DIREKTORI Kontraktor Watterprofing

Solusi Anti Bocor Khusus Kolam Renang

Solusi Anti Bocor Khusus Kolam Renang

Kolam renang bocor bisa jadi salah satu sumber stres, padahal setiap kolam renang punya potensi bocor, apa solusi terbaiknya? Ini dia solusinya !

Kebocoran kolam renang merupakan sesuatu yang sangat menakutkan, baik bagi pemilik kolam renang maupun dari sisi kontraktor kolam renang. Mengapa kebocoran kolam renang begitu dikhawatirkan?

Pada kesempatan kali ini, kami dari Royal Pool ingin berbagi sedikit pengalaman seputar kebocoran kolam renang. Semoga pengetahuan ini bermanfaat bagi pembaca Majalah Swimming Pool IDEA.

Ada banyak factor penyebab kolam bocor.  Mulai dari hal teknis sampai pada sesuatu yang bersifat force majour seperti musibah bencana alam, bagi pemilik kolam renang lama, tentu menghadapi kebocoran kolam renang bukanlah sesuatu yang luar biasa, karena sudah pernah mengalami dan tahu solusinya. Namun bagaimana dengan pemilik kolam renang baru?

Sebenarnya, baik pemilik kolam renang baru maupun yang lama, sama saja sifatnya, kebocoran kolam renang jelas suatu musibah besar. Selain akan memakan biaya yang tidak kecil, kebocoran kolam renang bisa menyebabkan frustasi dan juga kehilangan waktu untuk berenang setiap hari. Ini kerugian yang luar biasa bagi pemilik kolam renang.
Sebenarnya apa saja penyebab kebocoran kolam renang itu ?

1. Kebocoran Kolam Renang Karena nat yang Buruk

Pemasangan keramik kolam renang tentu sangat renta dengan kebocoran. Kita semua mahfum bahwa setiap sisi keramik kolam renang diisi oleh nat dengan merek yang berbeda. Jika kontraktor kolam renang anda tak cukup pengalaman maka nat ini akan mengalami disfungsi hingga menyebabkan air bisa bocor. Bagi yang masih hobi pakai keramik kolam renang, hati-hati dengan pemasangan nat, jika salah maka potensi bocor sangat besar.

2. Kebocoran Karena Sistim Sirkulasi

Kolam renang tak lepas dengan sistim sirkulasi, karena fungsi sistim ini mengalirkan air yang kotor diganti dengan air yang sudah bersih melalui sistim pemipaan. Celakanya, sistim pipa ini penuh sambungan, dan setiap sambungan berpotensi mengalami kebocoran.

Mungkin bagi yang awam terhadap sistim sirkulasi kolam renang belum sampai berpikir kearah ini, namun pengalama membuktikan bahwa sambungan pipa bisa menjadi penyebab kebocoran kolam renang.

3. Kebocoran Pada Dinding Kolam Renang

Dinding kolam renang memiliki bagian yang renta terhadap kebocoran. Pada tahun pertama, mungkin kolam renang masih dalam kondisi bagus, namun setiap dinding kolam renang sangat dipengaruhi oleh gravitasi bumi, sehingga setiap tahunnya akan berkurang kekuatannya.

Bisa jadi jika daya rekatnya sudah mulai berkurang, karena factor waktu, maka lama-kelamaan dinding kolam renang ada yang bergeser dan dan bahkan terlepas. Atau kalaupun tidak seekstrim itu, dinding kolam renang mengalami peregangan hingga menciptakan semacam pori udara.

4. Kebocoran Pada Sambungan Dinding Lampu

Setiap sambungan pada kolam renang memiliki potensi kebocoran, karena itu adalah dua bagian yang berbeda jenisnya.

Sambungan pada lampu kolam renang umumnya paling mudah mengalami kebocoran dan itu harus segera diwaspadai, karena jika dibiarkan akan semakin parah dan kolam renang anda akan mengalami kebocoran besar. Sebaiknya hati hati dengan sambungan lampu kolam anda,

5. Kebocoran Karena Keretakan Keramik Akibat Gempa Bumi

Dari sekian factor kebocoran, factor yang kelima ini yang paling banyak terjadi. Kita tahu bahwa kulit bumi selalu bergerak. Tal perlu menunggu gempa bumi, kadang pada waktu tertentu kolam renang kita mengalami pergeseran akibat kulit bumi bergerak.

Tentu saja ini sangat merugikan kolam renang anda, karena keramik dan juga beton di kolam renang akan terpengaruh, besarnya pengaruh tergantung dari intensitas besarnya getaran kulit bumi tersebut. Apalagi terjadi gempa bumi, wah … sehebat apapun kolam anda, pasti bakal bocor juga.

Mensikapi lima factor penyebab kebocoran kolam renang, sebenarnya masih banyak factor lainnya), maka mari kita bertanya pada diri sendiri, apa solusi terbaik agar factor yang kelima itu tidak menimpa kolam renang kita?

Gunakan finishing membrane liner. Ini sangat masuk akal, karena membrane liner memiliki tingkat elastisitas yang sangat tinggi terhadap pergerakan dan juga pergeseran kulit bumi. Jadi ketika gempa bumi terjadi, anda tak perlu khawatir karena kolam renang anda tak akan banyak berpengaruh, setidaknya tidak mengalami kebocoran.

Bukan hanya itu, dengan membrane liner, selain anti bocor dari gempa dan kualitas nat yang buruk hingga lepasnya keramik karena factor gravitasi, membrane terbukti efektif meningkatkan pesona estetika kolam anda berkali lipat.

Mengapa banyak pemilik kolam renang masih ragu memilih membrane liner?

Alasan yang paling masuk akal karena pemiilik kolam renang kita masih belum terbiasa menggunakan membrane liner dan juga belum memahami seberapa unggul membrae liner tersebut dibanding dengan keramik kolam renang, padahal membrane liner sudah sangat umum di Eropa dan di Amerika.

Alasan utama mereka menggunakan membrane liner cuma satu, yaitu sebagai solusi anti bocor kolam renang. Sementara alasan berikutnya lebih kearah sisi estetika. Kolam renang yang terbuat dari membrane liner, untuk sebagian besar orang, menurut mereka terlihat lebih modern, elegan dan cantik.

Namun sekali lagi ini soal selera masing-masing pemilik kolam renang itu sendiri, bukan perkara benar atau salah. Bagi yang suka keramik, itu terbaik bagi mereka, dan bagii yang suka membrane liner, itu juga yang terbaik bagi yanga suka.

Kesimpulannya, ada banyak sekali faktor yang membuat kolam renang bisa bocor, namun dengan memahami artikel ini semoga kita akan lebih mengerti dan memahami secara lebih baik. ****

1,050 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Share your vote!


Do you like this post?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
SHARE
Keyakinan adalah salah satu prinsip dan misi hidup Ku. Ikhtiar dan Berdo'a Semoga kesuksesan selalu ada didepan kita.
View Website
RELATED POSTS
Wood Plastic Composite, Khusus Wood Deck Kolam Renang
Membangun Kolam Renang di Atas Atap Gedung (Roof Top Pool )
MEMILIH FILTER YANG TEPAT UNTUK KOLAM RENANG ANDA