DIREKTORI Distributor PRODUCT

Vinilon, Pipa Multi Fungsi Pemecah Rekor MURI Pipa Terbaik di Indonesia

Vinilon, Pipa Multi Fungsi Pemecah Rekor MURI PipaTerbaik di Indonesia

Eksistensi pipa ini sudah lebih dari 30 tahun dalam membangun negeri, seberapa hebat kualitasnya?

Bicara dunia perpipaan, nama Vinilon sudah tak asing lagi. Apalagi peran pipa bagi industri kolam renang, rasanya nyaris tak bisa dipisahkan, karena sejatinya salah satu material utama pembangunan kolam renang itu adalah sistim perpipaan. Namun, seberapa compatible pipa ini untuk sistim sirkulasi kolam renang?

“Pipa Vinilon 100% compatible dengan sistim perpipaan kolam renang, baik untuk kolam renang air dingin maupun air hangat. Kami menyediakan pipa dengan berbagai jenis diameter dari yang terkecil hingga ukuran terbesar , semua menjawab kebutuhan kolam renang” ujar Bertony Herianto, Group Marketing Manager Vinilon saat ditemui di kantornya di bilangan Jl Raden Saleh Jakarta Pusat.

Menurut Bertony, Vinilon merupakan perusahaan produsen produk system perpipaan dan sekaligus distributor untuk semua produk tersebut.

Jenis –  jenis pipa vinilon

“Kami memiliki begitu banyak jenis pipa, mulai pipa yang di gunakan untuk industri oil and gas, fiber optic, pipa khusus kabel dan banyak lagi, semua itu sudah tersertifikasi dengan kualitas berstandard nasional. Kami juga memiliki pipa khusus untuk air panas yang tipenya PERT bernama INNOVA, sementara untuk pipa air dingin bernama Blue Line. Semua pipa ini kami sudah ekspor ke luar negeri, khususnya di Asia Tenggara” papar Bertony lagi.

Menurut Bertony, awalnya Vinilon itu hanya memproduksi pipa plastik PVC, sejak diterapkannya peraturan Pemerintah yang mengatur produk pipa tidak diperbolehkan mengandung bahan berbahaya, Vinilon mulai memproduksi pipa uPVC (unPlastilizer Polyvinyl Chloride).

Bahan pipa vinilon

“Semua bahan pipa yang mengandung timbal (racun) kami tinggalkan. Inilah yang membedakan pipa Vinilon dengan pipa lainnya, material bahan pipa kami aman dan berkualitas tinggi, sangat cocok untuk pipa kolam renang” ujar Bertony Herianto yang mengaku hobi berenang ini

Terkait dengan pipa kolam renang, Vinilon sangat tepat untuk memenuhi semua kebutuhan kolam renang, mulai kolam renang air dingin sampai air hangat, seperti pembuatan pemandian spa modern (Jacuzzi) yang memerlukan suhu air hangat hingga panas.

“Khusus untuk Jacuzzi, Vinilon memiliki pipa khusus untuk air hangat dan bahkan cocok digunakan pada kolam air panas sekalipun, karena pipa ini tahan panas hingga suhu yang sangat tinggi” jelas Bertony menjelaskan.

Bertony menambahkan, khusus pipa untuk kolam renang air hangat dan panas, bisa digunakan pipa heated water bernama INNOVA.

Keunggulan pipa vinilon

“Keistimewaan pipa ini, tahan terhadap tekanan dari dalam pipa serta tersambung dengan fitting yang terbuat dari bahan nylon 6 tanpa membutuhkan lem atau alat pemanas dalam proses penyambungannya. Inilah keunikan pipa PE Vinilon Innova yang tidak dimiliki produk lain” jelas Berto lagi.

Sama –Sama Pipa, Serupa Tapi Tak Sama

Secara kasat mata, antara pipa Vinilon dengan pipa lainnya itu bentuknya sama, namun dari sisi komposisi materialnya jelas jauh berbeda.

Menurut Bertony, penggunaan timbal pada produk pipa dapat berbahaya jika ada kondisi yang memicunya, misalnya pada suhu panas tertentu, sekitar 70 hingga 80 derajat celcius, namun pada kondisi suhu normal pipa juga pada umumnya tidak akan panas.

“Sekedar catatan saja, bahwa racun itu sebenarnya bukan hanya dari timbal, tapi bisa dari faktor lain, misanya peletakkan, penyimpanan di tanah itu semua bisa jadi sama beracunnya” paparnya menjelaskan lagi.

Vinilon memiliki jenis pipa PE

Bertony menambahkan bahwa Vinilon memiliki jenis pipa PE yang sudah dalam kategori food grade, dimana pipa sudah aman dari bahan yang mengandung racun.

“Kalau kita bicara air yang bisa diminum, atau air kolam renang. Yang umumnya bisa ditelan manusia walau tanpa sengaja, itu sebaiknya menggunakan jenis pipa PE kami. Pipa aman dan tidak mudah bereaksi dengan bahan kimia seperti klorin atau kaporit.

Garansi pipa vinilon

Bahkan pipa kolam renang itu sendiri menjadi lebih awet dengan garansi 50 tahun. Disamping mudah dipasang, anti lumut, anti karat, anti abrasi, kuat serta berstandar nasional dan internasional. “ papar Bertony Herianto, Group Marketing Manager ini.

Bertony menegaskan. Walaupun kini banyak merek pipa yang secara bentuk fisiknya sama, namun tentu saja secara kualitas dan kekuatanya jauh berbeda. Apalagi pipa pada kolam renang bersentuhan langsung dengan manusia, jadi harus dipastikan keamanannya.

Pipa Vinilon Mendapat Predikat Super Brand Hingga Masuk Rekor MURI

Kesuksesan Vinilon dalam membangun negeri, sudah teruji waktu. Berdiri sejak tahun 1979 lalu dan secara konsisten berkontribusi dalam pembangunan infrastruktur air bersih skala nasional.

“Brand kami masuk MURI untuk pipa berdiameter paling besar di Indonesia, yaitu sebesar 1200 mm dengan ketebalan 57,2 mm. Pipa sebesar ini digunakan untuk perusahaan air bersih dengan masa pakai hingga 50 tahun lamanya” ujar Bertony.

Dengan pencapaian record MURI ini, Vinilon makin berbenah diri untuk memberikan yang terbaik untuk negeri.

Inovasi produk vinilon

Bertony menegaskan bahwa Vinilon memiliki semangat Kaizen. Yaitu semangat untuk perbaikan terus menerus (continual improvement), mulai dari perbaikan inovasi produk hingga kualitas yang makin ditingkatkan. Itulah sebabnya, brand Vinilon selalu mendapat penghargaan dari banyak pihak, diantaranya Superbrand, Top Brand, Bintang Home Award, PR & Digital Marketing ward, Inews Award dan banyak lagi.

“Semua pipa yang dibuat Vinilon mencantumkan nilai kekuatannya tersendiri, misalnya pipa 10 K, artinya sebanding dengan 9,8 bar. Tapi kalau di tes property secala langsung, pipa kami bisa bertahan hingga 26 bar.

Ini artinya kekuatan teknis pipa kami dua kali lipat bahkan lebih dari kekuatan nominal yang tertera pada pipa ini” ujar Bertony Herianto.

Kualitas pipa vinilon

Ia menambahkan lagi. Vinilon sangat komitmen pada kualitas untuk semua jenis pipa, karena pipa kita sering dipakai untuk high rise building.

“High rise building itu membutuhkan pipa bukan hanya untuk mengalirkan air, tapi air yang bertekanan. Dan tekanan yang diterima itu bukan hanya tekanan normal karena gedung tinggi dan tekanan dari pompa tapi juga ada tekanan dari gravitasi” jelas Bertony lagi.

Menurut Bertony, faktor itu bisa diperburuk jika ada udara dan faktor lainnya, apalagi jika terjadi water hammer. Yaitu tekanan balik udara yang timbul karena faktor gravitasi dan udara. Air bisa berbalik arah, dan kekuatannya bisa 10 x lipat dari tekanan air normal yang berjalan disitu. Jadi properti material pipa Vinilon di design untuk sekuat itu.

Kekuatan pipa vinilon

“Untuk kekuatan pipa Vinilon, pipa kita sangat kuat sekali, sangat cocok untuk pipa kolam renang roof top di bangunan tinggi, bahkan saat dilindas truk berat, pipa kami tidak pecah. Prinsipnya, pipa yang ada sekarang berfungsi untuk mengganti pipa besi yang dulu pernah ada” papar Bertony lagi.

Bertony menjelaskan lagi, untuk kebutuhan pipa kolam renang, sudah tentu pipa Vinilon sangat support. Baik untuk kebutuhan kolam renang air panas maupun air dingin, karena kita punya komposisi material yang memang support untuk. Yaitu pipa kami bisa menahan tekanan dari luar maupun dari dalam.

Pipa vinilon tahan berbagai jenis zat kimia

“Kami produk perpipaan yang sudah komitmen untuk menciptakan pipa yang tahan terhadap berbagai jenis zat kimia, seperti terhadap clorin dan kaporit di dalam kolam renang.

Di tim kami, selalu mempelajari produk competitor dan lakukan pengetesan di laboratorium sendiri, karena laboratorium kami cukup lengkap. Yaitu di Cileungsi Bogor dan di Surabaya.

Di sana kita bisa tes produk properti kita sendiri seperti apa kualitasnya dan ini menjadi pembeda antara kita dengan competitor yang lain” papar Bertony panjang lebar.

Bertony menegaskan, kelebihan pipa Vinilon, dari hulu hingga hilir menggunakan bahan baku yang sama. Mengapa ini penting?

“ Karena ketika ada dua pipa yang ingin disambungkan. Misalnya pipa kolam renang roof top, jika dari bahan baku yang sama maka sifat dari pipa itu bukan hanya merekatkan, tapi lebih kearah menyatukan. Komposisi produknya benar-benar satu, kekuatan sambungan dengan kekuata pipanya itu sama. Karena cara kerjanya dengan mengurai kompisisi material yang lalu disatukan” paparnya.

Ia tambahkan lagi, jika kekuatan pipanya 10 bar, pun sambungannya juga berkekuatan 10 bar.

Sementara jika pipa lainnya belum tentu sama. Yang ada kekuatan disambungan lebih rendah dari pada kekuatan di pipa yang bukan sambungan. Intinya, setelah disatukan maka akan menyatu seperti tanpa sambungan dan tak bisa dicopot lagi.

“Vinilon selalu memberikan yang terbaik untuk masyarakat Indonesia, khususnya dibidang perpipaan. Apapun kebutuhan anda yang berhubungan dengan pipa, Vinilon siap memenuhi, termasuk kebutuhan air bersih ataupun untuk prasarana kolam renang.

Pipa Vinilon bisa dipercaya dan dapat diandalkan dengan garansi hingga 50 tahun. Jadi tak perlu meragukan kualitas serta kekuatannya” ujar Bertony dengan nada mantab. ***

903 kali dilihat, 6 kali dilihat hari ini

Share your vote!


Do you like this post?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
SHARE
Keyakinan adalah salah satu prinsip dan misi hidup Ku. Ikhtiar dan Berdo'a Semoga kesuksesan selalu ada didepan kita.
View Website
RELATED POSTS
Fluidra Berkomitmen Menjaga Kesejahteraan dan Kesehatan Masyarakat Melalui Penggunaan Air yang Berkualitas
Lika-Liku Bisnis Kolam Renang Abad 21
Lika-Liku Bisnis Kolam Renang Abad 21
PT. ARTHA ROYAL MANDIRI I Kontraktor Kolam Renang – Solid Pool