu brand yang paling direkomendasikan khususnya untuk industri waterproofing di Tanah Air.

“ Kami sangat perduli dengan setiap permasalahan customer, contohnya adalah dalam penanganan kasus kebocoran kolam renang. Ada lima cara yang kami lakukan dalam memperbaiki kebocoran kolam. Pertama adalah perbaikan dan pengisian celah pada keretakan beton” ujar Satria menjelaskan.

Ia menambahkan keterangannya lagi, untuk perbaiki celah bocor. Sika menggunakan Sikadur-20 Crackseal, lalu cara kedua adalah Perbaikan dan penguatan pada sudut dan detail kolam.

Sika menggunakan SealTape B, cara ketiga, Lapisan waterproofing pada permukaan beton. Sika menggunakan SikaTop 107 Plus, cara ke empat. Perekat keramik dengan daya lekat yang baik, Sika menggunakan Sika Tilefix-200 TA atau Sika Tilefix-250 extra dan cara kelima adalah Pengisi nat keramik (Sika Tile Grout) dan penguat nat. Menggunakan Sika Tilegrout Additive.

Kebocoran kolam renang memiliki banyak sekali penyebabnya, menurut Satria memang banyak sekali penyebab kebocoran namun ia menjelaskan lebih detail.

“Penyebab paling umum kebocoran yang terjadi adalah proses pengecoran beton yang tidak baik. Keretakan pada beton serta aplikasi waterproofing yang tidak benar atau penggunaan material waterproofing yang salah” papar Satria.

Menurutnya lagi, perlakuan pada kebocoran kolam renang kemungkinan besar akan berbeda-beda untuk tiap kasus. Hal ini bergantung kepada penyebab kebocoran itu sendiri, besarnya biaya (budget) yang dikeluarkan serta metode aplikasi yang paling memungkinkan.

“Sebagai kesimpulan dari semua pembahasan diatas, untuk menjawab apa itu Sika Water Proofing. Sika Water Proofing adalah Solusi terpercaya untuk melindungi bangunan Anda. Apapun permasalahan kebocoran pada kolam renang anda.

Cukup Sika solusinnya” ujar Satria Rachmadi Subekti, Technical Engineer PT Sika Indonesia sambil menutup pembicaraan. ***

693 kali dilihat, 9 kali dilihat hari ini

Share your vote!


Do you like this post?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
SHARE
Keyakinan adalah salah satu prinsip dan misi hidup Ku. Ikhtiar dan Berdo'a Semoga kesuksesan selalu ada didepan kita.
View Website
RELATED POSTS
Fungsi Kolam Renang Segarkan Halaman Rumah
Batu Alam Elemen Utama Pembangun Kolam Renang Nuansa Alam
vacum cleaner set kolam
Vaccum Cleaner Product